STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Nggak Cuma Skincare, Studi Ungkap Rajin Bersyukur Bisa Bikin Kulit Glowing! Kok Bisa?

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 26 Apr 2022 14:00 WIB
Nggak Cuma Skincare, Studi Ungkap Rajin Bersyukur Bisa Bikin Kulit Glowing! Kok Bisa?

Memiliki kulit glowing, sehat, dan mulus menjadi impian banyak orang, baik perempuan maupun pria. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit glowing nan sehat. Misalnya, penggunaan skincare sebagai bentuk perawatan dari luar, atau menerapkan gaya hidup sehat sebagai upaya dari dalam.

Namun, tahukah kamu, Beauties, kalau rajin bersyukur juga bisa membuat kulit glowing? Ketika kamu rajin bersyukur setiap hari, tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan secara fisik maupun mental, namun juga berpengaruh pada kondisi kulit, lho!

Penelitian telah menemukan bahwa seseorang yang gemar bersyukur bisa memiliki kulit yang lebih glowing dan bercahaya. Kok bisa? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Rajin Bersyukur Bisa Bikin Kulit Glowing

Ilustrasi merasa bersyukur/ Foto: Freepik.comIlustrasi merasa bersyukur/ Foto: Freepik.com

Bersyukur memiliki segudang manfaat bagi kehidupan. Dengan bersyukur, dapat membuat kamu menjadi individu yang menyenangkan. Mengekspresikan rasa syukur, bahkan terhadap hal-hal kecil dalam hidup, mampu membuat hidup menjadi lebih baik.

Dilansir dari Beauty Hub, sebuah penelitian yang diterbitkan di Harvard Health menyatakan bahwa bersyukur bisa membuat kamu lebih bahagia. Menurut penelitian itu, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih secara konsisten dan kuat berkaitan dengan kebahagiaan yang lebih besar. Rasa syukur juga bisa menghindarkan kamu dari stres.

Menurut penelitian lain, berdasarkan 57 studi pada subjek, publikasi dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menyimpulkan stres psikologis dapat memicu peradangan kulit. Mengurangi stres dengan mengungkapkan rasa syukur juga dapat berpengaruh pada kondisi kulit.

Mengekspresikan rasa terima kasih dapat mengurangi kadar kortisol (dikenal sebagai hormon stres) dan meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk memperbaiki sel-sel kulit. Sebuah artikel National Library of Medicine juga menyatakan bahwa rasa syukur meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan kebahagiaan, yang juga menjadi faktor dalam memiliki kulit glowing.

Bersyukur dengan Kondisi Kulit yang Dimiliki

Ilustrasi perempuan dengan kulit glowingIlustrasi perempuan dengan kulit glowing/ Foto: wepik.com

Ada banyak hal-hal yang bisa disyukuri dalam hidup, salah satunya kondisi kulit yang dimiliki. Josie Ong, pencipta dan pembawa acara Affirmation Pod, mengungkapkan kepada The National, bahwa rasa syukur yang dipanjatkan setiap hari bisa terpancar dari kulit, mata, dan senyum seseorang.

"Rasa syukur dapat mengurangi kadar kortisol. Ketika kadar kortisol tinggi, itu mempercepat proses penuaan dengan memecah kolagen dan elastin. Ini juga merusak kemampuan sistem kekebalan Anda untuk memperbaiki sel-sel kulit," ungkap Ong.

Ada banyak penelitian untuk mendukung penjelasan Ong. Studi yang diterbitkan di situs web seperti Science Direct, Positive Psychology, dan National Library of Medicine masing-masing menyimpulkan bahwa rasa syukur mengarah pada kualitas tidur yang lebih baik, tingkat stres yang lebih rendah, dan perasaan bahagia yang lebih besar, berkat pelepasan dopamin dan serotonin. Ketiga hal tersebut diketahui dapat memengaruhi kondisi kulit.

Bersyukur sebagai salah satu kebahagiaan dalam hidup.Ilustrasi bersyukur/Foto: Freepik

Tidur nyenyak, mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan, seperti yang dikatakan Ong, dapat terpancar dalam penampilan luar seseorang melalui kulit yang lebih cerah, rambut yang lebih tebal, dan kuku yang lebih kuat.

Lebih lanjut, dokter kulit Flor A Mayoral dalam publikasi di Science Daily mengatakan, "Dalam merawat ratusan pasien selama bertahun-tahun dengan kondisi kulit seperti eksim, rosacea, jerawat, dan psoriasis, saya telah melihat langsung bagaimana stres dapat memperburuk kulit dan memicu gejolak tak terduga yang, pada dasarnya, menciptakan lebih banyak stres bagi pasien."

Nah, itulah penjelasan bagaimana rajin bersyukur bisa membantu kamu untuk mendapatkan kulit glowing. Sudahkah kamu bersyukur hari ini, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE