sign up SIGN UP

5 Makanan Sehat yang Dapat Mendukung Kulit Kamu Jadi Glowing Menurut Ahli!

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Jumat, 22 Jul 2022 11:15 WIB
5 Makanan Sehat yang Dapat Mendukung Kulit Kamu Jadi Glowing Menurut Ahli!
caption

Membuat kulit glowing nggak cuma dari body dan skincare semata. Tapi juga dari apa yang dimakan. Secara garis besar, makanan sehatlah yang bisa mendukung kesehatan tubuh, termasuk kulit. Kulit yang sehat dan bersih, datangnya juga dari kondisi tubuh kamu yang juga sehat, Beauties.

"Banyak penelitian yang menunjukkan kalau makanan yang kamu makan, akan mempengaruhi kulitmu," kata seorang dokter kulit dan penulis Feed Your Face, Dr. Jessica Wu, M.D. "Makanan dicerna dan mengalir dalam darah kemudian beredar ke kulit," lanjutnya.

Sebenarnya nggak cuma mendukung biar kulit kamu glowing secara natural, tapi juga merawat kesehatan kulit seperti mengatasi jerawat hingga menghindari penuaan dini. Berikut daftar makanan sehat yang disarankan untuk kamu konsumsi dari para ahli, dirangkum dari Eat This, Not That.

Tomat

Ilustrasi sup tomatIlustrasi sup tomat/Foto: Freepik/Azerbaijan_Stockers


"Mengkonsumsi makanan yang mengandung tomat, bisa membantu mengatasi jerawat," kata Dr. Marie Jhin, MD, seorang dokter kulit di California. Itu karena kandungan likopen pada tomat yang bisa menguatkan kolagen dan melawan efek buruk sinar UV.

Wortel dan Ubi Jalar

Beragam vitamin pada wortel berfungsi untuk memperkuat akar rambut.Wortel mendukung tampilan kulit yang sehat dan glowing/Foto:Freepik.com/Kamranaydinov

"Wortel dan ubi jalar mengandung beta karoten, yang mana itu dapat berperan sebagai pelindung alami dari matahari sekaligus kaya vitamin A, untuk memperbaiki kolagen yang rusak," ujar Dr. Purvisha Patel, MD, seorang dermatologis bersertifikat.

Bluberi

Blueberry/Foto: Pexels/Brigitte TohmBlueberry/Foto: Pexels/Brigitte Tohm

Menurut Dr Burn, dikutip dari Eat This Not That, bluberi kaya antioksidan yang bermanfaat untuk melawan kerusakan sel karena radikal bebas. Bluberi juga kaya akan anthocyanins yang merupakan senyawa alami, dan berperan sebagai antioksidan.

Makanan kaya Lemak Sehat

Manfaat AlpukatAlpukat/ Foto: iStock

Untuk menjaga skin barrier, maka kamu perlu mengkonsumsi makanan dengan lemak sehat seperti salmon. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya dari avocado dan kacang-kacangan. Selain itu, minyak ikan juga direkomendasikan lho Beauties buat kesehatan dan glowingnya kulitmu!

Kelapa

Manfaat air kelapa muda yang sering dikonsumsi saat buka puasa.Air kelapa muda/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Kamu suka minum air kelapa? Selain menyegarkan dahaga, air kelapa kaya kalium dan elektrolit yang bagus untuk kulit karena bikin awet muda. Sementara daging dan minyak kelapa mengandung antimikroba yang membantu membunuh bakteri jahat ---yang bikin kamu mengalami peradangan, pencernaan yang buruk, hingga berjerawat.

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id