STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Mengenal Salicylic Acid, Kandungan Skincare yang Terkenal Ampuh Atasi Jerawat

Bella Refsy Monica | Beautynesia
Senin, 14 Nov 2022 06:00 WIB
Mengenal Salicylic Acid, Kandungan Skincare yang Terkenal Ampuh Atasi Jerawat

Beauties pasti sudah nggak asing lagi dengan salicylic acid, satu kandungan yang cukup populer di dunia skincare dan banyak ditemui di produk-produk exfoliating seperti exfoliating toner dan exfoliating serum.

Selain itu, bahan satu ini juga dikenal sangat efektif untuk mengatasi masalah pori-pori seperti jerawat membandel. Di samping manfaatnya, penting pula untuk diketahui tentang apa sih sebenarnya salicylic acid itu, bagaimana ia bekerja, dan bagaimana penggunaannya dalam produk skincare yang benar.

Dengan begitu, Beauties bisa tahu apakah bahan ini sesuai dan dapat memenuhi kebutuhan kulit wajah atau tidak.

Apa Itu Salicylic Acid?

Potret perempuan memegang serum
Potret perempuan memegang serum/Foto: freepik.com

Dilansir dari Allure, salicylic acid atau asam salisilat merupakan suatu bahan yang berasal dari kulit pohon willow. Dalam produk skincare, terdapat dua kelompok acid yang sering kita temui, yaitu alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA).

Salicylic acid sendiri merupakan beta hydroxy acid (BHA) yang dapat larut dalam minyak, sehingga memungkinkan untuk menembus minyak yang memenuhi pori-pori dan masuk hingga ke dalam untuk membersihkan minyak, sel-sel kulit mati, dan segala kotoran yang menyumbat pori-pori.

Dengan kemampuan tersebut, bahan ini sangat direkomendasikan untuk mengatasi permasalahan kulit akibat pori-pori yang tersumbat seperti jerawat dan komedo.

Manfaatnya Untuk Berbagai Masalah Kulit

Jerawat di kulit wajah
Jerawat di kulit wajah/Foto: wayhomestudio di Freepik

Salicylic acid sudah banyak digunakan untuk mengatasi kulit berjerawat sejak dahulu. Hingga sekarang, kandungan satu ini masih banyak digunakan dalam produk skincare dengan segala manfaat yang dimiliki.

1. Mengeksfoliasi kulit

Penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit memang menjadi salah satu penyebab banyaknya masalah kulit wajah. Dalam produk skincare, salicylic acid bekerja memecahkan ikatan antar sel di lapisan luar kulit sehingga dapat meluruhkan sel-sel kulit mati dengan membersihkan kotoran, minyak, dan bakteri yang menyumbat pori-pori.

2. Membersihkan pori-pori

Dengan mengeksfoliasi kulit wajah secara rutin, wajah akan terlihat lebih cerah, halus, serta garis halus dan pori-pori wajah dapat tersamarkan.

3. Menyembuhkan jerawat

Penumpukan sel-sel kulit mati, minyak berlebih, dan bakteri merupakan tiga penyebab utama munculnya jerawat. Dengan kemampuannya untuk menembus dan membersihkan pori-pori serta meluruhkan sel-sel kulit mati, salicylic acid menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah jerawat.

4. Mencegah dan membasmi whiteheads dan blackheads

Komedo, baik whitehead maupun blackhead muncul akibat menumpuknya sel-sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori. Dengan menggunakan produk cleanser ataupun exfoliating yang mengandung salicylic acid, maka masalah komedo dapat diatasi.

5. Mengatasi kapalan pada kulit

Salicylic acid dapat membantu mengatasi kapalan dengan meluruhkan sel-sel kulit mati dan membantu meningkatkan kelembaban kulit. Dengan begitu, sel kulit kita terbantu untuk melakukan regenerasi.

Penggunaan Skincare dengan Kandungan Salicylic Acid

Membersihkan wajah dengan cleansing pad
Membersihkan wajah dengan cleansing pad/Foto: drobotdean di Freepik

Kandungan acid satu ini sangat mudah ditemukan di produk-produk skincare seperti exfoliating toner, scrub, pelembab, cleansing pads, ataupun pembersih wajah.

Produk perawatan berbasis salicylic acid sendiri aman untuk digunakan setiap hari, asalkan digunakan sesuai dengan petunjuk dan dapat ditoleransi oleh kulit kita. 

Ketika baru memulai menggunakan produk berbasis salicylic acid, kamu bisa melakukan patch test terlebih dahulu untuk melihat respon kulit terhadap kandungan tersebut. Jika kulit wajah kamu baik-baik saja, maka kamu bisa melanjutkan penggunaan produk secara rutin dan sesuai instruksi.

Selain itu, perlu untuk diketahui juga presentasi kandungan yang aman untuk produk yang mengandung acid jenis ini. Dilansir dari Medical News Today, presentase salicylic acid yang diperbolehkan untuk perawatan sehari-hari dalam produk-produk skincare yang dijual bebas adalah 0,5% hingga 2%.

Sementara itu, untuk perawatan peeling yang dilakukan di klinik kecantikan oleh dokter kulit, presentase yang diperbolehkan bisa mencapai 50%.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE