sign up SIGN UP

Manfaat Minyak Zaitun untuk Merawat Rambut yang Wajib Kamu Tahu

Annisa Helby | Beautynesia
Rabu, 21 Sep 2022 07:15 WIB
Manfaat Minyak Zaitun untuk Merawat Rambut yang Wajib Kamu Tahu
Ilutrasi minyak zaitun/ Foto: freepik.com/Racool_studio
Jakarta -

Perawatan menggunakan produk berbahan alami, memiliki kaya manfaat bagi tubuh. Beauties, kira – kira sudah tau belum dengan menggunakan bahan alami yang satu ini? Ternyata, minyak zaitun memiliki manfaat untuk perawatan rambut, lho!

Tanpa perlu menguras waktu dan tenaga, bahan alami ini sangat praktis digunakan. Cocok banget bagi kamu yang ingin merawat keindahan serta menjaga kesehatan rambut. Yuk mengenal manfaat minyak zaitun lebih mendalam!

Mengenal Minyak Zaitun

Ilustrasi Minyak Zaitun
Ragam khasiat minyak zaitun sebagai perawatan rambut / Foto: pexels.com/Pixabay

Dilansir dari Insider, minyak zaitun sangat baik untuk merawat rambut karena memiliki kandungan untuk melembapkan seperti oleic acid dan squalene. Tidak heran minyak zaitun juga kerap dijadikan sebagai kondisioner.

Sudah dikenal sejak lama, dengan kandungan vitamin dan mineral pada minyak zaitun sebagai bahan alami perawatan rambut. Pasalnya, minyak zaitun dengan ekstrak zaitun ini bersifat melembapkan, sehingga baik digunakan pada rambut.

Lantas, apa saja sih ragam manfaat dari minyak zaitun ini?

Menjaga Kelembapkan Rambut

Ilustrasi perawatan rambut dengan minyak zaitun
Ilustrasi perawatan rambut dengan minyak zaitun/ Foto: freepik.com/valuavitaly

Yang pertama, manfaat minyak zaitun ialah dapat membantu menjaga kelembapan rambut. Penelitian dari Internasional Journal of Trichology menyebutkan bahwa minyak berperan penting dalam menjaga rambut dari kerusakan.

Hal ini mungkin dikarenakan, beberapa minyak terutama minyak zaitun dapat terserap sampai batang rambut, sehingga mengurangi risiko rambut mengembang.

Bila rambut tidak terlalu mengembang, setiap helaiannya tidak akan menyusut dan mengurangi pada tekanan yang disebabkan oleh rambut. Dengan begitu, kulit kepala terhindar dari kerusakan.

Minyak zaitun dapat digunakan pada setiap jenis rambut, terutama jenis rambut kering. Pemilik jenis rambut kering, dapat menggunakan minyak zaitun untuk menjaga kelembapan kulit kepala agar tidak cepat kering dan terkelupas.

Menambah Kilau Alami Rambut

Bahan alami yang satu ini juga berguna untuk menambah kilau alami rambut. Dengan kandungan vitamin A dan antioksidan pada minyak zaitun berperan melindungi keratin rambut dan menjaga kelembapannya.

Sehingga, minyak zaitun dapat mengurangi penumpukan sebum (minyak alami) yang menghambat pertumbuhan folikel dan rambut. Hal ini membuat rambut menjadi berkilau karena pertumbuhan rambut baru.

Selain itu, kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalene pada minyak zaitun juga berguna membantu rambut lebih sehat dan lembut.

Membantu Mengurangi Ketombe

Ilustrasi rambut berketombe
Ilustrasi rambut berketombe/ Foto: freepik.com

Tingkat kelembapan yang seimbang pada kulit kepala mengurangi jumlah kulit yang terkelupas yang menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Meski bukan obat ketombe, minyak zaitun setidaknya membantu mengurangi ketombe, Beauties.

Minyak zaitun menawarkan manfaat yang banyak bagi kesehatan rambut. Namun, perlu diingat juga bahwa tidak semua masalah rambut bisa diatasi hanya dengan minyak zaitun. Sehingga, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk melihat tingkat efektivitas dari bahan alami ini sebagai perawatan rambut.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari minyak zaitun untuk merawat rambut. Tertarik mencoba bahan alami yang satu ini, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id