sign up SIGN UP

6 Tipe Self-Care yang Bisa Kamu Lakukan Selama PPKM

Dimitrie Hardjo | Rabu, 07 Jul 2021 09:00 WIB
6 Tipe Self-Care yang Bisa Kamu Lakukan Selama PPKM
caption
Jakarta -

Kegiatan yang dapat membantumu mencegah stres sangat diperlukan saat ini. Selain beban pekerjaan, berita - berita negatif di media bisa memicu kegelisahan dan stres, membuat diri jadi tidak tenang. Kegiatan yang menenangkan dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental diri sendiri bisa menjadi distraksi yang baik dari energi negatif di sekelilingmu, Beauties. Nah, aktivitas dari jenis- jenis self-care berikut ini bisa kamu coba setiap harinya selama di rumah aja. Selamat mencoba!

1. Emotional Self-Care

Emotional self-care.
Melukis yang merupakan bentuk emotional self-care. Foto: pexels.com/jadsonthomas/

Self-care jenis emosional melibatkan aktivitas - aktivitas yang dapat membuat kamu merefleksikan diri, melatih emosi, dan perasaan. Aktivitas yang bisa kamu coba seperti menulis jurnal untuk meluapkan pikiranmu, menjadi sukarelawan secara online untuk melatih empati, melukis untuk mengasah kreativitas, menyetel lagu kesukaan untuk meningkatkan mood, dan lain - lain.

2. Physical Self-Care

Melakukan rutinitas skincare sebagai salah satu bentuk physical self-care.
Melakukan rutinitas skincare sebagai salah satu bentuk physical self-care. Foto: pexels.com/sorashimazaki/

Tidak cuma psikis, fisik kamu juga perlu dijaga kesehatannya, lho! Karena itu, physical self-care bisa kamu lakukan sehari - hari di rumah, baik dengan cara berolahraga, mendapatkan tidur yang cukup 8 jam setiap malam, minum banyak air putih serta makan makanan yang enak dan bergizi, menjaga kebersihan diri dengan mandi 2 kali sehari, melakukan rutinitas skincare dan perawatan kulit lain, dan sebagainya. Menyenangkan bukan?

3. Intellectual Self-Care

Mencoba resep baru sebagai bentuk intellectual self-care.
Mencoba resep baru sebagai bentuk intellectual self-care. Foto: pexels.com/pixabay/

Waktu - waktu di rumah bisa kamu gunakan untuk menambah ilmu juga lho, Beauties! Tidak perlu belajar hal yang rumit, cukup dengan melakukan hal - hal belum pernah lakukan bisa menstimulasi otakmu untuk berpikir dan pastinya seru untuk dilakukan. Cobalah memasak resep baru yang selama ini kamu ingin coba, belajar merajut untuk membuat syal atau sweater, baca buku yang belum kamu selesaikan, nonton film dokumenter atau mendengar podcast yang menarik perhatianmu, dan lain - lain.

Mengutip penjelasan Cynthia Catchings, terapis dari platform kesehatan mental Talkspace dalam Bustle, intellectual self-care merupakan hal yang penting saat menghadapi kehidupan stagnan selama pandemi agar kamu tetap berkembang dan tidak membuang waktumu dengan sia - sia selama di rumah saja.

4. Practical Self-Care

Mengatur budget sebagai contoh practical self-care yang bisa dilakukan.
Mengatur budget sebagai contoh practical self-care yang bisa dilakukan. Foto: pexels.com/pixabay/

Waktu longgar di rumah juga bisa kamu gunakan untuk mengatur jadwal, keuangan, atau hal - hal lain belum terselesaikan nih, Beauties. Kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk mengorganisir apa yang perlu diantisipasi di kemudian hari, mulai dari mengatur pengeluaran dan pemasukan, kemampuan yang diperlukan dalam pekerjaan dan cara meraihnya, hingga hal mengorganisir barang - barang di rumah.

5. Social Self-Care

Social self-care dengan cara berinteraksi dengan kerabat.
Social self-care dengan cara berinteraksi dengan kerabat. Foto: pexels.com/katerinaholmes/

Self-care sosial bisa kamu lakukan dengan memperhatikan hubungan kamu dengan diri sendiri serta diri sendiri dengan orang lain. Online meeting  seharian bisa menguras energi dan mungkin kamu butuh waktu sendiri untuk mengisi ulang energi tersebut. Jika kamu merasa ngobrol dengan orang - orang terdekatmu menjadi cara terbaik untuk rileks, maka lakukanlah. 

6. Spiritual Self-Care

Spiritual self-care dengan cara ibadah atau refleksi diri.
Spiritual self-care dengan cara ibadah atau refleksi diri. Foto: pexels.com/pixabay/

Kegiatan yang bersifat spiritual merupakan kegiatan merawat diri sendiri yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Mengutip Planned Parenthood, spiritual self-care bisa bersifat religius, seperti dengan beribadah dan lebih mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa, atau dengan memiliki waktu sendiri untuk refleksi. Dengan melakukan spiritual self-care kita dapat lebih menerima dan mensyukuri keadaan yang kita hadapi.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id