sign up SIGN UP

Hindari Keriput! Inilah Kesalahan Skincare yang Bikin Penuaan Dini

Risma Oktaviani | Minggu, 01 Aug 2021 12:30 WIB
Hindari Keriput! Inilah Kesalahan Skincare yang Bikin Penuaan Dini
caption

“Age like a fine wine!”

Sepertinya, menua seperti anggur berkualitas adalah impian semua orang. Artinya, meskipun kamu bertambah usia setiap tahunnya, kamu juga semakin cantik dan terlihat awet muda. Oleh karenanya banyak orang yang melakukan perawatan kulit dengan menggunakan produk anti-aging hingga berkonsultasi dengan dokter dermatologi untuk menjaga kulit wajah agar terlihat awet muda dan mencegah terjadinya kerutan di masa-masa mendatang.

Namun, tahukah kamu ternyata kesalahan skincare ini bisa membuat terjadinya penuaan dini loh!

Nggak Membersihkan Wajah dengan Benar

Membersihkan wajah langkah pertama pencegahan penuaan dini
Membersihkan wajah / freepik.com/ pvproductions

Membersihkan wajah adalah hal yang sangat penting apalagi jika kamu sudah beraktivitas di luar ruangan sepanjang hari. Saat kulit terpapar polusi, radikal bebas dapat dengan mudah menempel di permukaan kulit. Karena radikal bebas mengganggu produksi kolagen dan elastin alami tubuh, membiarkan wajah yang belum bersih dari make up dan polusi dari luar ke tempat tidur dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan dini.

Kamu harus mencuci wajah 2 kali sehari, pagi dan malam hari. Mengabaikan rutinitas membersihkan wajah juga membuat penumpukan kotoran di permukaan kulit, yang menyebabkan kulit kusam hingga permasalahan kulit lainnya. 

Melewatkan Moisturizer dan Sunscreen

Gunakan sunscreen & moisturizer mencegah penuaan dini
Gunakan sunscreen & moisturizer / freepik.com/wayhomestudio

Menggunakan moisturizer sangat penting bagi semua jenis kulit tanpa terkecuali. Selain ampuh mengunci kelembaban, moisturizer baik untuk mengontrol minyak berlebih di wajah. Membuat kulit lebih kenyal, kencang, cerah, dan terhindar dari berbagai masalah. Selain itu, penggunaan Sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menyebabkan kulit wajah hiperpigmentasi, kerutan dini, dan kulit kasar.

Jika kamu nggak menggunakan sunscreen di siang hari, maka kulit kamu akan menjadi kering dan nggak terlindungi. Penggunaan tabir surya secara teratur dapat mencegah beberapa penuaan kulit, termasuk kerutan atau bahkan hilangnya elastisitas kulit yang menyebabkan kulit kamu terlihat lebih tua.

Melupakan Eksfoliasi atau Eksfoliasi Berlebihan

exfoliasi mencegah penuaan dini
exfoliasi mencegah penuaan dini / freepik.com/wayhomestudio

Exfoliasi adalah tahapan skincare yang penting dalam pengangkatan sel kulit mati. Namun, kamu perlu melakukannya dengan benar dan jangan berlebihan karena dapat menyebabkan kulit kamu malah teriritasi. Ketika kulit kamu dalam keadaan sensitivitas tinggi, maka rentan terhadap berjerawat, pigmentasi, dan kering. Lakukan eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu. Jika kamu mempunyai kulit sensitif, carilah produk yang cocok dengan tipe kulit dan lakukan seminggu sekali.

Kesalahan Dalam Memilih Produk Skincare

Pilih produk yang tepat
Pilih produk yang tepat / freepik.com/jcomp

Kebutuhan kulit setiap orang berbeda dan tentunya nggak semua skincare yang cocok di orang lain, akan cocok di kulit kamu. Untuk itu, penting untuk mengetahui kondisi dan apa yang dibutuhkan oleh kulitmu sendiri. Pastikan kamu memilih produk yang paling cocok untuk jenis kulit kamu. Jika salah memilih produk maka bisa berbahaya bagi kondisi kulit. Jangan bereksperimen dengan terlalu banyak produk hanya karena produk tersebut sedang hype. Cobalah untuk tetap setia pada satu produk yang cocok dengan kulit kamu.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id