sign up SIGN UP

Bikin Kulit Gagal Glowing, Ini 4 Kesalahan Mencuci Muka yang Masih Sering Dilakukan dan Solusinya

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 06 Jun 2022 19:00 WIB
Bikin Kulit Gagal Glowing, Ini 4 Kesalahan Mencuci Muka yang Masih Sering Dilakukan dan Solusinya
caption
Jakarta -

Memiliki kulit glowing, mulus, dan terbebas dari berbagai permasalahan kulit adalah impian semua orang. Namun kamu tentu tahu untuk mendapatkannya butuh beragam usaha yang tidak mudah. Ada banyak macam perawatan hingga tahapan skincare yang harus dilalui.

Dari semua tahapan perawatan wajah, mencuci muka atau membersihkan wajah adalah hal paling dasar yang wajib dilakukan. Sayangnya, masih banyak orang yang kurang memperhatikan tahapan ini dan melakukannya asal-asalan. Akibatnya, impian kulit glowing pun jadi sulit diraih.

Nah, sebenarnya apa saja, sih, kesalahan mencuci muka yang paling sering dilakukan? Dirangkum dari Women's Health, yuk simak ulasannya!

Tidak Menggunakan Pembersih Wajah yang Tepat

Cuci Muka Pakai Air Dingin/ Freepik.comIlustrasi mencuci muka/Foto: Freepik

Menggunakan pembersih wajah atau cleanser yang tidak sesuai dengan tipe wajah bisa mengganggu keseimbangan pH kulit kamu, Beauties. Akibatnya, akan timbul berbagai macam keluhan di kulit, mulai dari kemerahan hingga jerawat. Kulit pun jadi gagal glowing!

Oleh karena itu, penting untuk memilih pembersih wajah yang sesuai dan cocok dengan jenis atau tipe kulit. Misalnya, jika kamu memiliki kulit berminyak atau kombinasi, cobalah formula berbasis gel. Bahan-bahan seperti asam salisilat akan membersihkan sel-sel kulit mati yang menempel pada minyak dan kotoran tanpa merusak lapisan kulit.

Mengabaikan Metode Mencuci Muka yang Benar

Setelah kamu beraktivitas seharian, jangan lupa untuk melakukan double cleansing ya, Beautynesian.Ilustrasi mencuci muka/Foto: Freepik

Sebenarnya, tidak ada satu ukuran tetap terkait mencuci muka, karena kebutuhan kulit wajah setiap orang berbeda-beda. Selain itu, tiap jenis pembersih wajah memerlukan metode yang berbeda, namun pastikan kamu menggunakannya dengan benar, ya!

Pastikan kulit wajah sudah dibasahi sebelum mengoleskan gel atau foam cleanser. Tujuannya untuk memberi kandungan pada pembersih wajah untuk bekerja, biarkan menempel di kulit setidaknya selama satu menit.

Jika kamu menggunakan lotion atau minyak, gosokkan pada kulit yang benar-benar kering selama beberapa menit. Tujuannya agar pembersih wajah dapat memecah minyak dan kotoran di kulit sebelum mengoleskan sedikit air dengan ujung jari untuk mengemulsi produk.

Mengeringkan Wajah dengan Handuk

Menyeka wajah menggunakan kain muslin atau handuk basah untuk hasil lebih maksimalIlustrasi mengeringkan wajah dengan handuk/Foto: Pexels

Mengeringkan wajah dengan handuk tidak begitu disarankan, Beauties. Sisa air yang tidak dikeringkan dengan handuk rupanya dapat meningkatkan kelembapan kulit. Selain itu, handuk atau waslap yang kasar juga dapat merusak kulit dan menjadi tempat berkembangnya bakteri.

Disarankan untuk membiarkan wajah mengering secara alami usai dibasuh. Namun, jika kamu ingin menggunakan handuk, pilih material yang halus dan lembut serta harus rutin dicuci.

Menggunakan Air Panas untuk Mencuci Muka

cuci mukaIlustrasi mencuci muka/Foto: Freepik

Air panas adalah salah satu musuh terbesar kulit kamu, nih, Beauties. Sebab air panas dapat membuat kulit menjadi kering dan menghilangkan minyak alami di wajah. Pada akhirnya, akan menyebabkan kemerahan karena pembuluh darah dan kapiler yang melebar dan meningkatkan produksi sebum yang berlebihan dengan mengacaukan keseimbangan kulit.

Solusinya, uji suhu air di bagian dalam pergelangan tangan di bagian kulit yang paling sensitif. Pilihlah temperatur suam-suam kuku, yaitu temperatur yang tidak panas, namun tidak dingin pula.

Itulah beberapa kesalahan mencuci muka yang bikin kulit kamu gagal glowing. Jangan dilakukan lagi ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id