BILLBOARD
970x250

Pernah Mengalami Skin Peeling? Kenali Apa Penyebabnya!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Selasa, 15 Jun 2021 11:30 WIB
Pernah Mengalami Skin Peeling? Kenali Apa Penyebabnya!

Ladies, apakah kalian pernah merasakan wajah kalian terlalu kering sampai kulit mengelupas? Dikutip oleh Self, skin peeling atau pengelupasan kulit wajah biasanya ditandai dengan kulit warna yang kemerahan, kulit terasa seperti kering dan tertarik, lalu berkembang menjadi gatal dan iritasi.

Kondisi pengelupasan kulit ini sebenarnya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kondisi medis hingga penggunaan perawatan kulit yang tidak benar. Faktor-fakor seperti ini perlu dikenali supaya kita mampu menanganinya dengan cepat dan tepat. Penanganan yang benar sangat penting supaya kondisinya tidak bertambah buruk.

Berikut adalah penyebab utama mengapa skin peeling bisa terjadi pada kulit wajah kita:

1. Reaksi Bahan Aktif

Contoh skincare
Contoh skincare/ sumber: pexels.com

Pengelupasan kulit terjadi ketika ladies menggunakan produk-produk kecantikan yang mengandung bahan aktif berlebihan sehingga kulit wajah akan bereaksi dan tidak dapat menerima paparannya dalam waktu yang sama. Kulit wajah mengelupas setelah memakai cream yang mengandung bahan-bahan aktif, misalnya, dapat menimbulkan gatal, ruam, serta bisa melepuh.

Beberapa bahan aktif yang dimaksud adalah Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA). Skincare dengan kandungan kedua bahan ini jika dipakai bersamaan dengan bahan lainnya seperti Vitamin C dan retinol akan membahayakan kulit yang tidak tahan dengan reaksinya.

Sebaiknya, ladies memberi jarak waktu ketika menggunakan serangkaian skincare yang mengandung bahan aktif. Bisa dipisah antara penggunaan pagi dan malam, misalnya.

2. Sunburn

Paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari/ sumber: pexels.com

Pengelupasan kulit wajah juga disebabkan oleh sunburn. Ini merupakan kondisi dimana kulit wajah terkena paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Sinar UV dari paparan sinar matahari yang terlalu lama akan menimbulkan efek samping untuk kulit, yaitu kulit menjadi merah, terasa sakit, panas dan tertarik ketika disentuh.

Kondisi tersebut biasanya terjadi setelah kulit wajah kamu terpapar sinar matahari setelah beberapa jam. Walaupun kondisi pengelupasan kulit ini hanya bersifat sementara dan bisa sembuh dengan sendirinya, hal ini dapat membuat tekstur kulit tidak merata.

3. Alergi

Contoh makanan
Contoh makanan/ sumber: pexels.com

Alergi terjadi ketika kulit wajah terpapar dengan zat pemicu alergi atau yang disebut sebagai alergen. Alergen bisa berasal dari makanan, bahan-bahan tertentu dalam produk kecantikan wajah, debu, dan lain-lain. 

Reaksi yang ditimbulkan ketika alergi terjadi bukan hanya pengelupasan kulit, tetapi kulit menjadi gatal, timbulnya ruam dan akan melepuh.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Kulit wajah yang kering dan mengelupas bisa diatasi dengan menggunakan skincare yang mengandung bahan-bahan bersifat anti-inflamasi dan menenangkan(plus, kamu bisa meracik sendiri bahan-bahan berikut karena ingredients-nya mudah ditemukan di pasar), yang contohnya seperti:

  • Aloe vera gel: merupakan gel lidah buaya yang memiliki sifat anti-inflamasi dan berfungsi sebagai pelembab untuk mempercepat penyembuhan kulit yang mengelupas.
  • Honey: madu tidak hanya mampu merawat kulit yang kering dan mengelupas, tapi juga dapat melembabkan¬† dan memelihara kulit dengan penggunaan teratur
  • Minyak kelapa: membantu menghidrasi kulit dan merupakan pelembut alami sehingga mampu merawat kulit yang mengelupas
(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE