sign up SIGN UP

PANDUAN PEMULA

Biar Gak Sia-sia, Begini Cara Pakai Sunscreen yang Tepat

Siti Mukaromah | Selasa, 02 Mar 2021 07:00 WIB
Biar Gak Sia-sia, Begini Cara Pakai Sunscreen yang Tepat
caption

Sunscreen atau tabir surya merupakan item dasar yang harus dimiliki dalam rangkaian skincare paling dasar. Selain itu, sunscreen juga sangat penting untuk mencegah kanker kulit dan penuaan dini seperti munculnya bintik hitam atau garis halus pada wajah.

Meskipun basic, masih banyak nih yang suka salah menggunakan sunscreen dengan benar. Padahal sunscreen sendiri berperan untuk memaksimalkan kinerja rangkaian skincare lainnya yang sudah digunakan pada malam maupun pagi hari.

Untuk itu, berikut cara menggunakan sunscreen yang benar agar hasilnya juga maksimal di kulit kamu.

1. Pilih Sesuai SPF

Kamu Bisa Dapatkan Hasil Maksimal, Hanya dengan Pemakaian Sunscreen Yang Benar Loh/Freepik.comKamu Bisa Dapatkan Hasil Maksimal, Hanya dengan Pemakaian Sunscreen Yang Benar Loh/Freepik.com

Sunscreen memiliki kandungan SPF yang berbeda-beda. Tentu saja kandungan SPF dalam tabir surya menjadi pertimbangan utama dalam memilih produk sunscreen. Seperti yang telah diketahui, tabir surya memiliki beberapa SPF, mulai dari SPF 25 hingga SPF 100. Semakin besar level SPF, tentu proteksi yang dimiliki juga berbeda.

Penggunaan tabir surya perlu disesuaikan dengan tempat di mana kamu berada dan juga warna kulit yang dimiliki, Ladies. Dalam hal ini SPF 30 dapat digunakan untuk kamu yang bekerja atau beraktivitas di dalam ruangan. Sedangkan kalian yang beraktivitas di luar ruangan baiknya menggunakan sunscreen yang mengandung SPF 50. 

Beautynesia sudah membahas mengenai SPF dalam sunscreen, untuk kamu yang ingin tahu perbedaan SPF 30 dan SPF 50 bisa cek di sini ya!

2. Aplikasikan Dua Jari

Tetap gunakan sunscreen dengan takaran yang tepatTetap gunakan sunscreen dengan takaran yang tepat/ Foto: pinterest.com/lovebylaur

Kita kadang masih mengira-ngira seberapa banyak penggunaan sunscreen yang sesuai. Untuk itu, kamu hanya perlu mengukur banyak sunscreen yang digunakan sepanjang dua jari (telunjuk dan tengah) dengan menggunakan takaran ini kamu sudah bisa menutupi seluruh wajah hingga leher.

3. Jangan Lupa Re-apply

Penggunaan sunscreen dalam rutinitas sehari-hari sangatlah penting, hal tersebut untuk melindungi kulit dari sinar UV.Penggunaan sunscreen dalam rutinitas sehari-hari sangatlah penting, hal tersebut untuk melindungi kulit dari sinar UV./ Foto: instagram.com/laneigeid

Setelah mengaplikasikan sunscreen tidak semata-mata kulitmu akan terlindung sepanjang hari, Ladies. Kamu masih harus mengoles ulang sunscreenmu. Hal ini karena ketahanan SPF yang terdapat pada sunscreen memiliki batasan waktu, sehingga kamu diharuskan mengoleskan kembali sunscreen setiap 2 jam sekali atau sebelum 2 jam.

Hal ini juga berlaku untuk kamu yang ingin berenang atau bermain air, karena ketika kamu bermain air justru sunscreen yang digunakan akan semakin menipis.

4. Perhatikan Bagian yang Harus Digunakan Sunscreen

Dalam penggunaan sunscreen ada baiknya kalian juga memperhatikan area mana saja yang perlu dioleskan sunscreen. Untuk hal ini area yang sering terlupakan adalah bagian leher dan telinga. Jadi baiknya penggunaan sunscreen mulai dari wajah, leher hingga telinga dan dioleskan secara merata.

5. Waktu Penggunaan

Alergi Sunscreen? Ketahui Gejala, Tips Mengobati dan Mencegah/freepik.comAlergi Sunscreen? Ketahui Gejala, Tips Mengobati dan Mencegah/freepik.com

Waktu penggunaan sunscreen baiknya adalah mulai dari pagi hari, 15-30 menit sebelum keluar rumah. Selain itu, sunscreen juga harus tetap dipakai meski cuaca mendung bahkan hujan sekalipun, karena resiko paparan sinar UV masih tetap ada dan tidak jauh berbeda kadarnya pada saat cuaca cerah.

Namun jika kamu tetap harus beraktivitas di luar ruangan pada malam hari baiknya tetap menggunakan sunscreen, karena sinar UV tetap ada meski pada malam hari. Di samping itu kalian juga harus membatasi paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit kalian terutama pada pukul 10 pagi dan jam 4 sore, dimana paparan UV sangat tinggi pada jam tersebut.

[Gambas:Instagram]

6. Pemakaian Sunscreen Sesudah Moisturizer

Kamu Bisa Dapatkan Hasil Maksimal, Hanya dengan Pemakaian Sunscreen Yang Benar Loh/Freepik.com
Kamu Bisa Dapatkan Hasil Maksimal, Hanya dengan Pemakaian Sunscreen Yang Benar Loh/Freepik.com

Banyak yang masing bingung dalam menerapkan ini. Untuk urutan pemakaian, gunakanlah sunscreen setelah moisturizer. Karena sejatinya sunscreen adalah untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari sedangkan moisturizer berfungsi mengunci kelembapan pada kulit, selain itu sunscreen juga berfungsi untuk mengoptimalkan skincare sebelumnya.

Jadi Ladies sudah tahu ya, bagaimana cara penggunaan sunscreen yang benar. Karena penggunaan sunscreen yang salah justru akan membuat rangkaian skincare pagi dan malammu tidak bekerja secara optimal bahkan dapat menyebabkan breakout, iritasi pada kulit atau masalah kulit lainnya pada wajah. Penggunaan sunscreen juga tidak terbatas umur ya, jadi semua umur dan semua jenis kulit diharapkan melindungi kulitnya dengan sunscreen.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id