STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Kenapa Bakuchiol Disebut Lebih Unggul dari Retinol?

Sylvia Yuliasar | Beautynesia
Rabu, 20 Jan 2021 07:00 WIB
Kenapa Bakuchiol Disebut Lebih Unggul dari Retinol?

Berbagai masalah kulit seperti tekstur kulit yang kasar, jerawat, warna kulit tak merata dan flek hitam memang sering dijumpai oleh sejumlah orang. Kandungan yang cukup ampuh dalam mengatasinya adalah retinol.

Dengan kesaktiannya dalam mengatasi berbagai masalah tersebut, retinol tetap memiliki kekurangan. Yup, retinol memang dikenal memiliki reaksi yang cukup keras terutama pada pemilik kulit sensitif. Namun, kini telah ditemukan bahan pengganti retinol yang disebut lebih minim efek samping, nama kandungan alternatif tersebut adalah bakuchiol.

Berikut beberapa fakta bakuchiol yang harus kamu tahu!

Bakuchiol merupakan bahan alternatif selain retinol
Skincare berbahan bakuchiol / pinterest.com (Herbivore Botanicals)

Bakuchiol sendiri adalah anti-oksidan alami yang ditemukan pada tumbuhan di Asia Timur yang bernama psorea corylifonia. Berdasarkan studi, bakuchiol dikenal dengan kemampuannya yang dapat menguangi garis halus dan kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, membantu mengatasi hiperpigmentasi, serta mengencangkan kulit.

Bahan yang ternyata sudah digunakan di China dan India sebagai ramuan pengobatan kuno ini dinilai lebih unggul dari retinol karena kandungannya lebih bisa diterima dan ditoleransi oleh kulit. Studi sempat dilakukan pada beberapa responden yang menggunakan retinol dan bakuchiol.

Pada akhir penelitian para responden tersebut merasakan manfaat yang sama yaitu kerutan halus dan hiperpigmentasi yang berkurang. Namun terdapat perbedaan yaitu yang menggunakan retinol wajahnya cenderung memerah, mengelupas dan terasa perih dibandingkan yang menggunakan bakuchiol.

Bakuchiol menjadi pilihan daripada retinol karena lebih minim efek samping
Bakuchiol lebih minim efek samping / pinterest.com (Adore Beauty)

Dengan manfaat yang lebih aman tersebut, bakuchiol juga diberi sebutan sebagai herbal botox yang lebih aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif, kulit eczema, psoriasis, atau dermatitis dalam mengatasi berbagai masalah kulitnya.

Namun selain untuk kulit sensitif, ternyata bakuchiol juga memberikan manfaat untuk hampir semua jenis kulit. Lebih minim iritasi dan mild, pemakaian bakuchiol pada jenis kulit lain ternyata juga memberikan efek cerah dan bercahaya. Khusus untuk pemilik kulit berjerawat, bakuchiol juga dapat berkhasiat sebagai anti-inflamasi dan anti-bakteri untuk mengurangi peradangannya. Selain itu bakuchiol juga dinilai aman untuk dipakai oleh ibu yang sedang hamil dan menyusui.

(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE