sign up SIGN UP

Mengenal 9 Arti Simbol di Bagian Belakang Produk Kecantikan, Ada yang Bisa dan Tidak Bisa Didaur Ulang!

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Sabtu, 04 Jun 2022 16:00 WIB
Mengenal 9 Arti Simbol di Bagian Belakang Produk Kecantikan, Ada yang Bisa dan Tidak Bisa Didaur Ulang!
caption

Setiap kemasan produk yang beredar di pasaran memiliki simbol tersendiri untuk memberitahu kepada konsumen, apakah produk tersebut bisa atau tidak bisa didaur ulang. Begitu pun dengan kemasan pada produk kecantikan.

Dalam industri kecantikan banyak ditemukan laporan terkait kemasan yang diproduksi secara global di mana kemasan tersebut menggunakan tutup yang rumit, kotak berlapis-lapis, dan plastik. Hal inilah yang membuat sampah di dunia semakin meningkat.

Oleh karena itu, dalam rangka mengurangi sampah di dunia, para produsen memutuskan untuk menggunakan kemasan yang ramah lingkungan dengan tujuan bisa didaur ulang. Nah, itulah mengapa di setiap bagian belakang produk kecantikan terdapat simbol produk yang menunjukkan apakah produk tersebut bisa atau tidak bisa didaur ulang.

Merangkum dari Glamour, berikut 9 arti simbol di bagian belakang produk kecantikan yang Beauties harus tahu. Penasaran? Yuk, simak!

Mobius Loop

Simbol Mobius Loop/Foto: Wikimedia Commons
Simbol Mobius Loop/Foto: Wikimedia Commons

Simbol mobius loop memiliki simbol tiga panah hijau yang membentuk segitiga, yang artinya dapat didaur ulang. Terkadang, simbol akan datang dengan persentase di tengah, menandakan berapa banyak yang telah dibuat dari bahan daur ulang.

Plastik

Simbol plastik
Simbol Plastik/Foto: Wikimedia Commons

Simbol tiga panah dalam segitiga memiliki arti dapat didaur ulang. Adapun angka dan huruf bertindak sebagai identifikasi untuk tim daur ulang. Plastik diklasifikasikan ke dalam salah satu dari tujuh kategori, masing-masing kategorinya memiliki bahan yang berbeda, namun masih tetap bisa didaur ulang. Berikut detailnya:

1 = PET, Polyethylene Terephthalate, dan banyak didaur ulang.

2 = HDPE, High-Density Polyethylene, dan juga banyak didaur ulang.

3 = PVC, Polyvinyl Chloride, dan dapat didaur ulang tetapi lebih sulit untuk melakukannya, jadi harus ditanyakan terlebih dahulu kepada otoritas setempat.

4 = LDPE, Low-Density Polyethylene, juga dapat didaur ulang, namun sama dengan PVC, harus ditanyakan terlebih dahulu kepada otoritas setempat.

5 = PP, Polypropylene, keras atau tidak mungkin didaur ulang, jadi cobalah untuk menggunakan kembali atau kalau bisa dihindari. PP digunakan dalamĀ gelas sekali pakai dan beberapa wadah makanan.

6 = PS, Polystyrene atau Styrofoam, keras atau tidak mungkin untuk didaur ulang, jadi cobalah untuk menggunakan kembali atau kalau bisa dihindari. PS digunakan dalam cangkir kopi sekali pakai, sendok garpu plastik, dan busa kemasan.

7 = lainnya. Ini biasanya merupakan campuran dari banyak plastik yang berbeda dan cukup sulit untuk didaur ulang.

Widely Recycled

Simbol Widely Recycled
Simbol Widely Recycled/Foto: dok. Glamour

Jika kamu melihat simbol ini di bagian belakang produk, artinya produk tersebut didaur ulang secara luas (contohnya telah didaur ulang oleh 75 persen atau lebih otoritas lokal di seluruh Inggris Raya).

Financial Contribution

Simbol Financial Contribution
Simbol Financial Contribution/Foto: dok. Glamour

Simbol yang satu ini agak unik, yaitu simbol dengan dua panah hijau yang saling terkait. Itu artinya produsen telah memberikan kontribusi keuangan untuk layanan daur ulang di Eropa dan hal ini bukan berarti produk tersebut dapat didaur ulang.

Tidyman

Simbol tidyman
Simbol Tidyman/Foto: Wikimedia Commons

Simbol tidyman adalah simbol yang menggambarkan bagian dari inisiatif Keep Britain Tidy. Ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan daur ulang, tetapi berfungsi sebagai pengingat untuk membuang limbahmu dengan benar.

Check Locally

Simbol Check Locally
Simbol Check Locally/Foto: dok. Glamour

Panah melingkar putih pada latar belakang hitam memiliki arti dapat didaur ulang oleh 20 persen-75 persen dari wilayah Inggris, jadi sebelum melakukan proses daur ulang ada baiknya untuk memeriksa bersama dengan dewan lokal wilayahmu.

Forest Certified

Simbol Forest Certified
Simbol Forest Certified/Foto: Wikimedia Commons

Forest Stewardship Council (FSC) adalah simbol bahan yang terbuat dari kayu. Di mana kayu tersebut bersumber dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab dan sesuai dengan pedoman independen FSC.

Alumunium

Simbol Alumunium
Simbol Alumunium/Foto: Wikimedia Commons

Simbol alumunium berarti simbol produk yang terbuat dari aluminium yang termasuk foil dan dapat didaur ulang. Ketika menggunakan alumunium pastikan tidak ada remah atau makanan yang tertinggal di kertas timah dan coba gulung alumunium tersebut menjadi bola. Semakin besar bola alumunium, semakin mudah untuk didaur ulang.

Compostable

Simbol Compostable
Simbol Compostable/Foto: dok. Glamour

Daun yang berguguran akan dijadikan kompos. Kamu dapat membuat kompos di rumah dengan memasukkan sampah yang ada di kebunmu. Kamu juga bisa meminta bantuan dari dewan setempat jika tidak memiliki tempat sampah yang dibutuhkan untuk membuat kompos.

Nah, Beauties, itulah tadi 9 arti di bagian belakang produk kecantikan yang bisa dan tidak bisa di daur ulang. Apakah selama ini kamu sudah mengetahuinya?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id