sign up SIGN UP

Bantu Turunkan Berat Badan Hingga Memperbaiki Kulit, Ini 11 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari!

Diny Tiara Putri | Beautynesia
Jumat, 20 May 2022 10:00 WIB
Bantu Turunkan Berat Badan Hingga Memperbaiki Kulit, Ini 11 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari!
caption
Jakarta -

Beauties, sudahkah kamu makan buah hari ini? Semoga sudah ya, karena makan buah memiliki banyak manfaat seperti sebagai sumber vitamin, mineral, serat, mengurangi risiko terkena berbagai penyakit, dan menjadi salah satu pilihan makanan diet yang baik dan sehat.

Nah, salah satu buah yang sangat mudah ditemukan dan diolah untuk diet adalah pisang. Secara umum sudah diketahui bahwa pisang memiliki segudang manfaat yang sangat baik. Pisang sebagai pilihan camilan saat diet mengandung banyak vitamin dan nutrisi.

Namun, tahukah kamu apa manfaatnya jika pisang dikonsumsi setiap hari? Dirangkum dari Eat This, Not That, berikut ini penjelasannya!

Mengurangi Berat Badan

Ilustrasi Perempuan Kehilangan Berat Badan/Freepik/cookie_studio
Ilustrasi Perempuan Kehilangan Berat Badan/Freepik/cookie_studio

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, buah-buahan mengandung banyak serat begitu pun dengan pisang. Selain itu, pisang juga kaya akan protein. Dua nutrisi ini membantu kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi kemungkinan ngemil dan pada akhirnya bisa membantu mengurangi berat badan.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Ilustrasi Perempuan Tidur/Pexels/Karolina Grabowska
Ilustrasi Perempuan Tidur/Pexels/Karolina Grabowska

Pisang mengandung triptofan, yaitu asam amino yang menyebabkan rasa kantuk. Selain itu, pisang juga mengandung magnesium dan potasium yang bermanfaat sebagai pelemas otot. Oleh karena itu, memakan pisang di penghujung hari akan membuat kamu merasa siap untuk tidur dan bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Meningkatkan Kesehatan Usus

Ilustrasi Perut Sehat/Freepik/wayhomestudio
Ilustrasi Perut Sehat/Freepik/wayhomestudio

Dikutip dari Eat This, Not That, sebuah penelitian di Nutrition Bulletin pada tahun 2017 menyatakan bahwa pisang mengandung pati resisten yang berfungsi meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek, di mana zat tersebut penting bagi kesehatan usus.

Mengurangi Risiko Terkena Kanker Ginjal

Ilustrasi Perempuan Sakit/Freepik/wayhomestudio
Ilustrasi Perempuan Sakit/Freepik/wayhomestudio

Kanker ginjal merupakan penyakit serius yang tidak bisa diremehkan, sehingga harus sebaik mungkin mencari cara untuk menurunkan risikonya. Dan salah satu cara termudah adalah dengan mengonsumsi pisang secara rutin. Pisang mengandung senyawa fenolik antioksidan yang sangat tinggi, itulah mengapa buah bertekstur lembek ini dapat mengurangi risiko terkena kanker ginjal hingga setengahnya.

Menambah Energi

Ilustrasi Perempuan Energik/Freepik/jcomp
Ilustrasi Perempuan Energik/Freepik/jcomp

Diet bukan berarti tidak memiliki tenaga. Dalam diet sangat dianjurkan untuk selalu makan kaya nutrisi dan gizi, sehingga tenaga dalam tubuh tetap terjaga. Pisang adalah salah satu camilan yang sangat direkomendasikan untuk menambah energi.

Meningkatkan Daya Ingat

Ilustrasi Perempuan Berpikir/Pexels/Thirdman
Ilustrasi Perempuan Berpikir/Pexels/Thirdman

Mungkin ini adalah fakta yang belum secara umum diketahui. Namun nyatanya, memakan pisang dapat meningkatkan daya ingat. Kandungan vitamin B di dalamnya yang membuat pisang memiliki manfaat untuk mendukung fungsi memori serta melindungi otak.

Memperbaiki Kulit

Ilustrasi Kulit Sehat/Pexels/Ron Lach
Ilustrasi Kulit Sehat/Pexels/Ron Lach

Berbagai cara dilakukan untuk memperbaiki dan mempertahankan kesehatan kulit. Dan ternyata, pisang bisa menjadi salah satu caranya. Vitamin dan mineral dalam pisang, terutama mangan, dapat membantu meningkatkan kadar kolagen, sehingga buah ini dapat memperbaiki kulit.

Mengurangi Risiko Anemia

Ilustrasi Perempuan Anemia/Freepik/jcomp
Ilustrasi Perempuan Anemia/Freepik/jcomp

Anemia adalah sebuah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Kandungan zat besi dalam pisang membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, sehingga buah ini bisa mengurangi risiko anemia.

Meningkatkan Asupan Kalium yang Mendukung Kesehatan Jantung

Ilustrasi Jantung/Freepik
Ilustrasi Jantung/Freepik

Kalium adalah zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur pergerakan otot, dan otot terpenting di seluruh tubuh adalah jantung. Oleh karena itu, mengonsumsi pisang sangat baik untuk kesehatan jantung karena pisang mengandung kalium yang bekerja mengatur tekanan darah dan aspek kesehatan jantung lainnya.

Mengurangi Depresi

Ilustrasi Perempuan Depresi/Pexels/Kat Smith
Ilustrasi Perempuan Depresi/Pexels/Kat Smith

Apakah kamu sering merasa bad mood? Ternyata, pisang mampu mengubah bad mood kamu ini menjadi good mood, Beauties. Kandungan triptofan dalam pisang diubah menjadi serotonin apabila sudah masuk ke dalam tubuh. Dan serotonin inilah yang membantu menurunkan rasa tertekan, sehingga memperbaiki suasana hati dan membuat kamu merasa lebih bahagia.

Memperbaiki Penglihatan

Ilustrasi Periksa Mata/Freepik
Ilustrasi Periksa Mata/Freepik

Vitamin A dikenal sebagai zat yang baik untuk kesehatan mata, dan pisang adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin ini. Vitamin A memiliki beberapa manfaat yang sangat penting, seperti mempertahankan penglihatan normal, bahkan meningkatkan penglihatan di malam hari, dan melindungi mata.

Itulah segudang manfaat pisang yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, tetap diingat, ya, konsumsi sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Oleh karena itu, konsumsi pisang 1 – 3 buah per hari saja sudah cukup. Yuk, mulai hidup sehat, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id