sign up SIGN UP

Panik Sudah Muncul Uban di Usia 20an? Begini 5 Cara Mudah Mengatasinya!

Zeyra Haya | Beautynesia
Jumat, 18 Mar 2022 08:00 WIB
Panik Sudah Muncul Uban di Usia 20an? Begini 5 Cara Mudah Mengatasinya!
caption

Munculnya uban adalah salah satu tanda penuaan pada rambut. Namun, tak selamanya uban hanya tumbuh pada rambut para lansia. Perubahan pola hidup di zaman sekarang memicu para usia muda turut mengalami rambut beruban.

Tumbuhnya uban pada usia 20an dipicu oleh beberapa faktor. Gejala penuaan dini pada rambut ini tentu akan mengganggu penampilan dan juga menurunkan rasa kepercayaan diri. Lantas bagaimana cara mengatasi uban bagi para anak muda?

Masih Muda Sudah Ubanan? Begini 5 Cara Mengatasinya!

Rambut beruban pada usia 20-an bisa terjadi karena berbagai hal. Misalnya karena faktor genetik, pemakaian zat kimia tertentu, shampoo yang mengandung sulfur, kebiasaan atau menderita penyakit kekurangan darah (anemia pernisiosa).

Beauties, bagi kamu yang tengah mengalaminya, nggak perlu khawatir. Coba beberapa cara mengatasinya berikut ini!

1. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala

Ketombe bisa picu rambut beruban, ini pentingnya selalu menjaga kebersihan kulit kepala-Mu/Foto: pexels.com/cottonbro
(Ketombe bisa picu rambut beruban, ini pentingnya selalu menjaga kebersihan kulit kepala-Mu/Foto: pexels.com/cottonbro)

Riset dermatologis dunia menunjukkan bahwa ketombe bisa jadi salah satu pemicu tumbuhnya uban. Oleh karena itu, menjadi penting untuk menjaga kebersihan kulit kepala baik bagi anak muda maupun para lansia untuk mencegah timbulnya rambut uban.

Menjaga kebersihan kulit kepala bisa dilakukan dengan rutin keramas, menggunakan shampoo anti ketombe, atau dengan metode alami yakni menggunakan air perasan lemon.

2. Mengatur Pola Makan

Mulai sekarang atur pola makan dan jangan diet berlebihan! Kekurangan gizi bisa picu tumbuhnya rambut uban pada usia dini/Foto: pexels.com/Mike Jones
(Mulai sekarang atur pola makan dan jangan diet berlebihan! Kekurangan gizi bisa picu tumbuhnya rambut uban pada usia dini/Foto: pexels.com/Mike Jones)

Faktor lain yang menyebabkan timbulnya uban di usia muda adalah karena pola makan yang buruk. Seperti kita ketahui, para anak muda seringkali melakukan diet untuk menjaga bentuk badan.

Namun siapa sangka, diet berlebihan justru akan membuat tubuh kekurangan gizi dan mendorong munculnya penuaan dini pada rambut. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengatur pola makan agar nutrisi tubuh dapat terpenuhi secara baik.

Atur waktu makan dan porsi sesuai kebutuhan tubuh. Hindari makanan-makanan cepat saji atau makanan instant yang hanya akan membawa dampak buruk bagi tubuh.

3. Rutin Perawatan Rambut

Rutin merawat rambut bisa atasi masalah penuaan dini pada rambut. Utamakan perawatan secara alami/Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch
(Rutin merawat rambut bisa atasi masalah penuaan dini pada rambut. Utamakan perawatan secara alami/Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch)

Merawat rambut secara rutin dapat menurunkan risiko penuaan dini pada rambut. Untuk mencegah tumbuh uban, sebaiknya lakukan perawatan rambut dengan cara alami agar mengurangi penggunaan bahan kimia.

Menggunakan masker rambut dengan bahan alami seperti minyak kelapa, kemiri dan lidah buaya serta bahan alami lainnya bisa jadi pilihanmu. Lakukan secara rutin agar mencegah tumbuhnya uban pada rambut di usia muda.

4. Mengurangi Stres

Jadi faktor utama penuaan dini pada remaja, kurangi stres -Mu agar rambut tak beruban di usia 20-an/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Jadi faktor utama penuaan dini pada remaja, kurangi stres -Mu agar rambut tak beruban di usia 20-an/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cara menghilangkan uban yang paling ampuh adalah dengan mengurangi stres. Timbulnya rambut uban di usia 20-an kebanyakan disebabkan karena tekanan berlebihan yang dialami para anak muda.

Stres merupakan salah satu faktor penyebab munculnya penuaan dini pada rambut. Oleh karena itu, dengan mengurangi stres kamu dapat mencegah timbulnya uban sebelum waktunya.

Mengelola stres bisa kamu lakukan dengan melakukan hal-hal positif. Seperti bermeditasi, melakukan olahraga ringan, menonton film, mendengarkan musik dan melakukan hal yang kamu sukai.

5. Perbanyak Konsumsi Zat Besi

Baik untuk meningkatkan produksi melanin, perbanyak konsumsi zat besi untuk menghindari tumbuhnya uban/Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch
(Baik untuk meningkatkan produksi melanin, perbanyak konsumsi zat besi untuk menghindari tumbuhnya uban/Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch)

Uban juga dapat muncul ketika rambut kekurangan zat besi. Zat besi diketahui mampu membantu tubuh memproduksi melanin yang dapat memberi zat warna pada rambut.

Untuk itu, salah satu cara mencegah tumbuh uban adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi zat besi. Adapun makanan yang mengandung zat besi tinggi antara lain sayuran hijau, seafood dan jamur.

Melansir dari detikNews, itulah beberapa cara mengatasi uban yang muncul di usia 20an akibat penuaan dini pada rambut. Sudahkah kamu mencobanya?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id