STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Bukan Hapus Email, Ini 3 Langkah Kecil yang Bisa Menyelamatkan Bumi! Lakukan Mulai Detik Ini!

Cica Rahmania | Beautynesia
Jumat, 22 Apr 2022 13:45 WIB
Bukan Hapus Email, Ini 3 Langkah Kecil yang Bisa Menyelamatkan Bumi! Lakukan Mulai Detik Ini!

Selamat Hari Bumi, Beauties. Dirayakan setiap tahun, rupanya tak lantas membuat permasalahan lingkungan selesai satu per satu. Hingga saat ini, isu penyelamatan Bumi masih terus disuarakan oleh berbagai pihak. Sebut saja perubahan iklim dan sampah laut.

Bukan hanya terjadi di satu negara atau wilayah saja, permasalahan lingkungan juga terjadi di hampir seluruh negara di dunia. Dengan kata lain, masalah ini bukan tanggung jawab segelintir orang, melainkan seluruh penduduk Bumi.

Selain itu, untuk mengatasinya, tidak cukup dalam kurun waktu tertentu, melainkan butuh waktu seumur hidup untuk menuntaskan serta melestarikannya sebagai gaya hidup. Bahkan dengan cara-cara yang sederhana di kehidupan sehari-hari.

Hari BumiIlustrasi penyelamatan Bumi. / Foto: Freepik/jcomp

Seperti tiga langkah bijak yang direkomendasikan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) melalui website-nya. Apa saja tiga langkah kecil bijak yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan Bumi?

Bijak Bertransportasi

Kamu bertanggung jawab pada setiap hal yang kamu pilih. Termasuk ketika kamu memilih transportasi pergi ke suatu tempat. WWF menyarankan, untuk mengurangi dampak lingkungan adalah dengan bepergian secara bertanggung jawab. Dengan kata lain, kamu bisa berjalan kaki atau bersepeda kalau kamu bisa.

Ilustrasi wanita korea jalan kaki/Pinterest.com/r o s i eIlustrasi jalan kaki. (Foto: Pinterest.com/r o s i e)

FYI, di Inggris, transportasi merupakan penyumbang paling polusi. Mereka meninggalkan jejak karbon yang besar dan nyata. Lebih lanjut, satu penerbangan jarak pendek dapat menyumbang 10% dari emisi karbon tahunan. Jadi, carilah alternatif transportasi yang lebih ramah, seperti yang telah disebutkan di atas.

Bijak Mengonsumsi Makanan

Tahukah kamu? Produksi makanan adalah pendorong utama kepunahan satwa liar. Pasalnya, makanan kita menyumbang sekitar seperempat dari emisi gas rumah kaca global. Selain itu, makanan juga berkontribusi dalam hilangnya 60% keanekaragaman hayati global.

Ya, peternakan hewan yang menghasilkan daging dan susu membutuhkan ruang dan pasokan air serta pakan yang sangat besar. Untuk memenuhinya, dibutuhkan perluasan lahan pertanian untuk produksi pakan ternak, seperti kedelai, yang menghilangkan lahan hutan semakin luas dari waktu ke waktu.

Veganuary, diet vegan khusus di bulan JanuariIlustrasi vegan. (Foto: Pexels.com/Jill Wellington) 

Memproduksi daging juga menghasilkan jauh lebih banyak karbon dioksida daripada tanaman seperti sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Jadi, cobalah beralih ke pola makan nabati yang lebih dapat menurunkan dampak lingkungan, seperti vegetarian dan vegan, kata WWF.

Kurangi Sampah

Manusia adalah penghasil sampah terbesar di muka Bumi. Bagaimana tidak? Pasalnya, hampir semua barang yang digunakan manusia akan berakhir menjadi sampah. Entah karena itu rusak atau ampas dari barang yang mereka pakai.

Belanja online mengakibatkan banyak sampah plastik bertumpukIlustrasi sampah belanja online. (Foto: pexels.com/Nataliya Vaitkevich)/

Menurut WWF, dampak sampah plastik di lautan semakin jelas dan berdampak drastis pada kehidupan laut. Kamu bisa mengambil langkah mendaur ulang apa yang kamu bisa daur untuk mengurangi jumlah material baru.

Selain itu, daur ulang juga menjadi membangkitkan kreativitas untuk membuat barang lama menjadi baru dan berharga. Mungkin kamu bisa memulainya dengan kaleng bekas sebagai pot tanaman, mendaur ulang pakaian-pakaian lama dengan menambahkan aksesoris, dan masih banyak lagi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE