sign up SIGN UP

Cek dan Catat! Ini Waktu yang Tepat untuk Kamu Boleh Nggak Pakai Sunscreen!

Pangastryan Wisesa Pramudiah | Beautynesia
Sabtu, 04 Jun 2022 09:00 WIB
Cek dan Catat! Ini Waktu yang Tepat untuk Kamu Boleh Nggak Pakai Sunscreen!
caption
Jakarta -

Beauties, kamu pasti udah tahu kan jika sunscreen itu salah satu basic skincare yang wajib digunakan setiap hari? Yap, sunscreen dapat melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari, yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, lho. Nggak hanya digunakan saat beraktivitas di luar, sunscreen juga wajib digunakan saat kamu berada di dalam ruangan.

Kenapa, sih, di dalam ruangan harus tetap pakai sunscreen? Ternyata, sinar UV yang dimiliki matahari, masih bisa masuk melalui kaca jendela ruangan, sehingga dapat mengenai kulitmu. Jadi, jangan mentang-mentang kamu nggak ke mana-mana, lalu memutuskan nggak pakai sunscreen, ya!

Penggunaan sunscreen secara disiplin juga akan memberikan banyak manfaat untuk kulitmu, Beauties! Kira-kira apa saja, sih, manfaatnya? Yuk cari tahu jawabannya!

Kenapa Harus Disiplin Menggunakan Sunscreen?

Pentingnya Sunscreen untuk Kulit/ Foto: freepik/ Gpoints Studio
Pentingnya Sunscreen untuk Kulit/ Foto: freepik/ Gpoints Studio

Sunscreen memiliki manfaat untuk kulit, jika kamu mengaplikasikannya secara tepat. Salah satu manfaat sunscreen adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Beberapa manfaat lain, dari penggunaan sunscreen, yaitu:

1. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Anti aging/ Foto: freepik/ Way Home Studio
Anti aging/ Foto: freepik/ Way Home Studio

Sinar UV yang berasal dari sinar matahari, dapat mempercepat tanda-tanda penuaan dini. Maka, untuk menghindarinya, kamu bisa menggunakan sunscreen, ya, Beauties. Sunscreen mengandung UV Filter yang dapat memproteksi kulit dari paparan sinar matahari.

2. Meminimalisir Risiko Kanker Kulit

Kanker Kulit/ Foto: freepik/ Way Home Studio
Kanker Kulit/ Foto: freepik/ Way Home Studio

Tahu nggak, sih, kulit yang terkena paparan sinar matahari secara langsung, dapat meningkatkan risiko kanker kulit, lho. Untuk meminimalisir risiko tersebut, kamu bisa menggunakan sunscreen dengan benar.

3. Mencegah Kulit Terbakar

Kulit terbakar dan gatal/ Foto: freepik
Kulit terbakar dan gatal/ Foto: freepik

Sinar UV B dari sinar matahari, juga dapat membuat kulitmu terbakar dan kemerahan. Kamu juga akan merasakan efek seperti gatal, perih, dan membuat kulit mengelupas. Kandungan SPF yang terdapat pada sunscreen, juga mampu mencegah kulit agar nggak terbakar.

Nah, Beauties, untuk memproteksi kulit secara maksimal, kamu harus gunakan sunscreen setiap hari. Jangan lupa, untuk lakukan reapply sebanyak 3-4 jam sekali, dimanapun kalian berada, ya! 

Waktu yang Diperbolehkan untuk Nggak Pakai Sunscreen 

Waktu yang tepat untuk nggak pakai sunscreen/ Foto: freepik/ Rawpixels
Waktu yang tepat untuk nggak pakai sunscreen/ Foto: freepik/ Rawpixels

Menurut para ahli dermatologi, di Indonesia sendiri, waktu yang tepat untuk menggunakan sunscreen yaitu pukul 09.00 pagi hingga 06.00 sore. Hal itu disebabkan karena di waktu tersebut, indeks UV sangat tinggi, sehingga dapat merusak kulit. Lantas, adakah waktu yang diperbolehkan untuk nggak menggunakan sunscreen?

1. Malam Hari

Kamu nggak perlu menggunakan sunscreen di malam hari, karena pada malam hari  nggak terdapat sinar matahari, ya, Beauties. Selain itu, penggunaan sunscreen di malam hari justru dapat menyumbat pori-pori pada kulitmu, lho!

2. Pukul 06.00-08.00 Pagi dan 17.00-18.00 Sore

Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika, indeks UV di Indonesia pukul 06.00-08.00 pagi, berada di tingkat yang rendah. Sedangkan pada pukul 17.00-18.00 sore, matahari mulai terbenam, sehingga indeks UV juga akan menunjukkan penurunan.

Walaupun indeks UV pada waktu tersebut menunjukkan tingkat yang rendah, nggak ada salahnya kalau kamu tetap menggunakan sunscreen ya, Beauties. Kenapa? karena sinar matahari masih bisa memberikan risiko kanker kulit, lho.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id