sign up SIGN UP

Perawatan Diri Juga Bentuk Self Reward, Lakukan 5 Perawatan Ini Tanpa Harus Keluar Rumah!

Ni Made Dwi Agustina | Kamis, 08 Jul 2021 09:30 WIB
Perawatan Diri Juga Bentuk Self Reward, Lakukan 5 Perawatan Ini Tanpa Harus Keluar Rumah!
caption

PPKM darurat Jawa-Bali yang diberlakukan beberapa waktu lalu kembali membuat aktivitas di luar ruangan menjadi terbatas. Ada banyak pemberlakuan selama PPKM darurat Jawa-Bali, salah satu contohnya adalah penutupan tempat umum untuk sementara waktu. Tidak terkecuali salon-salon kecantikan yang harus ditutup sementara waktu untuk mendukung peraturan PPKM darurat.

Namun, melakukan perawatan diri tidak harus pergi ke salon kecantikan. Melakukan perawatan diri di rumah bisa menjadi salah satu solusi terbaik, khususnya di masa pandemi seperti ini saat ini. Perawatan diri merupakan salah satu bentuk self reward yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah kegiatan self treatment yang bisa dilakukan di rumah saja.

Facial

Facial treatment merupakan bentuk self reward
Facial treatment merupakan bentuk self reward/ sumber: freepik.com

Kegiatan facial atau perawatan wajah bisa menjadi salah satu kegiatan self treatment yang bisa dilakukan di rumah. Cara merawat wajah bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah facial treatment. Adapun facial treatment sederhana yang bisa dilakukan di rumah yaitu memijat wajah atau face massage dengan menggunakan face oil, menggunakan masker wajah sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit, scrub wajah, dan masih banyak lagi cara facial sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah.

Kemudian, kamu juga bisa membuat masker dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, misalnya madu, susu, putih telur, lemon, teh hijau, dan lain-lain. So, kamu bisa memiliki wajah glowing tanpa harus pergi ke klinik kecantikan.

Creambath

Perawatan rambut adalah bentuk self reward
Perawatan rambut adalah bentuk self reward/ sumber: freepik.com

Creambath adalah jenis perawatan pada rambut. Perawatan ini bisa dilakukan di rumah dengan melakukan alat-alat sederhana di rumah. Kamu bisa membeli produk khusus hair creambath di supermarket maupun e-commerce. Selain mampu merawat kesehatan rambut saat tidak bisa ke salon, perawatan rambut di rumah juga bisa membuat kepala sekaligus pikiran menjadi lebih tenang.

Bahan untuk creambath juga bisa dibuat sendiri alias handmade dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah, misalnya lidah buaya, madu, minyak zaitun, minyak kelapa, dan masih banyak lagi.

Lulur

Perawatan tubuh sebagai bentuk self reward
Perawatan tubuh sebagai bentuk self reward/ sumber: freepik.com

Perawatan kulit tubuh juga tidak boleh terlewatkan. Walaupun di rumah saja, kamu harus tetap rajin membersihkan tubuh agar sel-sel kulit mati dapat terangkat serta kulit menjadi lembap. Perawatan tubuh yang bisa dilakukan di rumah adalah luluran.

Di saat pemberlakuan PPKM darurat seperti saat ini, kita tidak bisa melakukan perawatan tubuh di tempat SPA.  Untuk itu, luluran di rumah bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin memanjakan diri. Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan di rumah untuk dijadikan lulur, seperti gula, kopi, kunyit, bengkoang, dan sebagainya.

Membaca Buku

Bentuk self reward sederhana
Bentuk self reward sederhana/ sumber: freepik.com

Kegiatan self treatment bukan hanya tentang melakukan perawatan tubuh dari atas sampai bawah. Self treatment juga bisa dilakukan dengan membaca buku. Hal ini dikarenakan, membaca buku yang disukai dapat menjadi hiburan untuk diri sendiri serta bisa tetap memperkaya ilmu walau di rumah saja.

Membaca buku lebih dianjurkan dibandingkan dengan membaca informasi melalui media sosial. Sebab, saat ini begitu banyak hoax atau berita-berita negatif yang berlalu-lalang di media sosial. Untuk itu, membaca buku yang disukai lebih dianjurkan agar pikiran tetap positif dan imun tubuh tetap terjaga.

Berolahraga

Bentuk self reward di rumah saja
Bentuk self reward di rumah saja/ sumber: freepik.com

Berolahraga juga bisa dikatakan sebagai self treatment. Berolahraga juga bisa dilakukan di rumah saja tanpa harus pergi ke tempat pusat kebugaran. Ada banyak manfaat olahraga untuk kesehatan, baik secara jasmani dan rohani. Berolahraga di rumah bersama keluarga bisa menjadi pilihan agar kamu dan keluarga bisa tetap menjaga kesehatan, terutama di masa pandemi covid-19 seperti saat ini.

Tidak hanya menyehatkan, olahraga juga menyenangkan sehingga baik untuk menjaga imunitas tubuh.  Contoh olahraga yang bisa dilakukan adalah yoga, senam aerobik, lari keliling halaman rumah, atau jenis workout lainnya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id