sign up SIGN UP

Fakta Tentang Kolagen dan Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

Dian Purnamasari Siregar | Beautynesia
Selasa, 15 Jun 2021 17:00 WIB
Fakta Tentang Kolagen dan Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit
caption

Kolagen merupakan protein yang terdapat dalam beberapa bagian di tubuh kita seperti kulit, tulang, otot, tendon, dan ligamen. Kolagen memiliki banyak manfaat bagi tubuh, yang paling terasa manfaatnya adalah untuk kulit.

Kolagen dapat menjaga elastisitas kulit, meregenerasi hingga mencegah kulit dari dehidrasi. Sayangnya, seiring bertambahnya usia produksi kolagen dapat menurun, hal inilah yang menjadi penyebab timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Oleh karena itu jumlah kolagen dalam tubuh perlu untuk dijaga.

Selain fakta tersebut, ada banyak lagi fakta tentang kolagen serta manfaatnya yang perlu kamu ketahui. Ada apa saja sih? Cari tahu di sini yuk, Ladies:

1. Kolagen Seperti Pilar untuk Kulit

pilar kulit
Source: pexels.com/pilar kulit

Mulai dari usia 25 tahun ke atas produksi kolagen yang dihasilkan tubuh mulai berkurang hingga 1,5 persen setiap tahunnya, hal itu menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan. Kolagen diibaratkan seperti pilar bagi kulitmu, Ladies.

Kolagen yang akan menahan atau menopang kulit agar tetap kokoh dan tampak kencang. Namun jika satu pilar menghilang akibat menurunnya produksi kolagen, maka beberapa bagian kulit akan mengendur. Itulah kenapa kolagen penting sekali untuk menjaga elastisitas kulit.

2. Kolagen Membantu Sendi Bergerak

membantu sendi
Source: pexels.com/membantu sendi

Selain untuk kulit, kolagen juga bermanfaat untuk sendi. Ketika kehilangan kolagen pergerakan tendon dan ligamen akan terganggu, yang akhirnya dapat membuat kaku dan pembengkakan sendi. Kolagen membantu sendi bergerak lebih mudah, mengurangi nyeri sendi, dan bahkan mengurangi risiko kerusakan sendi.

3. Kolagen Memiliki Banyak Jenis

jenis kolagen
Source: pexels.com/jenis kolagen

Diketahui ada 29 jenis kolagen di dalam tubuh kita, hal tersebut tergantung di mana kolagen itu berada. Kolagen yang menyambungkan tulang berbeda dengan kolagen yang menyambungkan rambut, begitupun sebaliknya.

Dari 29 jenis kolagen ada 4 tipe kolagen utama yaitu:

Kolagen tipe 1 jumlahnya hampir 90% dan tersebar di seluruh organ tubuh seperti tendon, kulit dan gigi.

Kolagen tipe 2 kolagen yang lebih longgar dan elastis. Kolagen tipe ini ada di bagian tulang rawan dan bagian tubuh yang elastis seperti hidung dan telinga.

Kolagen tipe 3 kolagen ini terdapat pada otot dan pembuluh darah.

Kolagen tipe 4 kolagen ini terdapat pada lapisan-lapisan dermis pada kulit

4. Produksi Kolagen Dapat Diperbanyak dengan Makanan yang Dikonsumsi

makanan produksi kolagen
Source: pexels.com/makanan produksi kolagen

Meski produksi kolagen dapat menurun seiring bertambahnya usia, ternyata kita dapat menambah produksi kolagen dari makanan yang kita makan, lho. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang tinggi protein guna memasok asupan asam amino di dalam tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung asam amino adalah susu, daging, telur, dan makanan laut. Produksi kolagen juga dapat dibantu dengan mengonsumsi makanan mengandung vitamin C, seperti jeruk, mangga dan tomat.

[Gambas:Instagram]

5. Aturan Mengonsumsi Minuman Kolagen

aturan konsumsi minuman kolagen
Source: pexels.com/aturan konsumsi minuman kolagen

Saat ini ada banyak minuman kolagen yang dapat kamu konsumsi untuk menambah jumlah kolagen di dalam tubuh. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mengonsumsi minuman kolagen, Ladies.

Jarang ada minuman kolagen yang mengandung kolagen spesifik tipe 1, 2, 3, atau 4. Kalaupun ada biasanya harganya sangat mahal. Sehingga kamu nggak tahu, jika ada kolagen yang terserap dalam tubuh, kolagen tipe yang mana?

Selain itu, meskipun kamu sudah rutin mengonsumsi minuman kolagen, tapi kamu masih sering mengonsumsi makanan yang tinggi gula, sering terpapar sinar matahari dan asap rokok, maka hasilnya akan jadi tidak maksimal.  

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id