sign up SIGN UP

Kapan Waktu Paling Tepat Re-Apply Sunscreen? Simak Penjelasannya Berikut Ini, Beauties!

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Senin, 13 Jun 2022 06:45 WIB
Kapan Waktu Paling Tepat Re-Apply Sunscreen? Simak Penjelasannya Berikut Ini, Beauties!
caption
Jakarta -

Pentingnya menggunakan sunscreen memang sudah banyak diketahui. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum sadar pentingnya mengaplikasikan sunscreen atau re-apply sunscreen.

Padahal re-apply sunscreen diperlukan kulit untuk perlindungan ekstra terhadap paparan sinar UV. Apalagi di negara iklim tropis seperti di Indonesia. Tapi sebenarnya kapan waktu paling tepat untuk re-apply sunscreen?

Supaya kamu nggak salah, yuk ketahui waktu yang paling tepat untuk re-apply sunscreen lewat ulasan berikut ini.

Re-apply Setiap 2 Jam

Lindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.Ilustrasi re-apply sunscreen/ Foto: freepik.com

Umumnya penggunaan sunscreen dilakukan pada pagi hari setelah menggunakan moisturizer. Namun bekerja dalam ruangan, apalagi di luar ruangan dapat membuat sunscreen terhapus seiring berjalannya waktu.

Dengan demikian, efektivitas sunscreen menurun sehingga perlindungan di wajah menjadi kurang maksimal. Oleh karenanya para ahli menyarankan re-apply sunscreen dilakukan setiap dua jam.

Kendati pada produk sunscreen ada yang menunjukkan keterangan water resistant hingga 4 jam, namun re-apply sunscreen tetap dianjurkan setelah 2 jam.  

Alasan Pentingnya Re-apply Sunscreen

Pentingnya Sunscreen untuk Kulit/ Foto: freepik/ Gpoints StudioIlustrasi re-apply sunscreen/ Foto: freepik/Gpoints Studio

Beraktivitas seharian tanpa kita sadari dapat menghapus sunscreen. Menyentuh wajah, memakai masker, membasuh muka dan berkeringat dapat mengikis sunscreen secara perlahan sehingga mengurangi efektivitasnya.

Dengan demikian sunscreen tidak akan bekerja maksimal lagi. Padahal sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Oleh karena itulah mengapa re-apply sunscreen sangat penting untuk dilakukan.

Terlebih bagi kita yang hidup di negara beriklim tropis, Indonesia. Kulit butuh proteksi lebih dan harus di-apply kembali untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Re-apply sunscreen penting bagi kulit untuk menjaganya tetap awet muda dan sehat.

Cara Pakai Sunscreen

Ilustrasi menggunakan sunscreen/Pexels.com/Photo by Moose Photos
Ilustrasi menggunakan sunscreen/ Foto: Pexels.com/Moose Photos

Agar sunscreen bekerja maksimal, kamu harus tau cara pemakaian sunscreen yang tepat. Cara pakai sunscreen untuk pertama kali di pagi hari dilakukan 15 hingga 30 menit sebelum terpapar sinar matahari.

Hal ini dilakukan karena sunscreen sendiri butuh waktu untuk bekerja setelah menyerap di kulit. Sedangkan untuk cara re-apply sunscreen dilakukan dengan membersihkan dahulu kulit wajah. Setelah itu baru deh sunscreen-nya diaplikasikan kembali.

Agar lebih praktis kamu bisa menggunakan sunscreen berbentuk spray. Jadi kamu cukup semprotkan sunscreen spray ke wajah dan langsung beres, deh.

Itu dia waktu yang paling tepat untuk re-apply sunscreen. Jangan malas untuk re-apply sunscreen-mu ya Beauties, supaya kulitmu tetap awet muda dan glowing!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id