sign up SIGN UP

Kiat Cerdas Pilih Skincare yang Sekaligus Menjaga Lingkungan, Bikin Cantik dan Auto Ramah dengan Bumi!

Ika Nur Amalia | Beautynesia
Jumat, 22 Apr 2022 19:45 WIB
Kiat Cerdas Pilih Skincare yang Sekaligus Menjaga Lingkungan, Bikin Cantik dan Auto Ramah dengan Bumi!
caption

Ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Beauties dalam memilih produk skincare. Sebagian besar karena kandungannya, merk, harga ataupun dari kecepatan kerja skincare tersebut di kulit kamu.

Nah, sebagai tambahan, Beauties bisa juga menjadikan packaging dan ramah tidaknya kandungan skincare tersebut pada lingkungan, sebagai pertimbangan.

Mungkin masih sangat sedikit yang menjadikan dua hal tersebut sebagai pertimbangan memilih skincare, tapi demi menjaga kelestarian bumi, sebaiknya kedua hal tadi tidak diabaikan begitu saja Beauties.

Berikut ini beberapa hal yang bisa mulai Beauties perhatikan saat memilih skincare yang lebih ramah lingkungan, simak baik-baik yuk!

1) Pastikan Kemasan Skincare Ramah Lingkungan

simbol daur ulang
Salah satu simbol daur ulang /Foto: Ready Made/Pexels

Sadar atau nggak, Beauties juga jadi salah satu penyumbang menumpuknya sampah berupa kemasan skincare loh! Itu karena sebagian besar skincare yang beredar di Indonesia menggunakan plastik atau kaca sebagai kemasannya. Lalu bagaimana sih caranya selektif memilih skincare dengan kemasan yang eco-friendly?

Merujuk informasi yang dilansir pada laman Today, saat memilih skincare, Beauties perlu mencari tahu apakah kemasan produknya dapat didaur ulang atau tidak. Beauties juga bisa mengetahuinya dari label yang tertera pada kemasan produk.

Karenanya, pastikan terdapat label yang menunjukkan kemasan dapat didaur ulang ya Beauties!

2) Kandungan Bahannya Aman Bagi Kulit dan Lingkungan

Cepat lambatnya kerja skincare biasanya menjadi pertimbangan utama dalam membelinya.

Meski begitu, bukan berarti faktor keamanan kandungan pada produk boleh diabaikan. Justru aman tidaknya kandungan produk sebaiknya menjadi perhatian utama dalam memilih skincare.

Kandungan bahan alami pada skincar
Kandungan bahan alami pada skincare /Foto: Kerdkano/Pixabay

Beauties bisa memilih skincare yang lebih mengutamakan bahan alami dan yang tidak mengandung bahan mencemari lingkungan. Karena bukan cuma akan berdampak bagi kulit, tetapi bahan-bahan tersebut juga bisa berdampak pada lingkungan.

Seperti halnya yang dilansir pada laman Eco BNB, ketika kita memakai produk sintetis dan kimia, maka itu bisa mencemari udara dan air. Selain itu, terdapat beberapa penelitian bahwa ada bahan yang terkandung pada sunscreen, yang ternyata bisa merusak terumbu karang.

3) Tidak Melalui Uji Coba pada Hewan

Skincare yang menggunakan hewan sebagai subjek uji cobanya, telah banyak dilarang di banyak negara. Adapun percobaan tersebut bisa berdampak buruk bagi hewan uji loh, Beauties!

Selain itu, produk cruelty free juga diketahui akan lebih sedikit menggunakan bahan kimia, yang mana ini akan lebih ramah bagi bumi. Demikian dikutip dari laman Bio Friendly Planet.

Label pada skincare
Beberapa label pada skincare /Foto: Twitter BEM UNDIP

Beauties bisa mengenalinya dengan memerhatikan label pada kemasan produk. Misalnya saja, sesuai yang dilansir pada laman Ethical Elephant, jika terdapat label Cruelty Free, Not Tested on Animal, The PETA Bunny, atau The Leaping Bunny, artinya produk skincare tersebut nggak diujikan pada hewan, Beauties.

Selanjutnya jika pada kemasan produk tertera label Vegan, Vegetarian Society Approved atau Certified Vegan, merujuk pada laman Treehugger, artinya produk tersebut tidak menggunakan bahan hewani dalam proses pembuatannya.

4) Produknya Berbasis Extended Producer Responsibility (EPR)

Beauty Bin Produk Emina
Beauty Bin Produk Emina /Foto: Twitter Ce Bian

Sesuai dengan yang dilansir pada laman Pack World, produk yang menerapkan EPR menunjukkan bahwa produsen skincare tersebut akan bertanggung jawab terhadap produk yang dibuat hingga menjadi sampah. Biasanya produk tersebut berkomitmen untuk mendaur ulang kemasan produk dan menerapkan program pengembalian kemasan kosong produknya.

Well, itu tadi beberapa hal yang bisa Beauties tambahkan untuk jadi pertimbangan dalam memilih skincare. Dengan membeli produk-produk yang mendukung lingkungan, Beauties bisa membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id