sign up SIGN UP

Mitos atau Fakta Cuci Muka Pakai Sabun Mandi Bisa Merusak Kulit? Ini Kata Ahli, Beauties!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Kamis, 11 Aug 2022 10:00 WIB
Mitos atau Fakta Cuci Muka Pakai Sabun Mandi Bisa Merusak Kulit? Ini Kata Ahli, Beauties!
caption

Ada berbagai cara buat menjaga kesehatan kulit. Salah satunya dengan rajin membersihkannya dengan sabun cuci muka, Beauties. Beragam produk pembersih wajah pun kini hadir yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan kulit wajah. Tapi ternyata nggak sedikit orang yang justru masih memakai sabun mandi untuk wajah.

Cara ini cukup menjadi pro dan kontra, mengingat ada beberapa orang yang menganggap sabun mandi justru bisa merusak kulit wajah. Lantas benarkah anggapan ini? Simak penjelasannya dari ahli kecantikan lewat artikel berikut!

Bahan dalam Sabun Mandi

Sebelum mengetahui mitos atau fakta seputar sabun mandi yang dianggap bisa merusak kulit, mari mengenal terlebih dahulu bahan-bahan dalam salah satu benda kebutuhan sehari-hari ini, Beauties. Sabun yang biasa dipakai buat mandi punya bahan khas.

Kandungan dalam sabun batangan.
Serba-serbi terkait kebiasaan mencuci wajah memakai sabun mandi/freepik/freepik

Melansir dari Bryrdiesabun mandi mengandung garam alkali yang berasal dari asam lemak rantai panjang dengan pH 9-10. Selain itu, nggak jarang ada produk sabun yang memiliki kandungan deterjen di dalamnya.

Bolehkah Cuci Muka Pakai Sabun Batangan?

Lantas amankah mencuci wajah dengan sabun batangan yang biasa untuk mandi? Menurut ahli kulit ternyata tidak dianjurkan, Beauties. Masih dilansir dari laman sebelumnya, seorang dokter kulit bernama Dr. Snehal Amin M.D., FAAD mengungkap pH yang ada dalam sabun batangan berbeda bila dibandingkan dengan kebutuhan kulit.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sabun mandi umumnya punya pH 9-10. Padahal pH alami kulit hanya berkisar 4-5 saja. Perbedaan pH ini justru dapat memicu berbagai masalah pada kulit.

Kebiasaan mencuci wajah pakai sabun mandi.
Serba-serbi terkait kebiasaan mencuci wajah memakai sabun mandi/freepik/jcomp

Lebih lanjut dokter kulit lain yang bernama Dr. Amanda Doyle M.D., FAAD menjelaskan tidak semua sabun batangan dibuat dengan cara yang sama. Ini tergantung bahan-bahan yang dipakai. 

Meskipun begitu Doyle juga menegaskan lebih memilih pembersih wajah jenis cair yang memang diperuntukkan bagi wajah, daripada sabun mandi. Hal ini karena produk pembersih wajah cair yang memang telah diformulasikan khusus untuk membersihkan wajah sehingga akan lebih aman. 

Efek Sabun Mandi pada Muka

Meskipun pada umumnya sabun batangan akan memberikan hasil yang bagus untuk badan, tapi tidak dengan kulit wajah. Mengutip dari Healthlineada sebagian produk sabun yang diberi wewangian dan juga pewarna. Dua bahan ini bisa memicu iritasi pada kulit wajah.

Dampak pemakaian sabun mandi untuk wajah.
Serba-serbi terkait kebiasaan mencuci wajah memakai sabun mandi/freepik/valuavitaly

Selain itu, pemakaian sabun mandi untuk membersihkan muka juga berisiko dapat membuat kulit jadi memerah, gatal, hingga muncul bercak. Kebanyakan sabun yang beredar di pasaran juga tidak mengandung pelembap, padahal kulit wajah membutuhkannya, Beauties.

Jenis Pembersih Wajah

Namun pembersih wajah kini tidak melulu berbentuk cair. Masih dilansir dari laman yang sama, adapun jenis pembersih yang bisa dipilih antara lain micellar water untuk menghapus riasan sekaligus minyak dan kotoran di wajah.

Berbagai jenis pembersih wajah.
Serba-serbi terkait kebiasaan mencuci wajah memakai sabun mandi/freepik/lookstudio

Lalu ada cleansing oil yang berasal dari minyak alami untuk membuka pori-pori yang tersumbat sekaligus menghapus riasan wajah. Gel cleanser yang berbentuk gel buat menghilangkan minyak berlebih dan membersihkan pori-pori pada wajah. Lalu clay cleanser dari tanah liat yang membantu mengurangi jerawat, hingga cream cleanser yang mengandung bahan pelembap dan lembut untuk kulit wajah. Tentunya harus disesuaikan dengan jenis kulit kamu ya, Beauties. 

Cara Membersihkan Wajah

Lalu bagaimana ya cara membersihkan wajah dengan tepat? Sebelumnya pastikan terlebih dahulu kamu telah melakukan rutinitas skincare yang satu ini pada pagi dan malam hari, Beauties. Ini waktu yang tepat untuk membersihkan wajah dari keringat, kotoran, maupun minyak yang berlebih. Selanjutnya basuh wajah memakai air dan oleskan produk pembersih yang telah  disesuaikan dengan jenis kulit.

Cara membersihkan wajah dengan tepat.
Serba-serbi terkait kebiasaan mencuci wajah memakai sabun mandi/freepik/senivpetro

Pilih gerakan memutar di area wajah, lakukan dengan cara yang lembut dan tak perlu menggosoknya terlalu keras. Kalau sudah basuh kembali wajah sampai bersih, lalu keringkan memakai handuk. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan rutinitas skincare seperti memakai pelembap, serum, dan sunscreen.

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id