sign up SIGN UP

Jangan Dianggap Sepele! 5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Bikin Kulit Alami Penuaan Dini, Apa Saja?

Nadya Quamila | Beautynesia
Jumat, 17 Dec 2021 16:30 WIB
Jangan Dianggap Sepele! 5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Bikin Kulit Alami Penuaan Dini, Apa Saja?
caption
Jakarta -

Merawat dan menjaga kesehatan kulit wajah agar tidak mengalami penuaan dini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun memang yang paling umum dan sering dilakukan ialah dengan menggunakan serangkaian produk skincare. Padahal, menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi juga tak kalah penting, lho!

Penuaan adalah proses alami yang pasti dialami oleh manusia, namun ada beberapa kebiasaan makan yang buruk yang dapat mempercepat proses penuaan pada kulit wajah. Pasalnya, apa yang kita konsumsi dapat memengaruhi kesehatan kulit wajah.

Lantas, kebiasaan makan apa saja yang bisa memicu kulit wajah mengalami penuaan dini? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Makanan yang mengandung gula berlebihMakanan yang mengandung gula berlebih/ Foto: Freepik/wayhomestudio

Tidak hanya berdampak negatif pada kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi gula ternyata juga bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit, lho!

Dikutip dari BBC Good Food, gula yang bereaksi dengan protein di dalam tubuh akan menciptakan produk akhir glikasi lanjutan (AGEs). Zat tersebut dapat merusak kolagen dan elastin di kulit yang menyebabkan kerutan, struktur sel mengeras, dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya.

Diet Tinggi Lemak

Lemak pada daging sapiLemak pada daging sapi/Foto: Pinterest

Sesuatu yang berlebihan memang sejatinya tidak baik. Lemak adalah senyawa yang diperlukan dari kebutuhan diet harian, namun mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengadung lemak dapat merusak kulit, bahkan menyebabkan penuaan dini.

Eat This, Not That! melansir sebuah laporan dari Nutrients, menyebutkan bahwa diet tinggi lemak dapat meningkatkan risiko peradangan kulit, yang secara langsung dapat menyebabkan kulit terlihat lebih tua dan menjadi lebih sensitif.

Mengonsumsi Makanan Cepat Saji Berlebihan

Makan Fast FoodIlustrasi fast food/Foto: Freepik

Meski nikmat dan praktis, namun faktanya makanan cepat saji bisa menjadi salah satu pemicu yang membuat kulit cepat tua. Hal ini karena dalam proses menggoreng makanan cepat saji dapat melepaskan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel pada kulit. Selain itu, paparan radikal bebas tersebut juga akan melemahkan elastisitas kulit.

Jarang Minum Air Putih

Pasca melahirkan, minum air putih yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit.Ilustrasi air putih/Foto: Pexels.com/Daria Shevtsov

Menggunakan pelembab wajah yang tepat memang bermanfaat untuk menjaga kulit agar tetap lembab. Namun tidak ada yang lebih efektif daripada mengonsumsi banyak air putih dalam urusan menghidrasi kulit.

Sebuah studi dari Biomedical and Biopharmaceutical Research menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih dari 2 liter air per hari (dibandingkan dengan mereka yang memiliki kurang dari 2 liter air) memiliki tingkat hidrasi yang lebih tinggi di kulit mereka, yang secara positif mempengaruhi fungsi kulit lainnya juga.

Selain itu, mengonsumsi air putih juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan internal dan fungsi jaringan kulit. Dengan kata lain, menjaga kulit agar tetap terhidrasi adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kulit dari penuaan dini.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id