STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kamu Perlu Tahu, Hal-hal Penting Sebelum Menggunakan Retinol

Meydiana Adinda | Beautynesia
Senin, 29 Mar 2021 13:00 WIB
Kamu Perlu Tahu, Hal-hal Penting Sebelum Menggunakan Retinol

Retinol merupakan salah satu active ingredients yang populer dalam dunia skincare. Bahan satu ini memiliki banyak manfaat bagi kulit, seperti membantu proses regenerasi kulit, sebagai anti-aging, membantu atasi jerawat, dan lainnya.

Namun, tak jarang juga ada yang enggan menggunakan retinol karena takut pada efek sampingnya. Penggunaan retinol memang dapat membuat kulit kering dan iritasi. Maka dari itu, kita perlu menggunakan bahan satu ini secara tepat dan hati-hati, Ladies.

Walaupun berpotensi mengiritasi kulit, manfaat retinol ini banyak sekali, lho. Jika digunakan dengan tepat, efek samping dari retinol dapat diatasi. Untuk itu, ada baiknya jika Ladies mengetahui hal-hal penting sebelum menggunakan retinol. Yuk simak artikel berikut!

1. Mulai Secara Perlahan

Tips Menggunakan Retinol
Mulai Perlahan/freepik.com

Untuk memulai penggunaan retinol, kita mesti mulai secara perlahan guna memberi waktu bagi kulit untuk beradaptasi dengan bahan tersebut. Mulailah dari satu kali seminggu, kemudian naikkan frekuensi secara perlahan hingga batas toleransi kulit masing-masing.

Perhatikan juga konsentrasi retinol pada produk yang akan digunakan. Sebagai pemula, lebih baik memulai retinol dari konsentrasi yang rendah sehingga tidak mengiritasi kulit.

Perhatikan juga petunjuk pemakaian yang ada di produk tersebut ya, Ladies. Jangan sampai menggunakan produk retinol melebihi batas anjuran pemakaian.

2. Gunakan Pelembap

Tips Menggunakan Retinol
Gunakan Pelembap/freepik.com

Pada awal penggunaan retinol, kulit butuh waktu untuk beradaptasi dan mungkin mengalami efek samping dari retinol seperti kulit kering bahkan kemerahan dan iritasi. Untuk itu, Ladies perlu menggunakan pelembap secara cukup agar efek samping ini teratasi.

Setelah menggunakan retinol, iringi dengan produk yang dapat menghidrasi kulit seperti hydrating toner dan lengkapi dengan produk pelembap yang dapat mengunci kelembapan pada kulit.

3. Retinol di Malam Hari, Sunscreen di Pagi Hari

Tips Menggunakan Retinol
Gunakan Sunscreen/instagram.com/joylabbeauty

Retinol merupakan salah satu bahan yang dapat memicu sensitivitas kulit terhadap matahari. Maka dari itu, Ladies hanya boleh menggunakan retinol di malam hari. Setelah menggunakan retinol di malam hari, sangat penting untuk mengaplikasikan sunscreen pada kulit di pagi harinya.

@beautynesia.id

Auto repurchase klo gini ceritanya 😍❤️ yuk, mumpung lagi ada promo lho @mamondeindonesia #redserum #skincare #fyp #racunskincare

♬ C.H.R.I.S.Y.E. - Diskoria & Laleilmanino & Eva Celia

4. Hati-hati terhadap Bahan Aktif Lain

Tips Menggunakan Retinol
Produk Retinol/instagram.com/avoskinbeauty

Penggunaan retinol tidak disarankan bersamaan dengan penggunaan Benzoyl Peroxide, karena Benzoyl Peroxide dapat menghambat kinerja retinol. Selain itu, karena sifat retinol yang dapat mengiritasi, Ladies perlu mewaspadai penggunaan bahan aktif lain yang juga dapat mengiritasi kulit, seperti AHA dan BHA. Selalu peka terhadap kondisi kulit ya, Ladies

5. Hentikan Penggunaan Selama Masa Kehamilan

Tips Menggunakan Retinol
Hindari Retinol Saat Hamil/freepik.com

Menggunakan retinol selama masa kehamilan sagat tidak disarankan. Penggunaan retinol dalam jangka panjang dapat mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan bahkan dapat menyebabkan cacat saat bayi lahir.

Gunakanlah bahan perawatan kulit lain yang aman selama masa kehamilan. Konsultasikan dengan doktermu juga, Ladies.

Nah, itulah dia lima hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai retinol. Retinol memiliki banyak manfaat bagi kulit, asalkan digunakan dengan cara yang benar dan dosis yang tepat. Selamat mencoba, Ladies!

(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE