sign up SIGN UP

Hindari 4 Kebiasaan Ini, Jika Tidak Ingin Kulit Cepat Menua

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Jumat, 29 Jul 2022 07:00 WIB
Hindari 4 Kebiasaan Ini, Jika Tidak Ingin Kulit Cepat Menua
caption

Sebagai perempuan, tentu kebanyakan dari kita ingin selalu terlihat muda dan cantik. Dengan kulit yang bersih, bersinar  kencang, dan kalau bisa tidak ada garis-garis halus atau keriput. Terutama bagi perempuan usia 20an, dianjurkan untuk mulai melakukan perawatan antiaging pada kulit.  

Dikutip dari halaman Associted Plastic Surgeons, tanda penuaan dan kerutan pada kulit dapat sudah mulai terlihat pada umur 20 tahunan. Untuk itu agar kulit tidak terlihat lebih tua dari seharusnya, diperlukan tindak pencegahan.

Menggunakan skin care saja tidak cukup lho, Beauties. Gaya hidup juga harus diubah dan perlu menghindari 4 kebiasaan yang membuat kulit cepat tua ini.

1. Kurang Tidur

Wanita setengah tidur
Kurang tidur/ foto: unsplash/ kingacichewicz

Ternyata kebiasaan sering tidur larut atau begadang sehingga tidak cukup tidur sehari-harinya, bisa menyebabkan kulit menua lebih cepat. Dalam sebuah studi oleh University Hospitals Case Medical Center, dikutip dari web Ingredient Secret, kualitas tidur nyatanya memang berdampak pada fungsi kulit dan penuaan.

Karena saat kurang tidur, tubuh akan mengeluarkan salah satu hormon stres, yaitu kortisol. Saat kortisol dikeluarkan oleh tubuh, ia akan menghancurkan kolagen, yang mengakibatkan kulit kendur, keriput, dan peradangan.

2. Sering Menggosok-gosok Mata

Wanita sedang menggosok matanya
Menggosok mata/ foto: unsplash/ timurromanov

Kebiasaan yang sering tidak disadari, yaitu menggosok atau mengucek-ngucek mata ternyata bisa menambah garis kerutan pada mata dan membuat kantung mata semakin menghitam.

Menurut ahli dermatologis sekaligus direktur program melanoma di St. Joseph di Orange County, California, yaitu Tanya Nino,MD dalam web Everyday Health mengatakan bahwa “Menggosok mata secara terus-menerus dapat memengaruhi garis di sekitar mata.”

3.Kurang Minum Air Putih

wanita sedang minum air
Minum air putih/ foto: unsplash/ engin-akyurt

Dikutip dari web APSKC dikatakan bahwa dengan meminum air putih bisa melembapkan kulit dan membuang racun. Selain itu juga membuat kulit lebih bersinar dikarenakan lancarnya aliran darah pada tubuh.

Maka dari itu hindari kebiasaan kurang minum air, karena dapat menyebabkan kulit menua, kering, kusam dan tidak terhidrasi dengan baik dari dalam tubuhmu, Beauties.

4. Terlalu Sering Menggunakan Handphone atau Laptop

Wanita sedang bekerja
Bermain handphone/ foto: unsplash/ brucemars

Handphone dan laptop sangat sering digunakan oleh semua orang. Tapi tahukah Beauties, jika terlalu sering menggunakan handphone dan laptop bisa membuat kulit cepat tua? Penelitian di Jepang dikutip dari The Aesthetic Centre menemukan bahwa HEV, atau “cahaya biru”, yang dipancarkan oleh perangkat elektronik seperti handphone dan laptop dapat menembus lebih dalam ke lapisan kulit daripada sinar UV matahari. 

Efeknya menunda pemulihan pelindung kulit yang rusak dan menyebabkan hiperpigmentasi kulit semakin jelas. Selain itu ketika menggunakan handphone ataupun laptop tanpa disadari posisi kepala menunduk. Hal itu dapat menyebabkan kerutan pada leher semakin bertambah dan jelas.

Itulah dia 4 kebiasaan yang harus dihindari jika tidak ingin kulit Beauties cepat menua. Karena, sekarang sudah tahu nih, bagi yang memiliki kebiasaan-kebiasaan tersebut yuk ubah perlahan-lahan.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id