sign up SIGN UP

Mitos atau Fakta, Tidak Menggunakan Sunscreen Menyebabkan Flek Hitam?

Viora Lyla | Beautynesia
Jumat, 30 Jul 2021 11:30 WIB
Mitos atau Fakta, Tidak Menggunakan Sunscreen Menyebabkan Flek Hitam?
caption

Flek hitam atau istilah ilmiah ephelis merupakan istilah tanda adanya kumpulan pigmen alami, atau melanin, yang berisi melanosome. Tanda-tanda terdapatnya flek hitam dapat kita lihat dari bintik-bintik kecil yang ada pada kulit yang berwarna lebih gelap daripada area di sekelilingnya. Munculnya flek hitam terjadi karena adanya peningkatan produksi melanin di kulit, yang disebabkan oleh terpapar sinar matahari atau sinar UV (ultraviolet). Flek hitam sendiri merupakan kondisi wajar yang dapat terjadi di segala usia.

 

Ilustrasi flek hitam
Freckles salah satu jenis flek hitam/Foto: pexels.com/@olly

Ternyata, flek hitam juga bisa muncul di saat kulit kita menyerap sinar UV loh, Beauties! Sehingga menyebabkan peningkatan produksi melanin yang terjadi di dalam lapisan kulit kita. Oleh karena itu, bagian kulit kita bisa mengalami penumpukan melanin yang menyebabkan bintik-bintik di kulit kita.

Ilustrasi menggunakan sunscreen
Menggunakan sunscreen/Foto: unsplash.com/@nci

Lalu, faktanya ternyata bila kita tidak membiasakan diri menggunakan sunscreen sejak dini, flek hitam atau dark spots ini bisa muncul di kulit kamu. Karena flek hitam muncul di saat kulit kita terpapar sinar matahari atau sinar UV tanpa proteksi yang ada di kulit. Paparan sinar matahari atau sinar UV juga menyebabkan respons melanin dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kulit menggelap karena sinar matahari. Dengan menggunakan sunscreen ke dalam rangkaian skincare kita adalah cara yang efektif untuk mencegah pembentukan flek hitam karena matahari.

Ilustrasi sunscreen
Produk sunscreen/Foto: unsplash.com/@batch_by_whs

Sunscreen juga bisa digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah, dan juga terdapat manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari penggunaan sunscreen sendiri yaitu mencegah resiko kanker kulit yang bisa muncul karena kulit kita yang terpapar oleh sinar matahari atau sinar UV terlalu lama.

Sinar matahari atau sinar UV juga seringkali dianggap sebagai penyebab utama kerusakan kulit wajah kita maupun kulit tubuh. Last but not least, pastikan kamu mempunyai sunscreen untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen sebelum keluar rumah ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id