STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Mengenal Skin Cycling Routine, Metode Perawatan Wajah yang Sedang Tren

Fahira Mahza | Beautynesia
Rabu, 23 Nov 2022 07:15 WIB
Mengenal Skin Cycling Routine, Metode Perawatan Wajah yang Sedang Tren
Langkah-langkah skin cycling/foto: pexels.com

Salah satu aplikasi yang saat ini sedang hangat diperbincangkan berkat konten-konten di dalamnya yang menarik ialah TikTok. Aplikasi yang diunduh oleh banyak masyarakat Indonesia ini pun menjadi aplikasi yang sangat banyak digunakan oleh khalayak.

TikTok adalah  media sosial yang menyajikan banyak informasi maupun hiburan berupa video sehingga banyak orang yang menyukai penggunaan aplikasi ini. Konten-konten di TikTok pun cukup beragam, salah satu konten yang cukup populer di aplikasi tersebut ialah tentang beauty tips

Konten beauty tips yang cukup populer dan ramai diperbincangkan masyarakat yaitu skin cycling. Skin cycling adalah tren kecantikan yang viral berkat seorang dermatologist bernama Dr. Whitney Bowe.

Metode ini memerlukan 4 prosedur yang diaplikasikan selama 4 hari di malam hari. Berikut 4 prosedur yang dilakukan dalam menerapkan skin cycling routine

1. Hari Pertama

Hari pertama
Hari pertama melakukan metode eksfoliasi/foto: istockphoto.com

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa skin cycling merupakan 4 prosedur perawatan wajah yang dilakukan selama 4 hari pada malam hari. Pada hari pertama ketika kamu ingin menerapkan metode ini, kamu perlu melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi merupakan metode untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di kulitmu, sehingga dapat membuat kulitmu tampak segar dan cerah. Pada tahap ini, Dr. Bowe menyarankan untuk menggunakan produk skincare yang tergolong chemical exfoliants dibanding physical exfoliants.

Menurutnya, penggunaan chemical exfoliants dapat memberikan efek glowing pada kulit secara langsung.

2. Hari Kedua 

Hari kedua
Hari kedua melakukan pengaplikasian skincare retinol/foto: pexels.com

Pada hari kedua, kamu bisa mengaplikasilkan produk skincare yang mengandung retinol. Kamu bisa memilih toner atau serum yang mengandung retinol untuk kamu gunakan pada tahap ini. Pastikan ketika kamu mengaplikasikan retinol, kamu sudah mencuci muka dengan baik.

Karena bahan ini merupakan salah satu bahan dengan kandungan yang cukup keras efeknya pada sebagian jenis kulit, sehingga Dr. Bowe juga mengatakan bahwa kandungan ini perlu digunakan secara bergantian dengan kandungan lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari kulit dari inflamasi.

3. Hari Ketiga dan Keempat

Hari ketiga dan hari keempat
Hari ketiga dan hari keempat melakukan basic skincare/foto: istockphoto.com

Kedua hari ini merupakan tahap recovery. Disebut demikian karena 2 hari sebelumnya, produk skincare yang dipakai mengandung ingredients yang berat seperti glycolic acid hingga retinol sehingga untuk menyeimbangkannya, kulitmu butuh pemulihan.

Caranya cukup mudah, kamu bisa kembali melakukan rutinitas skincare dasar, yaitu sabun cuci muka, hydrating toner, serum yang menghidrasi, dan pelembab. Pastikan skincare di malam ketiga dan keempat ini tidak mengandung AHA, BHA, dan retinol.

Kamu juga disarankan untuk menggunakan produk yang dapat membantu pemulihan kulit, seperti glycerin, hyaluronic acid, dan ceramide. Ketika menggunakan serum atau pelembab pun kamu bisa memilih produk yang mengandung niacinamide atau vitamin C.

Kedua bahan tersebut akan membantu kamu mendapatkan kulit yang glowing maksimal. Meskipun metode ini dilakukan pada malam hari, namun Dr. Bowe menyarankan untuk pagi harinya ketika kamu sedang melakukan skin cycling, kamu harus menggunakan skincare seperti gentle cleanser, serum vitamin c, pelembab dan sunscreen

Itulah 4 langkah melakukan skin cycling yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan kulit sehat dan glowing. Namun perlu kamu ketahui jika kamu melakukan metode ini, kamu perlu memperhatikan produk yang kamu gunakan di setiap malamnya agar hasil yang didapat memuaskan.

Selain itu, kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat agar proses skin cycling ini semakin maksimal. Selamat mencoba, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE