sign up SIGN UP

Pilihan Self Reward Agar Tak Bikin Bokek, Murah Tapi Tetap Bahagia

Dian Aprilia | Senin, 05 Jul 2021 13:30 WIB
Pilihan Self Reward Agar Tak Bikin Bokek, Murah Tapi Tetap Bahagia
caption

Banyak orang yang sadar bahwa self reward adalah salah satu hal penting untuk merawat kesehatan mental. Meski begitu, self reward sering membuat keuangan malah kacau. Contohnya berhutang untuk beli barang branded, beli produk perawatan kulit tapi tak dipakai, langganan klinik kecantikan hingga over budget. Ujung-ujungnya bukan bahagia malah sengsara karena kantong kering.

Perilaku-perilaku tersebut biasanya bersembunyi di balik alasan merawat wajah dan menghargai anugerah Tuhan. Padahal cara merawat wajah tak harus mengeluarkan banyak uang dan melebihi kemampuan diri. Berikut beautynesia.id telah merangkum pilihan self reward agar tak bikin bokek, murah tapi tetap bahagia.

Mengistirahatkan Tubuh dan Pikiran

Self reward- istirahat
Self reward- istirahat/pexels.com/cottonbro

Self reward itu tak melulu harus keluar banyak orang, cukup dengan meluangkan waktu istirahat selama 7-8 jam sudah bisa membantu pikiran dan tubuh segar kembali. Hal ini justru sangat efektif untuk meningkatkan produktivitas keesokan hari. Jadi jangan pelit meluangkan waktu istirahat. Istirahat bukan berarti membuat waktumu tidak produktif asalkan porsi dan waktunya tepat.

Perawatan Kulit

Self reward - perawatan wajah
Self reward - perawatan kulit/pexels.com/Yaroslav Shuraev

Perawatan kulit jadi salah satu kegiatan andalan yang jadi self reward. Ada berbagai cara merawat wajah yang bisa kamu lakukan, mulai dari mengenakan masker wajah, serum, peeling, masker dengan buah timun atau tomat dan lainnya. Selain membuat wajah jadi segar kembali, kulit juga terjaga kelembapan dan kesehatannya.

Menghabiskan Waktu dengan Keluarga

Self reward - menghabiskan waktu dengan keluarga
Self reward - menghabiskan waktu dengan keluarga/pexels.com/August de Richelieu

Self reward berikutnya yang nggak bikin bokek adalah menghabiskan waktu dengan keluarga. Kamu tak harus mengeluarkan uang untuk melakukannya, hanya duduk manis di rumah, tanpa televisi atau smartphone. Di sela-sela waktu ini, kamu juga bisa melakukan perawatan kulit bersama anggota keluarga.

Nonton Drama Kesukaan

Self reward - nonton drama
Self reward - nonton drama/pexels.com/Vlada Karpovich

Selain cara merawat wajah, kamu bisa mengisi waktu luang yang dimiliki dengan nonton drama kesukaan. Entah itu drama Korea, drama China atau film kesukaan dan lainnya. Di masa pandemi seperti ini, sebaiknya tetap patuhi protokol kesehatan dan sebisa mungkin nonton di rumah saja. Kamu bisa menggunakan berbagai platform nonton seperti Netflix, iQiyi, atau Viu.

Melakukan Hobi

Self reward - melakukan hobi
Self reward - melakukan hobi/pexels.com/agnes talalaev

Self reward terakhir yang antibokek adalah melakukan hobi. Kamu bisa membaca buku, menyanyi, menari, membuat video Tiktok, menggambar dan lain sebagainya. Salah satu hobi yang sedang hits saat pandemi adalah merawat tanaman hias. Kamu bisa berkebun atau menambah koleksi tanaman hiasmu.

Itulah 5 pilihan self reward yang tak bikin bokek, murah tetapi tetap bahagia. Selamat mencoba, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id