sign up SIGN UP

Hati-Hati, 5 Kandungan Skincare ini Justru Bikin Kulit Berminyak Parah!

Ni Made Dwi Agustina | Jumat, 05 Nov 2021 10:00 WIB
Hati-Hati, 5 Kandungan Skincare ini Justru Bikin Kulit Berminyak Parah!
caption
Jakarta -

Permasalahan kulit berminyak pada wajah dapat mengganggu penampilan. Hal tersebut dikarenakan minyak yang berlebihan pada wajah menyebabkan riasan wajah tidak menempel hingga mampu memicu permasalahan pada kulit wajah lainnya, seperti jerawat.

Pemilihan produk perawatan untuk kulit wajah berjerawat tidak bisa sembarangan. Terdapat beberapa kandungan pada skincare yang tidak disarankan atau digunakan secara berlebihan untuk kulit wajah berjerawat. Lalu, apa saja kandungan skincare yang harus dihindari kulit berminyak? Berikut penjelasannya menurut Byrdie.

Petroleum Jelly

Petroleum jelly adalah kandungan skincare yang harus dihindari
Petroleum jelly adalah kandungan skincare yang harus dihindari kulit berminyak/ sumber: freepik.com/ freepik

Produk perawatan kulit wajah yang memiliki kandungan petroleum jelly mampu berpotensi menyumbat pori-pori pada kulit wajah, kondisi inilah yang meningkatkan produksi sebum berlebihan pada wajah, bahkan dapat menyebabkan beruntusan.

Kandungan petroleum jelly digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan teksturnya juga thick. Adapun untuk kulit berminyak, bisa menggunakan pelembap wajah yang ringan atau yang bertekstur gel dan non-comedogenic.

Alkohol

Alkohol adalah kandungan skincare yang harus dihindari kulit wajah berminyak
Alkohol adalah kandungan skincare yang harus dihindari kulit wajah berminyak/ sumber: freepik.com/ master1305

Pada dasarnya, kandungan alkohol yang terdapat pada skincare mampu membantu produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Namun, yang menjadi permasalahan yaitu kandungan alkohol pada skincare yang tinggi atau digunakan secara berlebihan.

Hal tersebut justru dapat menyebabkan kulit berminyak, bahkan menyebabkan peradangan. Sebaiknya untuk penggunaan produk perawatan wajah yang lebih aman, hindari skincare yang mengandung alkohol untuk mencegah kulit yang bermasalah.

Natural Oil

Natural oil adalah kandungan skincare yang harus dihindari kulit wajah berminyak
Natural oil adalah kandungan skincare yang harus dihindari kulit wajah berminyak/ sumber: freepik.com/ freepik

Jika kamu pecinta skincare yang memiliki kandungan oil, nampaknya perlu berhati-hati dalam pemilihan skincare tersebut. Sebab, sebagian besar skincare yang mengandung oil, seperti natural oil justru berpotensi meningkatkan produk minyak pada kulit. Adapun kandungan skincare untuk kulit berminyak, khususnya natural oil bisa menggunakan tea tree oil atau coconut oil sebagai alternatif.

Scrub

Penggunaan scrub berlebihan tidak disarankan untuk kulit berminyak
Penggunaan scrub berlebihan tidak disarankan untuk kulit berminyak/ sumber: freepik.com/ wayhomestudio

Penggunaan scrub secara berlebihan tidak disarankan untuk yang memiliki jenis kulit wajah berminyak dan mudah berjerawat. Hal ini dikarenakan tidak semua butiran scrub bersifat lembut di kulit.

Butiran scrub yang kasar dapat menyebabkan rusaknya skin barrier, yang berakibat peningkatan produksi minyak berlebihan pada kulit wajah dan muncul jerawat. Oleh karena itu, cara merawat kulit berminyak dengan scrub adalah gunakan scrub seminggu 1 kali agar mencegah terjadinya peradangan kulit.

Pomade

Pomade adalah kandungan skincare yang harus dihindari kulit berminyak
Pomade adalah kandungan skincare yang harus dihindari kulit berminyak/ sumber: freepik.com/ freepik

Bagi kamu yang sering menggunakan produk perawatan rambut, seperti pomade atau gel rambut nampaknya harus lebih berhati-hati. Hal ini dikarenakan produk perawatan rambut tersebut jika terkena kulit wajah bisa menyebabkan pori-pori kulit wajah tersumbat, sehingga memicu terjadinya produksi minyak berlebih pada wajah hingga jerawat. Kamu bisa menggunakan produk perawatan rambut dengan bentuk spray karena lebih ringan jika terkena kulit wajah.

Beauties, itulah daftar kandungan skincare yang sebaiknya dihindari untuk kulit wajah berminyak. Jadi, berhati-hati dalam memilih produk kecantikan, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id