STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Masih 'Pelihara' Kutu Rambut yang Bikin Ganggu? Ini 5 Cara Ampuh untuk Membasminya!

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Rabu, 26 Oct 2022 17:30 WIB
Masih 'Pelihara' Kutu Rambut yang Bikin Ganggu? Ini 5 Cara Ampuh untuk Membasminya!

Setiap orang memiliki beragam masalah tersendiri pada rambutnya, seperti kutu rambut. Selain membuat terus-terusan gatal, adanya kutu rambut ini bisa membuat pemilik rambut jadi kurang percaya diri.

Sebagai informasi, air liur yang dilepaskan kutu rambut inilah yang membuat seseorang merasa gatal di kulit kepalanya. Keadaan gatal ini membuat pemilik rambut jadi sering menggaruk-garuk kepala. 

Karena itulah, masalah kutu di rambut harus cepat-cepat diatasi. Dilansir dari detikJatim, berikut 5 cara ampuh membasmi kutu rambut. Simak yuk!

1. Menggunakan Obat Kutu Rambut (Peditox)

Cara membasmi kutu rambut dengan menggunakan obat Kutu rambut (peditox)
Obat Kutu Rambut/ Foto: instagram.com/glamour.cosmeticsupplier1 

Yups! Menggunakan obat kutu Peditox merupakan salah satu cara praktis dalam menghilangkan kutu rambut. Kamu bisa membelinya di apotek terdekat. 

Cara menggunakannya, kamu tinggal mengoleskannya dengan rata pada kulit kepala, terutama di bagian rawan kutu seperti belakang telinga atau bagian belakang bawah rambut dekat leher. Setelah itu diamkan terlebih dahulu agar kutu mati.

Kemudian bilas dengan air bersih. Kamu bisa mengulangi pemakaian di hari-hari berikutnya merasa masih ada sisa kutu.

2. Menggunakan Sisir Serit

Sisir serit dapat digunakan untuk mengatasi kutu rambut.
Sisir Serit/ Foto: instagram.com/ayuningcollectionbali 

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan sisir serit untuk membasmi kutu rambut. Hal ini karena sisir serit memiliki rongga yang cukup rapat, sehingga sangat efektif untuk menangkap kutu di rambut.

Agar lebih maksimal, sebaiknya kamu memilih sisir serit yang jaraknya 0.2 mm. Sebelum menggunakannya, basahi rambut terlebih dahulu. Sementara itu, kamu bisa menggunakan sisir serit lebih sering agar kutu di rambut cepat bersih.

3. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat juga membasmi kutu rambut.
Minyak Kelapa/ Foto: pixabay.com/yurish 

Tak hanya bisa membuat rambut menjadi lebih lembut dan sehat karena kandungan vitamin E, minyak kelapa juga dapat kamu gunakan untuk mematikan kutu.

Cara menggunakannya, hangatkan minyak kelapa, lalu oleskan pada kulit kepala. Kemudian pijat kepala dan tutup sampai besok hari. Bilas dengan sampo.

4. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat menghilangkan kutu.
Minyak Zaitun/ Foto: pixabay.com/stevepb 

Kamu juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan kutu rambut. Minyak zaitun tersebut dapat kamu beli di minimarket terdekat. 

Cara menggunakannya, oleskan minyak zaitun secara merata pada kepala yang berkutu. Kemudian tutup kepala dengan shower cup hingga keesokan hari. Sebaiknya, gunakan sisir serit untuk mengangkat telur kutu di rambut.

5. Menggunakan Air Perasan Lemon

Perasan lemon dapat mengatasi kutu rambut.
Lemon/ Foto: pixabay.com/izaqueualves 

Tahukah kamu, ternyata kandungan vitamin C pada lemon dapat menghilangkan kutu rambut, lho! 

Untuk membasmi kutu rambut dengan lemon, kamu cukup memeras lemon lalu menambahkan air. Setelah itu tuangkan cairan tersebut ke kepala yang berkutu. Selanjutnya pijat dan diamkan kurang lebih 30-40 menit. Bilas dengan air hangat. 

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE