sign up SIGN UP

Trik Menjaga Kesehatan Rambut untuk Kamu yang Hobi Gonta-ganti Warna Rambut

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Minggu, 17 Jul 2022 10:30 WIB
Trik Menjaga Kesehatan Rambut untuk Kamu yang Hobi Gonta-ganti Warna Rambut
caption

Mengganti warna rambut memang menyenangkan. Dengan mengganti warna rambut bukan hanya mengubah penampilan menjadi lebih cantik, akan tetapi juga bisa mengubah mood lho, Beauties. Sama seperti potong rambut saat sedang stres dan atau karena bosan dengan penampilan. Mewarnai rambut juga bisa menjadi cara lain bagi yang tidak ingin memotong rambut.

Namun banyak yang khawatir karena dengan mewarnai rambut bisa membuat rambut rusak. Entah rambut menjadi tipis, mudah rontok, bercabang, gampang kasar dan lepek atau masalah-masalah lainnya. 

Tenang saja dan jangan khawatir, Beauties bisa lakukan tips dan trik ini untuk menjaga rambut tetap sehat. Sehingga, Beauties bisa gonta-ganti warna sesuka hati tapi rambut tetap sehat dan kuat.

1. Rapikan Bagian Ujung Rambut

Orang yang sedang mewarnai rambut
Tips Rambut Sehat/ Foto: Freepik.com/ freepik

Setelah melakukan proses pewarnaan rambut cobalah untuk memotong bagian ujung rambutnya guna menghindari percabangan. Dikutip dari Healthfully, setelah pewarnaan juga disarankan untuk rutin memotong rambut setiap 6 atau 8 minggu.

Hal ini dilakukan agar rambut bisa tumbuh kembali dengan sehat. Tidak perlu memotongnya terlalu pendek, hanya pastikan bagian ujung-ujung rambut yang terlihat kering dan tidak sehat untuk dipotong.  

2. Jangan Sering Terkena Panas

Orang sedang mengeringkan rambut dengan hair dryer
(Tips Rambut Sehat/ Foto: unsplash.com/ adamwinger)

Selanjutnya, rambut tidak boleh terlalu sering terkena panas. Jika ingin mengeringkan rambut gunakanlah hair dryer dengan pengaturan yang tidak terlalu panas. Karena, jika rambut yang diwarnai sering terkena panas akan menyebabkan kering dan bisa membuat rambut rapuh.

3. Pastikan Melakukan Deep Conditioning pada Rambut

Wanita tersenyum
Tips Rambut Sehat/ Foto: Freepik.com/ nakaridore

Menurut penata rambut Brendnetta Ashley kepada InStyle, bagi orang-orang yang mewarnai rambutnya, lakukanlah deep conditioning setidaknya 2 kali dalam sebulan. 

Deep conditioning berarti proses untuk menutrisi rambut dengan produk kondisioner khusus selama 20 hingga 30 menit. Ini dilakukan untuk mengembalikan dan menjaga kelembapan rambut.

4. Gunakan Sampo dan Conditioner Khusus

Wanita tersenyum
Tips Rambut Sehat/ Foto: Freepik.com/ haritanita

Tentu saja kerusakan rambut yang diwarnai dengan pewarna kimia dan kerusakan rambut alami berbeda. Jadi pastikan rambut Beauties yang telah diwarnai mendapatkan nutrisi yang sesuai. Dengan cara menggunakan sampo dan conditioner khusus untuk rambut yang diwarnai. 

5. Beri Jarak Waktu Jika Ingin Ganti Warna Rambut Lagi

Wanita berambut biru
Tips Rambut Sehat/ Foto: Unsplash.com/ Toa Heftiba

Terakhir untuk yang termasuk hobi gonta-ganti warna rambut harap memberi jarak waktu dari pergantian warna terakhir ke yang baru. Berilah jarak waktu minimal 3 bulan sebelum mewarnai rambut dengan warna baru. Ini dilakukan untuk meminimalisir dan menghindari kerusakan rambut parah.

Itu dia Beauties tips dan trik yang bisa digunakan untuk mencegah rambut setelah mewarnainya. Dianjurkan untuk memberi perawatan dan perhatian yang lebih jika rambut habis diwarnai, supaya rambut tetap cantik dan sehat.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id