sign up SIGN UP

Mengenal Kandungan Lactic Acid dalam Skincare dan Manfaatnya

Jovita | Beautynesia
Sabtu, 28 Nov 2020 15:30 WIB
Mengenal Kandungan Lactic Acid dalam Skincare dan Manfaatnya
caption

Sebagian wanita pasti sudah tidak asing dengan kandungan acid dalam beberapa produk skincare. Sebab, penggunaan acid dalam skincare bukanlah merupakan hal yang baru lagi. Saat ini, berbagai skincare, baik dari Asia, Barat, bahkan lokal memiliki formulasi produk yang diperkaya dengan berbagai acid untuk mengatasi permasalahan kulit.

Salah satu jenis asam yang umum ditemukan dalam skincare adalah lactic acid. Meskipun sudah menggunakannya, tapi apakah Beautynesian mengetahui apa itu lactic acid dan bagaimana manfaatnya?

Apa itu Kandungan Lactic Acid?

Kandungan Lactic Acid/ Foto: Pexels.com
Kandungan Lactic Acid/ Foto: Pexels.com

Asam laktat atau yang lebih dikenal dengan lactic acid adalah salah satu anggota keluarga AHA (alpha-hydroxy acids) atau asam alfa hidroksi yang terbuat dari susu. Jenis asam ini dapat kamu temukan di dalam produk-produk skincare.

Lactic acid dalam skincare memiliki kemampuan untuk mengeksfoliasi sel kulit mati, yang kemudian dapat memberi jalan untuk sel kulit baru. Dengan begini, kulit akan terlihat lebih cerah, halus, dan sehat.

Salah satu kelebihan lactic acid dibandingkan glycolic acid dan golongan AHA lainnya adalah sifatnya yang lebih ringan. Sehingga kandungan lactic acid ini cenderung aman untuk kamu yang berkulit sensitif.

Jadi, jika selama ini kamu kesulitan mencari produk skincare yang cocok untuk kulitmu, produk dengan kandungan lactid acid bisa jadi solusinya. Tapi supaya lebih aman, kamu tetap perlu konsultasikan ke dokter kulit yang sudah mengerti kondisi kulitmu ya. Karena skincare yang mengandung asam laktat bisa juga mengandung bahan lainnya yang belum tentu cocok dengan kulitmu.

Manfaat lactic acid bagi kulit wajah

Manfaat Lactic Acid/ Foto: Pexels.com
Manfaat Lactic Acid/ Foto: Pexels.com

Setelah mengetahui apa itu lactic acid, kamu juga perlu tahu apa saja manfaat lactic acid bagi kulit wajah. Untuk Beautynesian yang rutin menggunakan skincare yang mengandung jenis asam ini bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut.

1. Mencegah pertumbuhan jerawat

Manfaat lactic acid  juga bisa mencegah pertumbuhan jerawat. Hal ini karena proses eksfoliasi dengan asam laktat dapat menjaga pori-pori kulit tetap bersih. Cara kerjanya adalah dengan mengangkat sel-sel kulit mati dan minyak berlebih, yang merupakan penyebab munculnya jerawat. Nah, dengan begini komedo dan jerawat akan dapat terhindarkan.

2. Mengatasi hiperpigmentasi dan bintik hitam.

Mengatasi Bintik Hitam/ Foto: Pexels.com
Mengatasi Bintik Hitam/ Foto: Pexels.com

Manfaat lactic acid yang selanjutnya adalah untuk mengatasi hiperpigmentasi dan bintik hitam. Keduanya ini adalah tanda-tanda penuaan pada kulit. Hiperpigmentasi adalah kondisi adanya bercak gelap pada kulit akibat produksi melanin yang berlebih. Melanin sendiri merupakan pigmen pewarna yang membuat kulit menjadi gelap, juga salah satu penyebab munculnya bintik hitam pada wajah.

Nah, kandungan lactic acid dalam skincare dapat mengatasi melanin berlebih dan merangsang produksi kolagen. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa formula asam laktat sebesar 5% yang digunakan secara rutin dua kali sehari dapat mengencangkan kulit, lho.

3. Melembapkan kulit

Kandungan lactic acid dalam skincare juga berfungsi untuk melembapkan kulit. Sebagian besar golongan AHA pada skincare memang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan tekstur kulit. Tapi hanya asam laktat yang memiliki ekstra manfaat yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

4. Mencerahkan kulit

Tidak hanya mampu mencerahkan kulit, lactic acid juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam dan mempercepat regenerasi sel. Hal inilah yang membuat kulit kamu jadi lebih cerah setelah pengaplikasian asam laktat pada kulit secara rutin.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id