sign up SIGN UP

Duh, 4 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Memicu Timbulnya Jerawat, Sering Dilakukan?

Zeyra Haya | Beautynesia
Selasa, 15 Mar 2022 17:30 WIB
Duh, 4 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Memicu Timbulnya Jerawat, Sering Dilakukan?
caption

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang paling menyebalkan. Berbagai cara untuk mengatasi jerawat mulai dari penggunaan skincare hingga mengatur pola makan turut dilakukan para perempuan untuk menghindari jerawat.

Munculnya jerawat bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari wajah berminyak, bakteri, hingga menumpuknya kulit mati atau kotoran pada pori-pori. Namun ternyata tak hanya itu, jerawat juga dapat muncul akibat kebiasaan kotor yang sering disepelekan.

Sering Diabaikan, 4 Kebiasaan Ini Ternyata Pemicu Timbulnya Jerawat

Beauties, munculnya jerawat terutama pada bagian wajah tentu akan mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri kita. Tak hanya karena faktor hormon dan bakteri, nyatanya jerawat juga bisa timbul akibat hal-hal sepele yang kerap kita lakukan.

Ketahui beberapa kebiasaan yang memicu jerawat berikut ini. Simak yuk!

1. Malas Menghapus Makeup

Jangan malas menghapus makeup sebelum tidur. Bisa picu munculnya jerawat/Foto: pexels.com/cottonbro
(Jangan malas menghapus makeup sebelum tidur. Bisa picu munculnya jerawat/Foto: pexels.com/cottonbro)

Salah satu tips menghilangkan jerawat adalah menjaga kebersihan wajah. Oleh sebab itu, kebiasaan malas menghapus makeup akan memicu timbulnya jerawat. Hal ini karena riasan, keringat, dan kotoran yang menempel akan menyumbat pori-pori.

Eric Schweiger, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Schweiger Dermatology memaparkan, "Ketika pori-pori tersumbat, akan terjadi pembentukan mikrokomedo yang dapat menarik bakteri P. Acnes ke dalam pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat."

2. Terlalu Sering Memegang Ponsel

Awas! Jangan langsung sentuh wajah sehabis memegang ponsel jika tidak mau jerawatan/Foto: pexels.com/SHVETS production
(Awas! Jangan langsung sentuh wajah sehabis memegang ponsel jika tidak mau jerawatan/Foto: pexels.com/SHVETS production)

Saat memegang ponsel, bakteri dan kotoran yang menempel di layar ponsel secara otomatis akan berpindah pada tangan. Tanpa kita sadari, tangan kita sering menyentuh area wajah terutama bagian sekitar dagu, pipi, dan mulut yang kemudian menyebabkan jerawat di sekitar area tersebut.

Untuk itu jika kita sering menggunakan ponsel, bersihkan permukaan ponsel setiap hari menggunakan lap antibakteri. Lalu, apabila memungkinkan, akan lebih baik jika mengurangi kontak kulit dengan ponsel secara langsung.

3. Jarang Mencuci Sarung Bantal

Jangan malas cuci sarung bantal mu, justru kebiasaan ini bisa picu munculnya jerawat/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Jangan malas cuci sarung bantal mu, justru kebiasaan ini bisa picu munculnya jerawat/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sarung bantal bisa menjadi sumber bakteri apabila jarang dicuci. Bakteri yang menempel kemudian dapat memicu tumbuhnya jerawat di bagian kulit yang menyentuh sarung bantal.

Selain bakteri, residu bekas produk rambut seperti hairspray atau gel rambut juga akan menempel pada sarung bantal. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk mengganti dan mencuci sarung bantal secara rutin setiap minggu.

4. Jarang Keramas atau Terlalu Sering Memakai Produk Rambut

Rambut berminyak akan memicu timbulnya jerawat. Ini kebiasaan yang harus kamu hindari/Foto: pexels.com/cottonbro
(Rambut berminyak akan memicu timbulnya jerawat. Ini kebiasaan yang harus kamu hindari/Foto: pexels.com/cottonbro)

Kebiasaan jarang keramas akan membuat rambut menjadi berminyak dan kotor. Rambut yang kotor dan berminyak akan menimbulkan jerawat di sekitar daerah yang mengenainya seperti dahi dan wajah.

Selain itu, penggunaan produk rambut secara berlebihan ternyata juga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Dokter Bank mengungkapkan, "Banyak produk rambut berminyak seperti hairspray dan gel yang penuh dengan bahan-bahan kimia dapat menetes ke kulit wajah dan menyumbat pori-pori."

Melansir dari CNN Indonesia, itulah beberapa kebiasaan-kebiasaan sepele yang justru menjadi pemicu timbulnya jerawat. Beauties, jika salah satunya ada kebiasaanmu, jangan dilakukan lagi ya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id