sign up SIGN UP

Kaki Juga Perlu Dirawat, Ini 3 Step Sederhana Membersihkan Kaki Biar Nggak Buluk!

Cica Rahmania | Beautynesia
Selasa, 02 Nov 2021 10:00 WIB
Kaki Juga Perlu Dirawat, Ini 3 Step Sederhana Membersihkan Kaki Biar Nggak Buluk!
caption
Jakarta -

Kaki merupakan bagian tubuh yang letaknya jauh dari mata dan tertutup oleh sepatu, sehingga besar kemungkinan, bagian tubuh yang satu ini kerap terlupakan dari perhatian, termasuk perawatan yang seharusnya dilakukan pada bagian tubuh lain. Padahal, perawatan pada kaki sama penting untuk dilakukan, lho, Beauties.

Ambil waktu beberapa menit setiap hari dengan cara sederhana, tampaknya sudah cukup untuk membuat tampilan kaki menjadi lebih bersih dan sehat. Seperti cara merawat kaki yang dihimpun dari Bustle berikut ini. Setidaknya ada tiga langkah mudah yang bisa kamu lakukan di rumah.

Eksfoliasi

Tidak Rutin Eksfoliasi KakiIlustrasi eksfoliasi. (Foto: freepik.com) / Foto: Ratih Dewi

Tahap pertama ini berguna untuk melembutkan bagian kasar pada kaki seperti kapalan. Sama halnya seperti langkah perawatan wajah, kamu bisa melakukan eksfoliasi manual atau kimia untuk membersihkan dan melembutkan kaki.

Secara alami, kamu bisa menggunakan batu apung atau kikir kaki untuk membuat kulit mati mengelupas. Kamu juga bisa melakukan eksfoliasi dengan bahan kimia, seperti asam alfa-hidroksi, yang paling umum digunakan untuk kulit kaki dan masker.

Melembabkan

Dapatkan Kaki Bak Model Dengan 3 Tips Ini/freepik.comIlustrasi melembabkan kaki. (Foto: freepik.com) / Foto: Freepik.com

Setelah melakukan eksfoliasi, jangan lupa untuk melembabkannya. Tahap ini penting dilakukan pada perawatan kulit pada seluruh tubuh kamu, termasuk kaki. Nah, kalau ini kamu harus melakukannya setiap hari, ya, Beauties, terutama setelah mandi.

Dikutip dari Bustle, tumit adalah bagian kaki yang cenderung lebih cepat kering daripada bagian lain. Marcela Correa, ahli pedikur medis berlisensi di Medi Pedi NYC dan dr. Neil Sadick, M.D., dokter kulit bersertifikat merekomendasikan krim kaki yang mengandung urea. "Urea dikenal untuk memecah protein keratin di lapisan permukaan kulit kamu, hal ini mengurangi penumpukan kulit mati dan waktu perawatan," kata Correa.

Rawat Kuku Kaki

Perawatan kaki yang tidak boleh dilewatkan ialah menggunting kukuIlustrasi potong kuku kaki. (foto: freepik.com) / Foto: Anisalestari

Kuku kaki juga berpengaruh pada kesehatan kaki kamu secara keseluruhan, lho, Beauties. Sebisa mungkin, jangan sampai melupakan perawatan kuku. Choi dan Carrea memberi saran untuk mengoleskan minyak pada kuku kaki setiap hari untuk menjaga kutikula tetap ternutrisi dan terhidrasi.

Hati-hati juga ketika kamu memotong kuku kaki. "Kuku kaki yang terlalu dipotong tepinya berpeluang membuat kuku kaki yang tumbuh ke dalam, jadi kamu harus berhati-hati," kata Choi. Cara terbaik adalah dengan memotongnya dengan bentuk lurus.

Dari ketiga langkah di atas, apakah kamu sudah mempraktikkannya, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id