STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Keefektifan SPF serta PA di Sunscreen Berdasarkan Tingkatannya

Hani Arifah | Beautynesia
Rabu, 10 Mar 2021 11:15 WIB
Keefektifan SPF serta PA di Sunscreen Berdasarkan Tingkatannya

Sunscreen merupakan salah satu produk skincare yang sangat penting untuk menjaga kulit wajah dan kulit lainnya dari sinar UV. Dalam rangkaian skincare, sunscreen berada di urutan terakhir setelah yang lainnya. Namun, saat ini masih banyak yang mengabaikan bahaya sinar UV pada kulit dan enggan menggunakan sunscreen sehari-hari, padahal keberhasilan skincare kita bergantung pada proteksi sunscreen yang kita pakai.

Macam-Macam Sinar UV dan Dampak Buruknya bagi Kulit

Sinar UltravioletFoto:pinterest/allgirlshaveclub
Sinar Ultraviolet

Seperti yang kita tahu, sinar UV memiliki pengaruh buruk untuk kulit kita. Sinar UV sendiri dibagi menjadi 3 jenis yang ketiganya memiliki dampak yang berbeda.

1. Sinar Ultraviolet A

Sinar Ultraviolet A dapat menyebabkan penggelapan pada kulit, kusam, keriput, sampai kanker. Sinar Ultraviolet ini ada sepanjang hari dan mampu menembus sampai kulit bagian dermis. Sinar Ultraviolet A ini juga bisa menembus baju dan kaca mobil.

2. Sinar Ultraviolet B

Berbeda dengan sinar UV A, sinar UV B hanya bisa menembus lapisan epidermis saja dan hanya terpancar dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Sinar UV B dapat menyebabkan kemerahan dan burning pada kulit, namun sinar UV B tidak dapat menembus baju ataupun kaca mobil.

3. Sinar Ultraviolet C

Berbeda dari sinar Ultraviolet A dan B, Sinar Ultraviolet C adalah sinar ultraviolet yang paling berbahaya. Namun, sinar Ultraviolet C tidak bisa sampai ke bumi karena sinar ini tidak bisa menembus lapisan ozon.

Sunscreen sebagai Pelindung Kulit dari Paparan Sinar Ultraviolet A dan B

Sun protectionFoto:pinterst/acneorg
Sun protection

Kandungan SPF dan PA dalam sunscreen dapat membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit. SPF atau Sun Protection Factor adalah kandungan yang mampu mencegah kemerahan dan burning pada kulit akibar paparan sinar UV B, sedangkan PA adalah Protection Grade of UV A yang mampu mencegah kusam, keriput, dan penggelapan pada kulit akibat paparan sinar Ultraviolet A. Maka dari itu, kedua bahan tersebut sangat diperlukan mengingat dalam sehari-hari kulit kita selalu terpapar sinar Ultraviolet A ataupun B.

Keefektifan SPF dan PA dalam Sunscreen

SunscreenFoto:pinterst/lavinvin
Sunscreen

Sering kali kita melihat keterangan SPF 20, 30, 40, 50, dan seterusnya pada sunscreen. Kemudian di bawahnya juga tertulis PA dengan simbol + yang berbeda-beda. Lalu apa maksud angka dan simbol tersebut? Dan bagaimana keefektifan SPF dan PA menurut banyaknya angka dan simbol plus-nya?

SPFFoto:pinterest/thebump
SPF

Angka yang tertera pada SPF pada kemasan produk menunjukkan lamanya waktu sunscreen dapat melindungi kulit kita. Normalnya, kulit dapat bertahan di bawah paparan sinar matahari secara langsung selama 10 menit saja. SPF ini berfungsi menambah 10 kali lipat ketahanan kulit kita terpapar sinar Ultraviolet B. Jadi, jika yang tertera dala produk sunscreen adalah SPF 15, maka produk sunscreen tersebut dapat menambah ketahanan selama 15 x 10 menit atau setara dengan 2,5 jam.

Dengan begitu kita bisa me-reapply sunscreen setiap 2,5 jam sekali. Berlaku juga untuk SPF 20, 30, 40, dan seterusnya. Semakin banyak angka yang tertera, maka semakin lama waktu kulit kita bertahan di bawah paparan sinar Ultraviolet B. 

2. Simbol + pada PA

PA +++Foto:pinterest/pngtree
PA +++

Simbol + pada PA menunjukkan kekuatan proteksi yang diberikan untuk kulit kita dari paparan sinar Ultraviolet A. Semakin banyak simbol + yang tertera pada produk sunscreen, maka akan semakin baik dan semakin kuat PA memproteksi kulit kita dari sinar Ultraviolet A. Sehingga, SPF saja tidak cukup untuk memproteksi kulit kita dari bahaya sinar UV.

Itu tadi tentang sunscreen, SPF, dan PA. Perlu diingat bahwa sunscreen sangat penting bagi kulit kita. Jadi, jangan lupa pakai sunscreen setiap hari, ya!

(mel/mel)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE