sign up SIGN UP

Kandungan Skincare Bakuchiol Bisa Jadi Pengganti Retinol Buat Lawan Jerawat Hingga Penuaan? Ini Kata Ahli Kulit!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Senin, 09 May 2022 07:45 WIB
Kandungan Skincare Bakuchiol Bisa Jadi Pengganti Retinol Buat Lawan Jerawat Hingga Penuaan? Ini Kata Ahli Kulit!
caption

Retinol sejauh ini memang dikenal sebagai kandungan skincare yang punya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Seperti yang paling populer adalah untuk mengatasi jerawat hingga penuaan. Tapi sayangnya, ada sebagian jenis kulit yang justru kurang cocok saat memakai retinol.

Buat menjawab kebutuhan akan bahan skincare yang sejenis retinol, telah hadir kandungan alternatif yang diberi nama bakuchiol, Beauties. Alternatif retinol yang bernama bakuchiol ini memang dikenal sebagai lebih alami dan minim efek samping.

Lantas sebenarnya apa itu bakuchiol dan seperti apa efek bakuchiol untuk jerawat hingga penuaan? Simak penjelasan ahli kulit lewat artikel berikut!

Mengenal Bakuchiol

Mengenal kandungan skincare bakuchiol.
Kandungan bakuchiol untuk melawan jerawat dan penuaan/freepik/freepik

Kandungan bakuchiol dalam skincare belakangan ini memang semakin dikenal dan banyak dipilih oleh banyak perempuan untuk ditambahkan dalam rutinitas perawatan harian kulit. Lantas apa itu bakuchiol?

Melansir dari Women Health Magazine, seorang ahli kulit asal New York bernama Dr. Anar Mikailov, MD mengungkap bakuchiol berasal dari ekstrak tanaman babchi. Kandungan ini biasanya dipilih sebagai bahan utama untuk kulit sensitif hingga penuaan.

Manfaat untuk Kulit Wajah

Mengetahui manfaat bakuchiol bagi kulit wajah berjerawat hingga penuaan.
Kandungan bakuchiol untuk melawan jerawat dan penuaan/freepik/lookstudio

Meskipun ada berbagai bahan lain yang bisa dijadikan alternatif pengganti retinol, tapi mengapa belakangan ini justru bakuchiol yang populer dan banyak dipilih perempuan? Alasannya ternyata karena bakuchiol memberikan berbagai manfaat baik bagi kesehatan kulit wajah, Beauties. 

Sama seperti retinol, bakuchiol mampu mengatasi berbagai problem pada kulit wajah. Bedanya bakuchiol diketahui tanpa memberikan efek samping sebesar retinol. Seperti dikutip dari Byrdie, seorang ahli kulit asal New York bernama Rachel Nazarian, MD mengungkap bakuchiol dapat menawarkan hasil seefektif retinol dalam memudarkan garis-garis halus, kerutan, dan warna kulit tidak merata. 

Tapi bakuchiol tidak menyebabkan kulit kering ataupun iritasi. Sifat antiinflamasi pada bakuchiol juga dapat mengatasi jerawat. Selain itu, bakuchiol dikenal lebih lembut di kulit sehingga dapat dipilih oleh pemilik kulit sensitif.

Cara Pemakaian

Cara pakai bakuchiol sebagai rutinitas skincare harian.
Kandungan bakuchiol untuk melawan jerawat dan penuaan/freepik/freepik

Nah, buat kamu yang tertarik ingin mencoba pakai bakuchiol sebagai tahapan rutinitas skincare harian ternyata kandungan ini bisa digunakan dengan produk lainnya, lho. Berbeda sama retinol yang nggak diperbolehkan buat dipakai bersamaan dengan benzoyl peroxide, toner, hingga eksfoliator. Bakuchiol justru aman untuk dipakai atau digabungkan dengan produk lainnya, Beauties.

Hal ini karena bakuchiol berasal dari bahan alami. Masih dilansir dari laman sebelumnya, bakuchiol diketahui tidak menimbulkan interaksi negatif bersamaan dengan bahan perawatan kulit lainnya. Kamu bisa menemukan bakuchiol dalam produk skincare seperti serum ataupun lotion. Buat pemakaiannya dapat dilakukan para skincare routine pagi ataupun malam hari.

Efek Penggunaan

Efek penggunaan dari bakuchiol sebagai rutinitas skincare harian.
Kandungan bakuchiol untuk melawan jerawat dan penuaan/freepik/freepik

Sebagai kandungan dalam skincare yang cenderung masih baru, bakuchiol masih terus dalam tahap penelitian untuk memastikan efek sampingnya. Tapi sejauh ini, bakuchiol termasuk dalam produk yang berpotensi aman dan tidak memicu efek samping negatif. Seperti diungkap ahli kulit Anar Mikailov, MD lewat Women Health Magazine, karena bakuchiol bukan turunan dari vitamin A, jadi aman untuk digunakan dan tidak menimbulkan efek negatif pada kulit.

Saat kamu ingin mencoba produk skincare dengan kandungan bakuchiol, pastikan untuk memilih yang sudah terdaftar BPOM dan juga telah lolos uji dermatologi ya, Beauties. Selamat mencoba!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id