sign up SIGN UP

#PelukUntukOrangUtan, Kampanye Istikamah Kiehl's dalam Pelestarian Habitat Orang Utan di Kalimantan

Cica Rahmania | Beautynesia
Jumat, 25 Mar 2022 07:00 WIB
#PelukUntukOrangUtan, Kampanye Istikamah Kiehl's dalam Pelestarian Habitat Orang Utan di Kalimantan
caption
Jakarta -

Istikamah. Mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan Kiehl's  dalam upaya menjaga alam di Bumi ini. Tak hanya sekali atau dua kali mereka membuat kampanye yang menggerakkan banyak orang untuk melestarikan alam, khususnya hutan, melainkan mereka melakukan secara berkelanjutan.

Setelah di tahun 2016 dan 2018 sukses mengadakan kampanye untuk orang utan, di tahun ini Kiehl's kembali mengulang kesuksesan yang sama. Melalui #PelukUntukOrangUtan, Kiehl's Indonesia menunjukkan kepedulian & dukungan terhadap upaya perlindungan habitat orang utan di Hutan Wehea, Kalimantan Timur dan sekitarnya.

Tentunya tagar #PelukUntukOrangUtan tidak diartikan secara harfiah, ya, Beauties. Sebab, memeluk fisik orang utan secara langsung bukan praktik yang dianjurkan oleh organisasi konservasi manapun. 

Melalui kampanye ini, Kiehl's Indonesia ingin menjangkau masyarakat dengan memberikan pemahaman pentingnya ikut berkontribusi dalam pelestarian habitat orang utan, dan memberi inspirasi untuk mendukung upaya konservasi.

Kiehl'sVenny Septianita / Foto: LukasAdie/Kiehl's Indonesia

Kontribusi dari kampanye digunakan untuk mendukung upaya pelestarian habitat orang utan kalimantan di Hutan Lindung Wehea, Kalimantan Timur. Tahun ini merupakan kali ketiga Kiehl's Indonesia menjalankan kampanye #PelukUntukOrangUtan dan telah menerima 10.000 partisipasi masyarakat Indonesia yang turut peduli dan berkontribusi dalam pelestarian habitat orang utan.

"Kampanye #PelukUntukOrangUtan merupakan bagian dari komitmen keberlanjutan Kiehl's yaitu Future Made Better untuk terus membantu mengurangi dampak terhadap lingkungan dan berkontribusi kepada masyarakat melalui dua pilar, yaitu Kiehl's Does dan Kiehl's Gives," kata Venny Septianita, Brand General Manager, Kiehl's Indonesia, di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (23/3).

Lebih lanjut, Venny menjelaskan, Kiehl's Does adalah bagaimana Kiehl's mengambil langkah nyata untuk membangun masa depan berkelanjutan melalui formulasi, pengemasan, dan manufaktur yang bertanggung jawab.

Kiehl'sKiehl's #PelukUntukOrangUtan. / Foto: LukasAdie/Kiehl's Indonesia

Sementara Kiehl's Gives adalah komitmen Kiehl's untuk mengambil bagian dengan memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat. Salah satunya melalui kampanye ini, misalnya.

Kenapa Orang Utan?

Melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018, pemerintah  telah mengatur jenis-jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi di Indonesia. Salah satunya ialah orang utan.

Kampanye Kiehl's ini disambut baik oleh Siang Geah, Tokoh Masyarakat Adat Wehea, yang juga Anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur. Dalam kesempatan yang sama, Siang Geah mengatakan pentingnya menjaga hutan dan satwa yang ada di dalamnya, terutama orang utan.

"Kami menyadari orang utan merupakan spesies payung yang berfungsi sebagai penebar biji hutan yang berguna menumbuhkan kembali pohon-pohon di dalam hutan," jelas Siang Geah.

Kiehl'sSiang Geah, Tokoh Masyarakat Wehea. / Foto: LukasAdie/Kiehl's Indonesia

Dengan kata lain, jika orang utan semakin berkurang, fungsi-fungsi penting penyebaran benih tanaman akan hilang dan hal itu berdampak bagi kelangsungan ekosistem yang ada. Hal ini juga akan memberatkan pemerintah pada akhirnya, karena harus mengeluarkan dana untuk menanam pohon.

Dalam upaya menjaga kawasan hutan lindung seluas 29 ribu hektare tersebut, masyarakat Dayak Wehea membentuk Petkuq Mehuey (PM) atau "kelompok penjaga hutan", yang terdiri dari para pemuda di Wehea.

Menggandeng Dikta

Sukses menggandeng Adinia Wirasti dan Richard Kyle sebagai Personality Partner Kiehl's di 2018, di tahun ini, Kiehl's kembali mengajak publik luas untuk turut berkontribusi dengan memberikan berbagai Gestures of Love bersama musisi Pradikta Wicaksono.

"Saya sangat senang dapat ambil bagian dalam program ini. Bagi saya, pesannya sangat penting, yaitu agar kita semua, terutama generasi muda menyadari bahwa apa yang terjadi pada orang utan itu secara jangka panjang berpengaruh pada keberlanjutan bumi. Hutan dan orang utan adalah bagian dari ekosistem yang perlu kita jaga. Saya mengajak generasi muda untuk tidak menutup mata terhadap isu yang penting ini. Satu per satu dari kita bisa berperan aktif dalam menjaga kelestarian habitat orang utan," jelas Dikta bersemangat.

Kiehl'sPradikta Wicaksono (tengah). / Foto: LukasAdie/Kiehl's Indonesia

Gestures of Love merupakan tantangan misi di akun Instagram @kiehls.id, yaitu dengan membeli produk Kiehl's Ultra Facial Cream dengan stiker khusus; daur ulang kemasan produk kecantikan apa saja di outlet Kiehl's di seluruh Indonesia; dan ikut menonton konser virtual bersama Nadin Amizah pada Rabu, 23 Maret 2022.

"Kami telah menerima 10.000 dukungan masyarakat Indonesia dan 5.000 kemasan kosong terkumpul untuk didaur ulang. Melalui kampanye ini, kontribusi Rp250.000.000 akan digunakan untuk membantu pelestarian Hutan Lindung Wehea di Kalimantan Timur," jelas Venny.

Melanie Masriel, Chief of Corporate Affairs, Engagement & Sustainability, L'Oréal Indonesia, yang juga turut hadir dalam kesempatan itu mengatakan bahwa kampanye Kiehl's yang merupakan L'Oreal Group ini merupakan bagian untuk berkontribusi dalam tantangan yang dihadapi dunia.

"L'Oréal Group menginvestasikan dana untuk kebutuhan sosial dan lingkungan yang mendesak serta memastikan bahwa seluruh merek kami, termasuk Kiehl's, mendorong transformasi dan memberikan kontribusi untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik. Hal ini sejalan dengan komitmen sustainability kami, L'Oréal For The Future, yaitu menghormati batasan-batasan planet dan memberikan kontribusi untuk memecahkan tantangan lingkungan sosial" jelas Melanie Masriel, Chief of Corporate Affairs, Engagement & Sustainability, L'Oréal Indonesia.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id