sign up SIGN UP

Kiat Mencegah Kerontokan Sehingga Rambut Senantiasa Sehat dan Tebal

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Senin, 25 Jul 2022 09:30 WIB
Kiat Mencegah Kerontokan Sehingga Rambut Senantiasa Sehat dan Tebal
caption

Masalah rambut rontok memang sangatlah menyebalkan dan mengganggu. Membuat rambut di kepala terlihat tipis, tidak mengembang dan kurang menarik. Selain itu juga, rontokan rambutnya membuat lantai kotor karena tersebar di mana-mana. 

Mengutip dari web Cleveland Clinic penyebab rambut rontok bisa karena terlalu sering  hair styling, kekurangan vitamin, diet ekstrim, atau perawatan rambut yang berlebihan. Untuk mencegah kerontokan rambut ini dia hal yang bisa dilakukan, Beauties!

1. Kelola Stres

Wanita sedang berjalan mencari angin segar
Kelola stres untuk mencegah kerontokan rambut/ Foto: unsplash/ Emma Simpson

“Saya merekomendasikan untuk pasien yang mengalami semua jenis kerontokan rambut untuk meminimalkan stres dengan berolahraga, cukup tidur, dan berlatih perawatan diri dengan kegiatan seperti meditasi atau yoga,” kata ahli dermatologis Brooke Jeffy, MD dikutip dari laman Webmd.  

Stres yang dialami seseorang membuat peradangan terjadi pada folikel rambut. Dengan pengelolaan stres yang baik, rambut bisa tumbuh secara normal dan peradangan pada folikel pun menghilang.

2. Memijat Kulit Kepala

Wanita sedang creambath
Mencuci rambut agar rambut menjadi bersih dan sehat/ Foto: freepik/ Prostooleh

Menurut Medical News Today bahwa memijat kulit kepala bisa mencegah kerontokan pada rambut sekaligus menghilangkan ketombe. Dengan memijat bagian kulit kepala bisa membuat aliran darah lancar dan tersampaikan dengan sempurna ke folikel rambut.

Memijat kepala juga membantu untuk membuat rileks dan mengurangi tingkat stres, Beauties. Yang mana hal itu adalah salah satu faktor penyebab rambut rontok.

3. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Protein dan Vitamin

Makanan tinggi protein
Makan makanan sehat agar rambut sehat dan cegah kerontokan/ Foto: unsplash/ Sam Moghadam Khamseh

Selain perawatan dari luar ternyata perawatan dari dalam, yaitu makanan juga berpengaruh untuk mencegah rambut rontok. Menurut ahli dermatologi Wilma Bergfeld, MD dikutip dari laman Cleveland Clinic untuk mencegah rambut rontok, bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki protein tinggi dan juga vitamin.

Disarankan untuk mengkonsumsi protein sebanyak 40-60 gram sehari. Selain itu penuhi pula kebutuhan vitamin harian dan memakan-makanan yang sehat.

4. Rajin Keramas

wanita sedang keramas
Mencuci rambut/ Foto: unsplash/ Erick Larregui

Keramas atau mencuci rambut bisa menghilangkan kotoran-kotoran pada rambut. Menurut Healthline untuk mencegah kerontokan rambut pilihlah sampo dengan kandungan formula yang ringan dan tidak membuat rambut kering.

Kalau rambutmu mulai rontok, sebaiknya, gunakan sampo khusus rambut rontok yang memiliki formula yang dibutuhkan untuk itu. 

Itulah dia 4 cara mencegah rambut rontok dan membuat rambut tebal dan enak untuk dipandang. Selamat mencoba, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id