sign up SIGN UP

4 Kesalahan Pakai Skincare yang Bikin Wajah Kusam dan Gagal Glowing, Ada yang Masih Kamu Lakukan?

Ivana Christy Tampubolon | Beautynesia
Kamis, 22 Sep 2022 08:00 WIB
4 Kesalahan Pakai Skincare yang Bikin Wajah Kusam dan Gagal Glowing, Ada yang Masih Kamu Lakukan?
caption

Membicarakan wajah glowing, pasti akan kurang klop kalau skincare tak ikut jadi bahasan. Dari tahun ke tahun, untungnya banyak orang yang kini mulai aware tentang pentingnya pakai skincare.

Tapi di balik itu, ada juga mereka yang masih belum benar-benar mengerti cara penggunaan skincare dengan baik. Yang paling sering misalnya, tidak menggunakan sunscreen atau terlalu sering mencuci wajah.

Selain itu, ada hal-hal basic lainnya soal cara pakai skincare yang masih sering salah juga. Coba cek 4 kesalahan ini, siapa tau ternyata kamu nggak sadar melakukannya juga nih, Beauties. Simak yuk!

1. Nggak Kasih Jeda Waktu Saat Layering Skincare

Kasih Jeda Saat Layering Skincare/Foto : pexels.com/cottonbro
Kasih Jeda Saat Layering Skincare/Foto : pexels.com/cottonbro

Masih ada nih Beauties yang bingung berapa lama jeda waktu kalau mau layering skincare atau bahkan tidak memberi jeda waktu sama sekali. Sebenarnya tidak ada patokan pasti harus berapa menit waktunya.

Tapi, sebaiknya kasih waktu sekitar 3 – 7 menit untuk sebuah produk bener-bener terserap di kulit sebelum pakai skincare lainnya. Kalau Beauties pakai semua saat bersamaan, itu sama aja dengan membuang produk.

Dikutip dari Female Daily, kalau kulit masih terlalu basah karena skincare sebelumnya dan langsung ditimpa, skincare selanjutnya bakal cuma jadi “lari-lari” dan nggak menyerap ke kulit. Gagal glowing deh jadinya, Beauties.

2. Pakai Skincare Saat Wajah Kering

Pakai Skincare Tepat Setelah Selesai Mandi/Foto : pexels.com/cottonbro
Pakai Skincare Tepat Setelah Selesai Mandi/Foto : pexels.com/cottonbro

Wajah kering di sini bukan soal kondisi wajah Beauties pada umumnya, tapi bagaimana kondisi wajah tepat saat kamu menggunakan skincare.

Kalau Beauties sudah bersihkan wajah, langsung gunakan skincare ya, jangan mengerjakan yang lain dulu. Kalau abis mandi juga langsung pakai skincare baru get prepared with your clothes.

Dikutip dari Female Daily, kondisi paling optimal untuk kulit menerima kandungan skincare ya pas kulit kita dalam keadaan lembap. Perhatikan juga cara Beauties mengeringkan wajah biar kamu nggak bikin wajah jadi terlalu kering.

3. Nggak Sabaran

Wajib Sabar Pakai Skincare Kalau Nggak Mau Gagal Glowing/Foto : pexels.com/Koolshooters
Wajib Sabar Pakai Skincare Kalau Nggak Mau Gagal Glowing/Foto : pexels.com/Koolshooters

Biasanya ini dilakukan sama orang-orang yang punya ekspektasi ada perubahan yang cepat. Padahal, beda bahan aktif skincare, beda juga lama waktu yang dibutuhkan untuk kelihatan hasilnya di  wajah kamu.

Dilansir dari Female Daily, bahan aktif seperti retinol dan AHA butuh 3 – 6 bulan, BHA butuh 1 – 2minggu, vitamin C butuh 1 bulan, dan Hyaluronic Acid butuh beberapa jam. Eits, ini tuh waktu bekerja bahan aktif skincare secara umum ya, Beauties.

Tetap ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi cepat/lamanya hasil skincare, misal masalah wajah kamu lebih kompleks daripada kekuatan bahan aktif skincare kamu. Atau ternyata kamu salah cara pakai skincare. Intinya, harus sabar dan teliti juga ya, Beauties.

4. Terlalu Cepat Gonta-ganti Skincare

Rehat dari Makeup Bikin Kulit Kayak Kanvas Baru/Foto : pexels.com/Anna Tarazevich
Rehat dari Makeup Bikin Kulit Kayak Kanvas Baru/Foto : pexels.com/Anna Tarazevich

Masih berlanjut dengan yang no 3, ada juga yang karena nggak sabar, jadinya cepat banget gonta-ganti skincare. Kalau Beauties mau ganti skincare caranya bukan langsung berhenti pakai skincare lama dan pakai skincare baru.

Kulit kita perlu dinetralkan dulu. Caranya bisa dengan bertahap mengurangi pemakaian skincare lama. Misalnya, kalau biasanya dipakai setiap hari, bertahap dikurangi jadi 3 kali seminggu sampai akhirnya benar-benar berhenti.

Saat menetralkan kulit, pastikan kamu tetap minum cukup air, makan banyak sayur dan buah, serta gunakan face mist ya biar tetap terjaga kelembapannya. Sebaiknya juga, tetap menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit kamu.

Niat awal kamu merawat wajah dengan skincare memang sudah sangat baik, Beauties. Tapi akan lebih baik lagi kalau kamu juga lebih memperhatikan cara pakai skincaremu biar nggak gagal glowing ya, Beauties!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id