sign up SIGN UP

Nggak Banyak yang Tahu! Simak Tips Makeup untuk Mencegah Foundation Oksidasi dari Ahlinya

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Selasa, 21 Dec 2021 17:30 WIB
Nggak Banyak yang Tahu! Simak Tips Makeup untuk Mencegah Foundation Oksidasi dari Ahlinya
caption

Beauties, pernahkah kamu merasa, walau sudah memilih warna foundation yang serasi dengan kulit, mengapa pada penghujung hari wajahmu tetap tampak jadi lebih gelap? Mungkin itu disebabkan oleh oksidasi.

Secara umum, oksidasi ialah reaksi kimia antara oksigen di udara dengan kandungan pada buah dan sayur, bahkan juga foundation, yang mengakibatkan perubahan warna menjadi kecoklatan atau lebih gelap. Biasanya oksidasi makeup terjadi ketika riasan bercampur dengan minyak di kulit.

Melansir dari Byrdie, berikut beberapa tips makeup untuk mencegah oksidasi foundation pada wajah. Check this out!

1. Cuci Muka untuk ‘Kanvas’ yang Bersih

Kulit bersih adalah kulit yang sehat. Jadi sebelum kamu memakai produk atau riasan apapun, jangan pernah mengaplikasikan foundation pada wajah yang belum dibersihkan.

2. Jangan Lewatkan Skincare dan Primer

tips makeup
Persiapkan wajah dengan skincare dan primer sebelum makeup/Foto: Instagram.com/westmanatelier

Skin-prep before makeup is mandatory! Direktur Riset Kosmetik dan Klinis Dermatologi asal New York, Joshua Zeichner, MD mengatakan bahwa oksidasi foundation lebih sering terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak. Sehingga, tahapan skin preparation sangat penting untuk mengembalikan kelembapan kulit dan mengontrol minyak.

Kemudian, primer juga dapat membantu menyerap minyak berlebih sekaligus membentuk lapisan supaya foundation menyatu dengan baik pada kulit.

3. Pertimbangkan Produk Water-Based

Perlu dicatat, bahwa minyak adalah musuh utama makeup. Jadi, semakin banyak kamu bisa menghindari produk berbasis minyak, maka semakin kecil risiko complexion teroksidasi.

MUA selebriti Jamie Greenberg merekomendasikan untuk memilih produk skincare dan foundation dengan formula berbahan dasar air dan ringan, karena cenderung tidak teroksidasi.

4. Memilih Warna Foundation yang Tepat

tips makeup
Pilih shade foundation yang sesuai/Foto: Pinterest.com/Byrdie

Greenberg juga menjelaskan bahwa tidak semua foundation berpotensi oksidasi. Khususnya, produk dengan light to medium coverage seperti tinted moisturizer atau BB/CC cream berpeluang lebih kecil untuk oksidasi.

Tetapi, bagaimana kalau kita terlanjur membeli foundation yang mudah oksidasi? Solusinya, pilihlah concealer atau bedak dengan warna yang lebih terang dari warna kulitmu untuk membantu menyeimbangkan perubahan warna.

5. Gunakan Aplikator Makeup

Mengaplikasikan foundation menggunakan beauty sponge dan brush dapat mencegah kontaminasi minyak ataupun kuman dari tangan, yang berujung pada masalah oksidasi makeup. Selain itu, cara ini mampu menghasilkan complexion yang lebih halus dan sempurna.

6. Manfaatkan Produk Pengontrol Minyak

tips makeup
Studio Tropik setting spray/Foto: Instagram.com/studiotropik

Cegah potensi oksidasi dengan menggunakan produk penyerap minyak berlebih pada wajah. Misalnya dengan menempelkan blotting paper setelah penggunaan skincare dan foundation, serta memanfaatkan setting spray atau setting powder sebagai tahapan akhir makeup.

7. Perhatikan Umur Simpan Foundation

Ahli dermatologi Joshua Zeichner menyarankan bahwa umur simpan rata-rata foundation adalah sekitar 12-18 bulan. Lebih dari itu, biasanya warna foundation ada potensi berubah warna menjadi lebih gelap atau keorenan.

8. Bersihkan Alat Makeup

tips makeup
Rutin bersihkan alat makeup/Foto: Pinterets.com/Michele Duerte

Jangan lupa, pastikan kamu menjaga kebersihan alat makeup dengan mencucinya setiap 1-2 minggu sekali. Ini akan membuat kualitasnya tetap awet dan mencegah kelebihan minyak pada alat makeup, yang bisa menyebabkan foundation teroksidasi.

_________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id