sign up SIGN UP

MAKE-UP

7 Kesalahan Membersihkan Makeup di Area Mata yang Bisa Sebabkan Iritasi

Dian Purnamasari | Senin, 28 Jun 2021 08:30 WIB
7 Kesalahan Membersihkan Makeup di Area Mata yang Bisa Sebabkan Iritasi
caption

Kesalahan membersihkan makeup di area mata memang dapat membuat matamu iritasi. Hal ini dikarenakan, area mata memiliki lapisan kulit yang paling tipis dan sangat sensitif. 

Karena area mata sangat sensitif, untuk itu perlu perlakuan khusus saat membersihkan makeup mata. Apalagi bahan-bahan kimia yang ada pada makeup mata, akan menimbulkan dampak buruk jika tidak dibersihkan dengan benar.

Agar kamu tetap bisa memakai makeup mata tanpa khawatir matamu iritasi, ketahui kesalahan membersihkan makeup mata berikut ini, yuk:

1. Tidak Menggunakan Makeup Remover Khusus Mata

kesalahan tidak pakai makeup khusus mata
Kesalahan tidak pakai makeup khusus mata/Source: freepik.com

Ada banyak jenis makeup remover yang dijual di pasaran. Meskipun sama-sama makeup remover, tapi ternyata makeup remover untuk wajah dan mata itu berbeda, lho. Selain memiliki formula yang dapat membersihkan makeup waterproof, makeup remover khusus mata juga memiliki kandungan yang lebih lembut untuk area mata, sehingga tidak membuat matamu iritasi. Yuk, sediakan secara khusus makeup remover untuk mata mulai hari ini, Ladies.

2. Menggosok Terlalu Keras

Kesalahan menggosok terlalu keras
Kesalahan: menggosok terlalu keras/Source: pexels.com

Terkadang membersihkan makeup di area mata memang sedikit mengesalkan, karena biasanya merupakan makeup waterproof, jadi membersihkannya sedikit sulit. Tapi bukan berarti kamu bisa menggosoknya dengan keras ya! Karena kulit area mata merupakan lapisan kulit yang paling tipis, maka jika kamu menggosoknya terlalu keras akan membuat area mata iritasi dan mudah berkeriput.

Untuk itu, kembali lagi, pentingnya kamu menggunakan makeup remover untuk mata. Karena makeup remover untuk mata sudah diformulasi untuk makeup waterproof, jadi kamu tidak perlu menggosoknya terlalu keras saat membersihkan makeup mata.

3. Terburu-Buru

Kesalahan karena terburu-buru
Kesalahan membersihkan makeup area mata: karena terburu-buru/Source: pexels.com

Sudah menggosoknya terlalu keras lalu terburu-buru pula, jangan lakukan hal itu mulai sekarang ya, Ladies! Cara terbaik saat kamu membersihkan makeup pada area mata ialah, dengan menempelkan kapas yang sudah diteteskan eye makeup remover pada kelopak mata selama beberapa detik, lalu kemudian usap lembut. Eye makeup remover yang diformulasikan untuk makeup waterproof akan menyerap dan meluruhkan makeup matamu.

4. Gerakan yang Salah

Kesalahan gerakan yang salah
Kesalahan gerakan yang salah saat membersihkan area mata/Source: pexels.com

Gerakan saat membersihkan makeup mata juga perlu diperhatikan, karena hal ini juga dapat membuat area mata iritasi, bulu mata rontok, dan kulit menjadi mudah berkeriput. Sebaiknya saat membersihkan makeup area mata menggunakan gerakan satu arah. Bersihkan makeup area mata dari arah inner corner ke arah luar, dan bersihkan maskara dari gerakan atas ke bawah.

5. Tidak Membersihkan Alis

Kesalahan tidak membersihkan alis
Kesalahan membersihkan makeup area mata: tidak membersihkan alis/Source: pexels.com

Jika bicara tentang membersihkan makeup mata, maka jangan lupakan alis. Kamu juga harus membersihkan alismu dari produk makeup area mata, karena biasanya produk untuk alis seperti brow pencil, brow pomade, atau brow gel bersifat wax-based yang akan melekat pada alis. Nah, produk dengan wax-based dapat dibersihkan dengan oil-based eye makeup remover.

6. Tidak Membilas Kembali Eye Makeup Remover

Kesalahan tidak membilas eye makeup remover
Kesalahan tidak membilas eye makeup remover/Source: pexels.com

Eye makeup remover biasanya mengandung minyak untuk dapat membersihkan makeup waterproof, oleh karena itu kamu perlu membilasnya kembali dengan pembersih wajah saat kamu mandi atau cuci muka. Karena jika tidak, maka minyak yang terdapat pada eye makeup remover dapat meninggalkan residu yang dapat menyumbat pori-pori atau masuk ke area mata.

7. Langsung Membersihkannya Dengan Facial Wash

Kesalahan langsung membersihkan dengan facial wash
Kesalahan langsung membersihkan dengan facial wash/Source: pexels.com

Ini merupakan kesalahan terbesar dalam membersihkan makeup, bukan hanya makeup pada area mata tapi juga makeup wajah. Perlu kamu ketahui, facial wash hanya berfungsi untuk mencuci wajah, bukan membersihkan secara menyeluruh. Untuk itu, diperlukannya double cleansing agar wajahmu benar-benar bersih.

Sekarang kamu sudah tahu kan, kesalahan apa saja yang harus kamu hindari saat membersihkan makeup pada area mata. Yuk, mulai perbaiki caramu saat membersihkannya, agar tidak terjadi iritasi dan tetap bisa bebas menggunakan makeup mata kapan pun kamu mau, Ladies.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id