STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Mengenal Efek Samping Blue Light dan 4 Rekomendasi Sunscreen Lokal untuk Melindungi Kulit

Iftifani Sayyida Asausan | Beautynesia
Sabtu, 01 Oct 2022 18:00 WIB
Mengenal Efek Samping Blue Light dan 4 Rekomendasi Sunscreen Lokal untuk Melindungi Kulit

Untuk kamu yang fokus merawat kulit untuk mencegah penuaan, sekarang ini tidak cukup hanya melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB saja. Dikutip dari Everyday Health, sebuah penelitian yang dirilis Oxidative Medicine and Cellular Longevity pada 2015 lalu menemukan hubungan antara blue light dan produksi radikal bebas di kulit yang berkaitan dengan percepatan penuaan.

Apa Itu Blue Light dan Bagaimana Efeknya ke Kulit?

Memahami Efek Samping Blue Light dan Rekomendasi Sunscreen Lokal Untuk Melindungi Kulit
Efek Blue Light Pada Kulit/Foto: pexels.com/Ron Lach

Semua cahaya yang dapat dilihat terdiri dari panjang gelombang cahaya yang berbeda. Menurut UV Davis Health California, blue light atau yang bisa disebut High Energy Visible (HEV) light memiliki panjang gelombang terpendek dan energi tertinggi, sekitar 380 dan 500 nanometer. Sumber alami blue light adalah sinar matahari, tapi LED TV, lampu neon, ponsel, tablet, dan komputer juga memancarkan blue light.

Dokter kulit Dr. Stefanie Williams melalui Bazaar menyatakan bahwa blue light memiliki kemampuan untuk menembus jauh ke dalam kulit dibandingkan dengan sinar UVA dan UVB. Blue light menembus ke lapisan dermis yang merupakan tempat penyimpanan kolagen. Maka kulit bisa kehilangan elastisitas dan dapat menyebabkan pigmentasi.

Dr. Williams juga menambahkan jika terlalu banyak terpapar blue light, dapat membuat kamu lebih sulit tidur. Sebuah penelitian dari Estee Lauder juga menunjukkan paparan blue light saat malam hari dapat membuat sel kulitmu “berpikir” itu masih siang hari. Hal ini mempengaruhi proses regenerasi kulit yang seharusnya dilakukan pada malam hari.

4 Rekomendasi Sunscreen Lokal untuk Melindungi Kulit dari Blue Light

Tidak perlu khawatir ya, Beauties. Ini rekomendasi sunscreen lokal yang bisa kamu coba untuk melindungi kulit dari blue light dengan maksimal. Simak yuk!

1. Nivea Sun Triple Protect Hokkaido Rose SPF50+ PA+++ - Rp90 Ribu

Memahami Efek Samping Blue Light dan Rekomendasi Sunscreen Lokal Untuk Melindungi Kulit
Nivea Sun Triple Protect Hokkaido Rose/Foto: shopee.co.id/nivea.official.store

Sesuai namanya, sunscreen ini mengandung Hokkaido Rose untuk memberikan natural glow pada kulit. Dilengkapi juga dengan akar licorice sebagai antioksidan dan Glycyrrhiza Infata yang melindungi kulit dari blue light. Sunscreen yang masuk kategori chemical sunscreen ini bisa kamu dapatkan secara online dan offline.

2. Base Ultra Matte Natural Sunscreen SPF50 PA+++ Rp 169 ribu

Memahami Efek Samping Blue Light dan Rekomendasi Sunscreen Lokal Untuk Melindungi Kulit
Base Ultra Matte Natural Sunscreen/Foto: base.co.id

Sunscreen dari Base ini masuk dalam kategori hybrid sunscreen, jadi di dalamnya ada kandungan chemical dan physical sunscreen. Dengan hasil akhir matte, sunscreen ini cocok digunakan untuk mengontrol sebum pada kulit berminyak. Di dalamnya terdapat kandungan ekstrak wortel dan ectoin untuk perlindungan dari blue light, sinar UV, dan radikal bebas.

3. Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF50 PA++++ – Rp55 Ribu

Memahami Efek Samping Blue Light dan Rekomendasi Sunscreen Lokal Untuk Melindungi Kulit
Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence/Foto: wardahbeauty.com

Chemical sunscreen dari Wardah ini cocok digunakan semua jenis kulit dan tidak menimbulkan whitecast. Diformulasikan dengan Aquafused Technology yang membuat sunscreen ini dapat membantu menghidrasi kulit. Sunscreen ini menggunakan Broad Spectrum Protection yang 50x lebih optimal menjaga kulit dari sinar UV dan blue light.

4. Glowlabs Physical Sunscreen – Rp109 Ribu

Memahami Efek Samping Blue Light dan Rekomendasi Sunscreen Lokal Untuk Melindungi Kulit
Glowlabs Physical Sunscreen/Foto: instagram.com/glowlabs.id

Berbeda dari yang lain, produk ini masuk ke kategori physical sunscreen. Physical sunscreen membuat lapisan pelindung di kulit yang memantulkan sinar matahari yang akan masuk ke kulit. Di dalamnya terdapat nano titanium dioxide untuk melindungi dari sinar UV dan Blue Oléoactif untuk melindungi dari blue light.

Beauties, itu dia efek samping dari blue light dan rekomendasi sunscreen yang bisa coba kamu pilih. Semoga bermanfaat!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE