sign up SIGN UP

Meski Kata Orang-orang Bagus, 3 Tips Skincare dengan Bahan Alami Ini Sebaiknya Nggak Kamu Lakukan Lagi

Cica Rahmania | Beautynesia
Senin, 29 Nov 2021 21:30 WIB
Meski Kata Orang-orang Bagus, 3 Tips Skincare dengan Bahan Alami Ini Sebaiknya Nggak Kamu Lakukan Lagi
caption
Jakarta -

Beberapa orang mungkin menyukai gagasan perawatan kulit dengan bahan-bahan alami, karena terbebas dari bahan kimia berbahaya. Namun, tahukah kamu? Jika perawatan kulit dengan bahan-bahan alami nggak selamanya bagus dan cocok di semua kulit, lho!

Dikutip dari Well and Good, dokter kulit favorit warga TikTok, dr. Muneeb Shah, DO alias @dermdoctor, mengungkapkan ada banyak trik perawatan kulit dengan bahan alami yang sebenarnya nggak pantas untuk dipraktikkan ke kulit. Lantas, apa saja perawatan kulit yang ia maksud? Dihimpun dari Well and Good, berikut ulasannya.

Madu untuk Jerawat

Sifat antibakteri pada madu disebut-sebut memberi kebaikan pada kulit, terutama jerawat. Namun, pada kenyataannya, efek itu bersifat terbatas dan nggak selalu bekerja lebih baik. Sebagai gantinya, coba gunakan benzoil peroksida.

Madu dijadikan sebagai obat batuh anakIlustrasi madu. (Foto: Pexels/ ROMAN ODINTSOV)

Benzoil peroksida telah terbukti secara klinis menjadi pengobatan pertama yang efektif untuk jerawat. Kendati nggak terbukti efektif untuk jerawat secara klinis, tapi madu terbukti untuk penyembuhan luka.

Lemon untuk Flek Hitam

Vitamin C merupakan vitamin yang baik untuk kulit, terutama untuk mengatasi flek hitam pada wajah. Kendati demikian, bukan berarti buah yang mengandung vitamin C tinggi, seperti lemon, bisa mengatasinya.

Irisan lemon/Ilustrasi lemon. (Foto: pexels.com/Sarah Chai)

Menurut dr. Shah, sebaiknya kamu menghindari perawatan kulit ini karena dapat menimbulkan iritasi besar pada wajahmu. Sebagai alternatif, cobalah menggunakan skincare yang mengandung retinol asam azelaic.

Selotip untuk Kerutan

Trik kecantikan semakin menjadi-jadi. Entah kreatif atau low budget, tetapi tren selotip untuk mengatasi kerutan sangat kesohor di dunia maya. Padahal, seperti halnya madu, dr. Shah mengatakan bahwa menggunakan selotip untuk menghaluskan kerutan nggak bersifat jangka panjang dan nggak efektif.

Irisan lemon/Ilustrasi kerutan. (Foto: freepik.com)/ Foto: Dimitrie Hardjo

Menghaluskan kerutan atau keriput akan lebih efektif menggunakan tretinoin atau retinol dan tabir surya. Dari waktu ke waktu, studi telah menunjukkan bahwa SPF memiliki kekuatan untuk memperlambat penuaan, bahkan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id