sign up SIGN UP

Kesalahan Memakai Pelembap yang Bikin Kulit Breakout

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Senin, 28 Jun 2021 11:30 WIB
Kesalahan Memakai Pelembap yang Bikin Kulit Breakout
caption

Moisturizer atau pelembap merupakan salah satu bagian dari rangkaian produk skincare yang biasanya digunakan oleh para wanita. Moisturizer sangat berperan penting untuk melembapkan kulit dan melindunginya dari kerusakan. 

Namun bagi sebagian wanita, ada kalanya penggunaan moisturizer tidak menghasilkan efek yang maksimal atau justru malah menimbulkan masalah. Hal ini sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa kesalahan yang dilakukan sebagian wanita dalam menggunakan moisturizer, khususnya bagi pemula. Berikut beberapa kesalahan tersebut.

 

1. Memilih Produk Moisturizer yang Tidak Sesuai Jenis Kulit

Memakai produk moisturizer yang tidak sesuai jenis kulit bisa menimbulkan masalah, seperti breakout.
Produk moisturizer yang Tidak Sesuai Jenis Kulit/freepik.com 

Biasanya, para wanita kerap kali tergoda suatu produk skincare lantaran ikut-ikutan teman atau terpengaruh rekomendasi oleh orang tertentu. Termasuk dalam hal pemilihan produk moisturizer. Padahal, sebelum membeli dan mencoba suatu moisturizer, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui jenis kulit dan kebutuhan kulit terlebih dahulu. 

Kamu perlu mengenali jenis kulitmu, apakah termasuk kulit kering, berminyak, sensitif, bermasalah dengan jerawat atau kulit dengan tanda-tanda penuaan. Setelah itu, carilah produk moisturizer dengan kandungan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

 

2. Penggunaan Skincare yang Tidak Sesuai Urutan

Moisturizer perlu digunakan saat belakangan.
Penggunaan yang Tidak Sesuai Urutan/freepik.com    

Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari skincare yang digunakan, maka juga penting bagimu untuk mengaplikasikan masing-masing produk skincare sesuai urutan. 

Mulailah dari tahapan yang paling ringan dan cair seperti toner hingga yang berat seperti moisturizer. Penggunaan moisturizer dilakukan di akhir karena akan lebih bekerja saat kulit dalam keadaan lembap. 

 

3. Moisturizer Tanpa Kandungan SPF

Gunakan moisturizer yang mengandung SPF di siang hari.
Moisturizer Tanpa Kandungan SPF/freepik.com     

Tak boleh diabaikan juga, bahwa kamu perlu menggunakan moisturizer yang mengandung SPF di pagi hari. Hal ini penting agar kulit dapat terhindar dari pengaruh buruk sinar ultraviolet 

Setelah itu, baru gunakan sunscreen, agar dapat melindungi kulitmu lebih maksimal lagi. 

 

4. Memakai Moisturizer di Kulit Kering

Pakailah moisturizer pada kulit yang lembap.
Memakai Moisturizer di Kulit Kering/freepik.com 

Perlu diketahui, bahwa moisturizer akan mampu meresap dengan baik pada kulit yang lembap. Jadi, memakai moisturizer pada kulit yang dalam kering tentu saja tindakan yang tidak tepat, lho. 

Jadi, setelah mandi, mencuci muka atau setelah cleansing dan toning, maka langsung gunakan moisturizer.

 

5. Menggosok Moisturizer Terlalu Keras

Menggosok moisturizer terlalu keras, tidak baik pada kulit.
Menggosok Moisturizer Terlalu Keras/freepik.com 

Salah satu kesalahan dalam pemakaian moisturizer adalah menggosok atau memijatnya terlalu keras pada kulit. Padahal hal ini bisa membuat skin barrier menjadi lemah.

Karena itu, saat penggunaan moisturizer, cobalah untuk memijatnya dengan lembut. Karena hal tersebut dapat membantu penyerapan produk dan sekaligus  melancarkan sirkulasi darah.

 

6. Menggunakan Krim Siang di Malam Hari

Gunakan masing2 krim pada waktunya masing-masing.
Menggunakan Krim Siang di Malam Hari/freepik.com 

Krim siang dan krim malam masing-masing mempunyai formula yang berbeda. Krim siang ditujukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari dan menghambat produksi minyak. Sedangkan krim malam biasanya berfungsi untuk memperbaiki kerusakan kulit karena polusi setelah beraktivitas seharian dan melawan tanda-tanda penuaan.

Karena perbedaan kandungan dan fungsi masing-masing, maka sangat tidak tepat jika kamu menggunakan krim siang untuk malam hari. Karena hal ini juga bisa berdampak buruk pada kulit, lho!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id