sign up SIGN UP

Hindari 4 Kesalahan Fatal Penggunaan Moisturizer pada Kulit Kering

Dian Aprilia | Beautynesia
Sabtu, 24 Jul 2021 11:30 WIB
Hindari 4 Kesalahan Fatal Penggunaan Moisturizer pada Kulit Kering
caption

Moisturizer atau pelembap termasuk skincare wajib dan penting untuk kulit kering. Sebab kulit kering merupakan kondisi dimana kurangnya kadar air pada lapisan epidermis. Hal ini membuat kulit terasa agak kasar, kusam, dan bersisik. Nah salah satu skincare yang efektif mengatasi hal ini adalah pelembap atau moisturizer.

Sayangnya, sebagian pemilik kulit kering masih sering mengalami kesalahan saat memakai moisturizer yang menyebabkan kulit tetap kering atau malah terlalu berminyak. Berikut beautynesia.id telah merangkum kesalahan pakai moisturizer pada kulit kering.

Pemilihan Moisturizer yang Tepat

Kesalahan Memakai Moisturizer
Kesalahan Memakai Moisturizer/pexels.com/Anna Shvets

Kesalahan memakai moisturizer yang pertama adalah keliru memilih jenis moisturizer yang tepat. Moisturizer untuk kulit kering, kulit berminyak dan kulit kombinasi itu sangat berbeda, meskipun pada dasarnya moisturizer memiliki fungsi yang sama yakni melembapkan wajah.

Tips memakai moisturizer untuk kulit kering adalah memilih moisturizer yang tepat. Moisturizer yang cocok untuk kulit kering adalah yang berbentuk oil based seperti lanolin dan petroleum, tekstur yang ringan di kulit, mengandung zat humektan, emollient dan occlusive sehingga mengunci kelembapan kulit.

Salah Waktu Penggunaan

Kesalahan Memakai Moisturizer
Kesalahan Memakai Moisturizer/pexels.com/Angela Roma

Kesalahan memakai moisturizer yang kedua adalah salah waktu penggunaan. Setiap skincare memiliki waktu dan urutan penggunaan masing-masing. Kesalahan yang kerap dilakukan saat menggunakan moisturizer pada kulit kering adalah menggunakannya saat kulit benar-benar terasa kering.

Jadi tips memakai moisturizer adalah digunakan saat kulit dalam kondisi lembap. Hal ini akan memberikan efek yang lebih bagus dan optimal pada kulit kering. Urutan penggunaan pelembap adalah setelah penggunaan toner dan serum.

Tidak Menggunakan dengan Rutin

Kesalahan Memakai Moisturizer
Kesalahan Memakai Moisturizer/pexels.com/Angela Roma

Kesalahan memakai moisturizer yang ketiga adalah tidak menggunakannya secara rutin. Misalnya moisturizer hanya digunakan saat pagi saja atau malam saja, bahkan ada pula yang tidak memakainya setiap hari. Padahal pelembap seolah minuman bagi kulit dan menjaganya agar tetap terhidrasi.

Jadi, cara memakai moisturizer yang benar adalah menggunakannya setiap pagi, siang dan malam hari. Sehingga kulit kering tetap terhidrasi dan tidak terasa kasar atau bersisik.

Tidak Membersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Kesalahan Memakai Moisturizer
Kesalahan Memakai Moisturizer/pexels.com/Sora Shimazaki

Kesalahan memakai moisturizer yang terakhir adalah tidak membersihkan wajah terlebih dahulu. Akibatnya, debu dan kotoran bisa tertahan di wajah dan terkunci di pori-pori wajah. Sehingga rawan memicu munculnya beruntusan, komedo dan jerawat.

Oleh sebab itu, cara memakai moisturizer yang tepat adalah setelah wajah sudah dibersihkan secara menyeluruh. Sehingga wajah benar-benar siap mendapatkan nutrisi pada moisturizer.

Itulah 4 kesalahan fatal dalam pemakaian moisturizer pada kulit kering. Jadi mulai sekarang hindari kesalahan tersebut ya, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id