sign up SIGN UP

Mengenal Bleaching Badan Sebagai Upaya Mencerahkan Kulit

Fina Prichilia | Beautynesia
Jumat, 24 Jun 2022 13:45 WIB
Mengenal Bleaching Badan Sebagai Upaya Mencerahkan Kulit
Foto: Getty Images/iStockphoto/paulaphoto
Jakarta -

Biar punya kulit yang senantiasa mulus dan cerah, membuat kita cenderung rela menempuh segala cara. Apakah kamu familiar dengan bleaching badan atau bleaching body?

Didefinisikan sebagai salah satu cara untuk mencerahkan bahkan memutihkan kulit. Mengutip laman NHS UK, skin lightening atau skin bleaching merupakan prosedur kosmetik yang cara kerjanya mengurangi konsentrasi produksi melanin.

Melanin itu sendiri adalah pigmen yang memberi warna pada kulit seseorang dan proteksi terhadap paparan matahari. Jumlah melanin sebagian besar ditentukan oleh genetika lho, Beauties. Jadi, itulah alasan kenapa kulitmu dan keluargamu, mirip.

Teknik utama yang digunakan pada bleaching badan meliputi penggunaan krim, sabun, pil, sampai treatment penggunaan laser, Beauties.

Untuk Kepentingan Kosmetik

Ingin Mencerahkan Kulit Tanpa Suntik Putih? Ini Dia Tips nya./Foto: Freepik.com/JcompIlustrasi kulit cerah. /Foto: Freepik.com/Jcomp/

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kalau prosedur ini lebih kepada kepentingan kosmetika atau berhubungan dengan kecantikan.

Mengutip laman Healthline, tidak ada benefitnya dari sisi kesehatan. Hasilnya pun tidak bisa terjamin dan justru dapat berisiko menyebabkan efek samping dan komplikasi yang serius. Di antaranya kerap dihubungkan dengan keracunan merkuri, dermatitis, jerawat steroid, juga sindrom nefrotik.

Meski tidak ada benefit secara spesifik dari treatment ini dari sisi kesehatan, laman Healthline juga menulis bahwa bisa saja memiliki efek kosmetik yang diharapkan pada kulit, jika digunakan untuk merawat kondisi kulit tertentu. Seperti mengurangi dark spots dan bekas jerawat.

Shot of a doctor showing a patient some information on a digital tabletKonsultasi ke dokter terlebih dulu sebelum melakukan bleaching badan. /iStockphoto/BongkarnThanyakij

Karenanya bila kamu tertarik, NHS UK menyarankan agar kamu mendiskusikannya terlebih dulu dengan dokter. Seseorang dengan riwayat kondisi tertentu, mungkin tidak disarankan untuk menjalani treatment ini.

Itu karena bleaching badan juga merupakan keputusan penting dalam hidupmu lho dan jangan lupa, perawatan ini mungkin membutuhkan biaya yang tak sedikit, waktu yang tidak sebentar, dan hasil yang tidak bisa dijamin.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id