sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Kecil yang Bikin Terus Awet Muda, Terapkan dari Sekarang yuk!

Cathlin Triana Mariama | Beautynesia
Senin, 23 May 2022 18:16 WIB
5 Kebiasaan Kecil yang Bikin Terus Awet Muda, Terapkan dari Sekarang yuk!
caption
Jakarta -

Seiring bertambahnya usia dan terlebih memasuki awal kepala empat, tanpa disadari mempengaruhi penampilan fisik dan kondisi tubuh yang sudah nggak sebugar dan fresh seperti awal usia 20an. Keriput mulai muncul di sekitar wajah, kulit yang mulai kendur dan tak kencang lagi, hingga pergerakan yang nggak selincah dulu.

Secara alamiah, penuaan memang tak dapat dihindari oleh setiap orang. Namun, kamu dapat menjaga penampilan tetap awet muda dan kondisi fisik yang bugar dengan menjalankan beberapa kebiasaan kecil ini:

Cukupi Kebutuhan Minum Air Putih

Awas dehidrasi! Jangan lupa banyak minum air putih saat cuaca panas/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio(Awas dehidrasi! Jangan lupa banyak minum air putih saat cuaca panas/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Melansir dari laman P2PTM Kemenkes RI, bagi orang dewasa setidaknya disarankan harus mencukupi kebutuhan air putih sebanyak delapan gelas atau setara dengan 2 liter. Dengan meminum air putih yang cukup pun, membuat kulit akan terlihat sehat dan bersinar, terlebih jika mengonsumsi air putih saat perut kosong sebab akan meningkatkan aliran darah di kulit, yang membuat kamu tampak segar dan sehat.

Mengutip dari detikHealth, meminum air putih yang cukup juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme, memperlancar pencernaan, dan membuang racun pada tubuh.

Hindari Begadang dan Stres

Pekerjaan di kantor yang menumpuk maupun tugas rumah tangga yang menggunung terkadang tanpa disadari akan membuat stres. Lalu pola tidur yang berantakan hingga menyebabkan begadang karena kerjaan yang menumpuk juga akan menyebabkan stres. Kedua hal ini selain tidak sehat, juga akan membuat penampilan dan wajah terlihat lebih tua.

Stres dan kurang tidur dapat mengakibatkan timbul garis-garis wajah, kerutan, dan keriput. Lingkaran hitam dan kantung mata juga akan memperburuk penampilan. Selain itu, hal ini juga dapat membuat datangnya menopause lebih cepat. Maka dari itu, usahakan tidur tepat waktu dan cobalah kelola stres dengan baik.


Rajin Berolahraga

Melakukan olahraga ringan untuk membantu agar pencernaan bisa lebih lancar.Cara mengatasi susah buang air besar secara alami/freepik/benzoix

Selain membuat tubuh lebih fit, olahraga juga dapat membuat penampilan lebih awet muda karena dapat mengencangkan otot-otot yang mulai kendur, wajah lebih fresh karena keluar keringat pada tubuh.

Melansir dari detikWolipop, dengan olahraga teratur, aliran darah juga akan mengalir lancar, membuat elastisitas kulit dapat terjaga, dan tetap sehat.

Konsumsi Sayur dan Buah

Bukan hanya olahraga, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga perlu dijaga. Hal ini perlu dilakukan dengan seimbang. Ada beberapa makanan yang dapat membantu meremajakan kulit, melansir dari detikFood, protein nabati mengandung kolagen yang dapat membantu kulit menjadi kenyal dan elastis.

Bukan hanya itu, tomat juga dapat menjaga kulit karena kandungan di dalamnya dapat membantu menghindari kerusakan dari sinar UV. Selain itu, jangan lupa untuk mulai gaya hidup sehat dengan menghindari merokok, minuman beralkohol, junkfood, dan mulailah biasakan clean eat.

Jangan Lupa Pakai Sunscreen dan Skincare

Eye zone care concept. Happy beautiful asian girl applying eye serum in front of mirror at homeIlustrasi pakai skincare/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Setelah olah fisik dan mengatur asupan makanan, secara spesifik bukan hanya tubuh, wajah juga perlu perawatan lebih ekstra, salah satunya dengan penjagaan luar yaitu menggunakan sunscreen dan basic skincare. Tak dapat dihindari, penuaan pasti akan terlihat dari wajah.

Untuk itu, mulai biasakan gunakan sunscreen saat pergi keluar agarĀ terlindungi dari paparan sinar matahari. Dengan rutin menggunakan sunscreen, setidaknya dapat mengurangi tanda-tanda penuan dan mengurangi flek atau bintik-bintik hitam pada wajah akibat sinar UV.

Selain itu, gunakan juga skincare lainnya yang diperuntukkan untuk anti aging sesuai kebutuhan kulit.

Well, itu dia beberapa hal kecil yang mulai dapat kalian lakukan dan ubah. Nggak harus nunggu usia 40-an, mulai sekarang juga bisa dicoba supaya awet muda nantinya. Selamat mencoba, Beauties!

----
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id