sign up SIGN UP

Cara Sederhana dan Jitu untuk Mendapatkan Kulit Wajah Cerah, Pakai Bahan Alami di Rumah!

Ivana Christy Tampubolon | Beautynesia
Minggu, 13 Mar 2022 14:00 WIB
Cara Sederhana dan Jitu untuk Mendapatkan Kulit Wajah Cerah, Pakai Bahan Alami di Rumah!
caption

Wajah cerah adalah salah satu impian banyak perempuan. Buktinya, banyak klinik yang menawarkan perawatan mahal yang menjanjikan wajah cerah.

Tapi, tahukah Beauties kalau perawatan dan skincare yang mahal bukan satu-satunya jalan untuk punya wajah cerah. Ada dua cara yang lebih alami, murah, dan tak kalah sehat untuk mencerahkan wajah kamu. Yakni, lewat apa yang kamu makan atau minum dan lewat masker wajah atau tubuh.

Apa saja? Kepoin di bawah ini yuk Beauties!

Lewat Apa Yang Kamu Makan atau Minum

Makanan dan minuman yang sehat jadi salah satu faktor kita bisa punya wajah yang cerah. Tapi makanan dan minuman yang sehat bukan berarti rasanya harus yang nggak enak ya Beauties.

Dilansir dari detikFood, menurut dr. Richard Lee, makanan atau minuman ini bisa bikin wajah kamu cerah dan rasanya tetap enak.

1. Susu Kedelai

Susu Kedelai Bisa Mencerahkan Wajah Dengan Rasa Yang Enak/Foto : instagram.com/@vsoyworldindonesia
Susu Kedelai Bisa Mencerahkan Wajah Dengan Rasa Yang Enak/Foto : instagram.com/@vsoyworldindonesia

Kok bisa susu kedelai bikin wajah cerah? Ini ada kaitannya dengan hormon yang dimiliki perempuan, yaitu estrogen. Dr. Richard Lee menjelaskan “Kalau hormon estrogennya tinggi pada perempuan, itu punya kulit yang lebih halus, lebih mulus,” katanya. 

Susu kedelai punya kandungan fitoestrogen yang merupakan turunan estrogen. Jadi, kalau kamu teratur minum susu kedelai, kandungan ini membantu meningkatkan hormon estrogen kamu. Jadinya, misi punya wajah cerah bisa kesampaian deh. 

Walau dipercaya bisa mencerahkan, tapi ada baiknya mengonsumsi dengan cukup dan tidak berlebihan ya!

2. Biji Bunga Matahari

Jangan Remehkan Kwaci Karena Bisa Cerahkan Wajah/Foto : pinterest.com/@tokopedia
Jangan Remehkan Kwaci Karena Bisa Cerahkan Wajah/Foto : pinterest.com/@tokopedia

Biji bunga matahari atau yang paling sering disebut kwaci. Cemilan yang satu ini ternyata kaya akan selenium dan vitamin E. Apa hubungannya sama bikin wajah cerah?

Salah satu zat aktif pencerah wajah adalah glutation. Menurut dr. Richard, glutation hanya diproduksi oleh tubuh. Tidak ada makanan yang langsung mengandung glutation.

Nah, selenium dan vitamin E dalam biji bunga matahari merupakan pendorong terbentuknya glutation. dr. Richard Lee juga berpendapat “Jadi kalau kita makan makanan ini, glutation akan terproduksi sempurna,” jelasnya.

Wah, lumayan nih Beauties, bisa santai nonton Netflix sambil ngemilin kwaci. Udah enak, bisa bantu cerahin wajah juga kan?

Lewat Masker Wajah

Sudah jadi rahasia umum kalau maskeran juga bisa bantu wajah kita jadi lebih cerah. Kalau kamu ragu menggunakan masker yang dijual di luaran, gunakan bahan yang ada di sekitar kita.

Dilansir dari CNN Indonesia, kamu bisa manfaatin 3 bahan alami ini menjadi masker pencerah wajah.

1. Pepaya

Tinggi Vitamin A, Pepaya Bisa Angkat Sel Kulit Mati/Foto : pexels.com/alleksana
Tinggi Vitamin A, Pepaya Bisa Angkat Sel Kulit Mati/Foto : pexels.com/alleksana

Pepaya tak hanya bisa melancarkan pencernaan, tapi juga mencerahkan wajah. Kandungan zat karoten dan vitamin A pada pepaya bantu mengangkat sel kulit mati yang jadi penghambat kita punya wajah cerah. Beauties bisa bikin masker pepaya menggunakan pepaya yang dihaluskan dan dicampur dengan sedikit madu.

Untuk tubuh, kamu bisa coba sabun mandi organik dan lotion berbahan dasar pepaya. Sudah banyak dijual di e-commerce dan harganya pun terjangkau.

2. Mentimun

Masker Mentimun + Gel Lidah Buaya Mempan Cerahkan Wajah/Foto : pinterest.com/@gi365
Masker Mentimun + Gel Lidah Buaya Mempan Cerahkan Wajah/Foto : pinterest.com/@gi365

Bahan yang sering dijadikan lalapan ini bisa juga jadi masker pencerah wajah. Mentimun punya kandungan Cucurbicatin D yang bisa mengurangi sitesis melanin, atau bahasa awamnya hiperpegmentasi yang bikin kulit kita jadi kusam.

Zat ini juga punya kemampuan membalikkan hiperpigmentasi. Beauties cukup iris mentimun secukupnya dan dicampur dengan lidah buaya. Oleskan campuran pada wajah kamu dan biarkan 15 – 20 menit.

3. Kentang

Kentang Tak Hanya Enak Dimakan, Tapi Cerahkan Wajah Juga/Foto : pinterest.com/@boldsky
Kentang Tak Hanya Enak Dimakan, Tapi Cerahkan Wajah Juga/Foto : pinterest.com/@boldsky

Bahan alami yang satu bisa jadi pencerah wajah selain enak dimakan. Tinggi vitamin C bikin kentang bisa mencerahkan warna kulit yang tidak merata seperti di bawah mata.

Antioksidan di dalamnya pun berfungsi menjadi pencerah wajah dan mengangkat sel kulit mati. Kandungan sulfur, kalium, dan fosfor berfungsi merawat kesehatan kulit.

Caranya juga mudah. Beauties cukup haluskan kentang secukupnya dan dicampur dengan madu hingga menjadi pasta. Opsi lain, bisa juga dicampur dengan kunyit atau yoghurt yang plain.

Yang perlu diingat, setiap warna kulit itu cantik ya Beauties. Mencerahkan beda dengan memutihkan wajah. Mencerahkan wajah berarti kita merawat kesehatan kulit wajah kita. Tak kalah penting juga, Beauties harus ingat minum air putih yang cukup. Selamat mencoba Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id