sign up SIGN UP

PANDUAN PEMULA

Mengenal Metode Patch Test, Langkah Awal Mengecek Kecocokan Skincare

Hijria Khatimi | Kamis, 11 Mar 2021 20:15 WIB
Mengenal Metode Patch Test, Langkah Awal Mengecek Kecocokan Skincare
caption

Rasa penasaran terhadap banyaknya produk-produk skincare baru yang terus bermunculan, membuat para wanita senang mencoba produk-produk baru tersebut. Tetapi, tak jarang produk skincare yang baru pertama kali dicoba ternyata tidak cocok di kulit. Alhasil, timbul efek negatif di kulit seperti alergi, iritasi, hingga breakout.

Untuk mencegah kulit bereaksi negatif, sebaiknya tes dulu kecocokan kulit terhadap skincare baru dengan metode patch test. Apalagi jika produk yang baru dicoba tersebut mengandung bahan aktif yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

Nah, sebenarnya apa sih metode patch test ini? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Metode Patch Test?

Apa Itu Metode Patch Test
Apa Itu Metode Patch Test/freepik.com

Metode patch test adalah cara mengetes kecocokan suatu produk baru dengan mengaplikasikannya ke bagian tubuh yang lembut atau yang jarang terlihat. Contohnya seperti bagian belakang telinga, bagian dalam siku, dan bagian belakang lutut. Cara ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana reaksi kulit terhadap suatu produk baru.

Jika produk tersebut cocok, maka kulit tidak akan mengalami masalah. Namun jika tidak cocok, kamu akan dapat melihat reaksi negatif pada kulit seperti gatal atau kemerahan. Untuk mengetahui reaksinya, biasanya dibutuhkan waktu hingga 24 jam.

Cara Melakukan Metode Patch Test

Melakukan Patch Test
Mengoleskan Skincare/freepik.com

Dalam melakukan metode patch test, pertama-tama tentukan dulu bagian kulit yang akan dioleskan suatu produk. Sebaiknya pilih bagian yang tidak akan membuat kamu merasa tidak nyaman, ya. Karena metode patch test ini akan dilakukan selama 24 jam.

Setelah menentukan bagian kulit mana yang akan dites, bersihkan bagian kulit tersebut dan keringkan. Lalu aplikasikan produk yang ingin kamu tes sedikit saja pada bagian yang telah dibersihkan tadi. Tunggu hingga produk meresap, kemudian tutupi bagian kulit yang telah diaplikasikan produk skincare baru. Kamu bisa menutupinya dengan kapas atau plester.

Setelah selesai, idealnya didiamkan selama 24 jam. Namun jika belum 24 jam sudah terasa reaksi gatal, perih, atau panas yang tidak tertahankan, maka segera lepaskan penutupnya dan cuci bersih bagian kulit yang dites tersebut.

Mengetahui Hasil dari Metode Patch Test

Mengecek Keadaan Kulit
Mengecek Keadaan Kulit/freepik.com

Untuk mengetahui hasil dari metode patch test ini, perhatikan reaksi pada kulit yang telah dioleskan produk baru. Jika kulit cocok dengan produk baru tersebut, seharusnya tidak akan ada masalah ketika penutupnya dibuka.

Namun jika terlihat kemerahan setelah penutup dibuka, jangan terburu-buru, Ladies. Bila kemerahan itu hilang dalam kurun waktu sekitar 1 menit, maka tandanya produk tersebut cocok di kulit kamu. Tetapi bila kemerahan tak kunjung hilang setelah lebih dari 5 menit, atau bahkan ditambah juga dengan rasa perih dan gatal, maka tandanya produk tersebut tidak cocok untuk kulit kamu.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id