sign up SIGN UP

Jangan Dibuang! Deretan Sisa Makanan Ini Bisa Jadi Bahan Skincare Alami, Bikin Hemat Budget!

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Kamis, 02 Jun 2022 19:00 WIB
Jangan Dibuang! Deretan Sisa Makanan Ini Bisa Jadi Bahan Skincare Alami, Bikin Hemat Budget!
caption

Tampil cantik dan glowing memang butuh modal. Setuju, Beauties? Pendapat itu tidak salah karena kita perlu mengalokasikan waktu dan uang untuk melakukan perawatan sekaligus membeli skincare dan melakukan berbagai perawatan lainnya. Namun tahukah kamu bahwa ada cara tampil menawan hanya dengan memanfaatkan sisa makanan?

Dilansir dari laman My Green Growers, saat ini program Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan yang dicanangkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tengah menggalakkan gerakan upcycled cosmetics. Tujuannya adalah memanfaatkan sisa makanan yang masih mengandung nutrisi untuk membuat produk kecantikan. Hal ini pun sudah mulai dilakukan oleh banyak perusahaan di industri kosmetik.

Upcycled cosmetics diharapkan dapat mengurangi sampah makanan di seluruh dunia. Pasalnya, berdasarkan penelitian PBB, setidaknya 1,3 triliun ton makanan terbuang setiap tahun. Banyak orang membuang begitu saja makanan yang tidak termakan habis atau bahkan lupa dimakan. Padahal, di dalamnya terdapat berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kecantikan.

Nah, berikut adalah beberapa sisa makanan yang bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan bahan skincare, dirangkum dari My Green Growers. Yuk, simak!

Lip Balm dari Sisa Buah-buahan

Skincare dari Sisa Makanan/Foto: Pexels.com/Trang Doan
Skincare dari Sisa Makanan/Foto: Pexels.com/Trang Doan

Buah-buahan bukan hanya lezat, namun juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Meski demikian, sumber vitamin ini justru menjadi bahan makanan yang paling sering terbuang. Menanggapi hal ini, salah satu produsen kosmetik di Inggris berusaha menciptakan produk lip balm dari 15 jenis sisa buah-buahan.

Buah-buahan memiliki kandungan air yang membantu melembabkan sehingga mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Jika kamu ingin mencobanya sendiri di rumah, coba manfaatkan buah-buahan seperti stroberi, anggur, mangga, nanas, persik, apel, mentimun, buah naga, tomat, lemon, blackcurrant, ceri, kelapa, dan lain-lain.

Mentimun untuk Menyegarkan Mata

Skincare dari Sisa Makanan/Foto: Pexels.com/cottonbro
Skincare dari Sisa Makanan/Foto: Pexels.com/cottonbro

Irisan mentimun segar bisa kamu temukan dalam berbagai olahan makanan, terutama salad. Walaupun memberikan banyak manfaat, namun makanan ini justru sering terbuang. Jika memungkinkan, coba jadikan sebagai masker mata yang akan membantu menghilangkan mata panda, serta memudarkan keriput dan tanda penuaan.

Memanfaatkan Ampas Kopi

Skincare dari Sisa Makanan/Foto: Pexels.com/Caio
Skincare dari Sisa Makanan/Foto: Pexels.com/Caio

Budaya ngopi di Indonesia sangat kental, dan kamu mungkin salah satu yang rajin mengonsumsi minuman ini setiap hari. Terlepas dari kandungan kafein yang menyerap cairan dan memicu dehidrasi, kopi juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kulit.

Kandungan ini juga masih mengendap pada ampas kopi, lho! Nah, daripada nutrisinya terbuang sia-sia, kamu bisa menjadikannya sebagai body scrub atau krim mata untuk membuatmu tetap cantik menawan.

Pisang yang Tidak Termakan

Skincare dari Sisa Makanan/Foto: Pexels.com/alleksana
Skincare dari Sisa Makanan/Foto: Pexels.com/alleksana

Pisang mengandung vitamin B dan polifenol yang sangat baik untuk kulit. Buah ini sangat mudah ditemukan. Namun popularitas tersebut ternyata juga berimbas pada banyaknya pisang yang terbuang.

Padahal, buah pisang bisa kamu manfaatkan sebagai face oil dan moisturizer yang membantu melembabkan wajah. Penggunaan lainnya adalah sebagai lip balm yang akan menjaga bibirmu tetap segar dan merah merona. Mencampurkan campuran pisang dalam masker wajah juga akan membantu mempertahankan kecantikan wajah. Saat ini Prancis menjadi negara yang banyak memanfaatkan pisang di bidang kosmetik.

Itulah beberapa cara memanfaatkan sisa makanan untuk kecantikan kulitmu. Dengan menggunakan bahan-bahan alami di atas, kamu bisa menghemat banyak biaya namun minim efek samping. Yuk, cobain di rumah!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id