sign up SIGN UP

Flek Hitam di Wajah Susah Hilang? Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini!

Ni Made Dwi Agustina | Rabu, 28 Jul 2021 20:00 WIB
Flek Hitam di Wajah Susah Hilang? Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini!
caption

Masalah flek hitam pada wajah sering kali terjadi. Munculnya flek hitam bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah bekas jerawat. Flek hitam bekas jerawat ini biasa disebut dengan hyperpigmentation. Flek hitam bisa dihilangkan dengan rajin melakukan perawatan wajah. Namun, flek hitam juga bisa membandel jika kulit wajah tidak dirawat dengan baik. Kebiasaan buruk yang sering dilakukan pada kulit wajah menjadi salah satu faktor yang menyebabkan flek hitam bekas jerawat susah hilang. Berikut ini adalah kebiasaan buruk yang ternyata dapat menyebabkan flek hitam bekas jerawat susah hilang.

Memencet Jerawat

Penyebab flek hitam membandel
Penyebab flek hitam membandel/ sumber: freepik.com/ wayhomestudio

Kebiasaan memencet jerawat akan menimbulkan flek hitam bekas jerawat yang membandel. Bekas jerawat yang muncul bisa berupa kemerahan hingga kehitaman. Selain dapat menimbulkan bekas jerawat yang membandel, kebiasaan memencet jerawat juga dapat berakibat muncul lebih banyak komedo hingga jerawat baru, sehingga kulit wajah akan semakin bermasalah. Oleh karena itu, sebaiknya jerawat dibiarkan saja atau cukup oleskan dengan menggunakan obat totol jerawat.

Malas Menggunakan Sunscreen

Cara menghilangkan flek hitam di wajah
Cara menghilang flek hitam di wajah/ sumber: freepik.com/ pressfoto

Sunscreen sangat penting untuk merawat kesehatan kulit wajah. Ada banyak manfaat sunscreen, salah satunya adalah mengurangi bintik hitam. Pemakaian sunscreen secara rutin adalah salah satu cara menghilangkan bintik hitam di wajah. Flek atau bintik hitam yang membandel bisa jadi disebabkan karena terlalu lama berada di bawah sinar matahari, sehingga kulit wajah menjadi kusam dan flek hitam semakin terlihat. Untuk itu, menggunakan sunscreen saat pagi hari, sangat penting untuk mencegah flek atau bintik hitam sekaligus memudarkannya. Walaupun saat ini lebih banyak di rumah saja, penggunaan sunscreen tidak boleh dilewatkan!

Kurang Asupan Bergizi

Solusi menghilangkan flek hitam
Solusi menghilangkan flek hitam/ sumber: freepik.com/ nakaridore

Selain merawat kulit wajah dari luar, tenyata merawat kulit wajah dari dalam merupakan kunci kulit yang sehat. Kebiasaan buruk mengonsumsi makanan tinggi lemak, kurang minum air putih dan sebagainya justru akan membuat kulit wajah menjadi kusam, sehingga kondisi ini secara tidak langsung akan berpengaruh pada bekas jerawat. Cobalah mulai mengonsumsi makanan tinggi serat, makanan dengan kandungan anti oksidan dan rajin minum air putih. Perlahan kamu akan merasakan manfaatnya pada kulit wajah.

Eksfoliasi Kulit yang Berlebihan

Pemicu flek hitam membandel
Pemicu flek hitam membandel/ sumber: freepik.com/ wayhomestudio

Melakukan eksfoliasi kulit memang dibutuhkan untuk mengangkat sel kulit mati yang merupakan salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah. Namun, kebiasaan buruk mengeksfoliasi kulit wajah secara berlebihan justru akan membuat kulit wajah menjadi iritasi. Lakukan eksfoliasi kulit seminggu 1-2 kali saja. Gunakan scrub atau chemical exfoliation pada  yang memiliki kandungan gentle atau lembut untuk kulit, sehingga bagi yang memiliki kulit wajah sensitif dapat meminimalisir terjadinya iritasi.

Tidak Melakukan Double Cleansing

Faktor penyebab flek hitam membandel
Faktor penyebab flek hitam membandel/ sumber: freepik.com/ cookie_studio

Salah satu rangkaian skincare yang terpenting ialah melakukan double cleansing. Tahap double cleansing ini dilakukan sebelum menggunakan sabun pembersih wajah. Kebiasaan buruk tidak melakukan double cleansing menyebabkan kotoran pada kulit wajah belum terangkat secara maksimal. Double cleansing ini harus dilakukan setelah menggunakan makeup dan tidak menggunakan makeup. Rajin melakukan double cleansing sebelum mencuci wajah, dapat membantu menghilangkan kotoran pada kulit wajah dengan maksimal, sehingga kulit tampak lebih bersih dan bekas jerawat akan memudar. Gunakan produk double cleansing yang cocok untuk kulit kamu, agar tidak mengalami iritasi.

Nah, itulah kebiasaan buruk yang menyebabkan bekas jerawat kamu susah hilang. Yuk, mulai dari sekarang perhatikan kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan, khususnya untuk menjaga kesehatan kulit wajah, karena wajah merupakan ‘aset’ berharga yang harus dijaga!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id