sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Tren Kecantikan yang Sempat Viral, Ternyata Berbahaya Lho!

ira syafira | Minggu, 06 Jun 2021 12:15 WIB
5 Tren Kecantikan yang Sempat Viral, Ternyata Berbahaya Lho!
foto: Tren skincare berbahaya/pinterest.com
Jakarta -

Seiring berjalannya waktu, keinginan seseorang untuk menjadi lebih good looking rasanya semakin mudah untuk dilakukan. Pasalnya, melalui internet kita bisa mencari tahu banyak tips kecantikan yang sedang menjadi tren. Begitu juga dengan tips kecantikan yang dianggap berhasil, maka dengan cepat menyebar dan menjadi viral dimana-mana.

Namun tahu, kah, kamu? Ternyata tidak semua tips kecantikan yang viral di internet layak untuk diikuti. Beberapa dari tren tersebut berpotensi membahayakan kulit hingga kesehatan. Lantas apa saja tren kecantikan yang dianggap berbahaya tersebut, yuk simak lebih lanjut!

1. Cuka sari apel sebagai toner

foto: Cuka Sari Apel/pinterest.com
foto: Cuka Sari Apel/pinterest.com

Cuka sari apel sepertinya telah cukup ramai di kalangan beauty enthusiast. Beberapa orang beranggapan jika cuka sari apel bisa membersihkan jerawat dan memudarkan bekas luka.

Namun, ternyata cuka sari apel yang langsung di aplikasikan ke wajah tanpa diencerkan dapat merusak kulit wajah kamu. Cuka ini akan menimbulkan rasa pedih karena tingkat asamnya yang tinggi. Selain itu, cuka sari apel juga sangat berisiko jika terkena bagian mata, karena bisa menimbulkan peradangan hingga luka bakar pada kornea.

2. Pasta gigi sebagai obat jerawat

Foto: Pasta gigi/wittyfeed.com
Foto: Pasta gigi/wittyfeed.com

Siapa nih yang masih sering menggunakan pasta gigi sebagai obat untuk jerawat? Padahal, pasta gigi memiliki tingkat pH dasar yang dapat mengiritasi kulit sehat kamu.

Penggunaan pasta gigi akan memperburuk pH di kulit kamu, sehingga dapat menyebabkan munculnya ruam dan sensasi seperti terbakar di kulit. Jadi, kamu harus ingat bahwa pasta gigi ini diformulasikan untuk gigi dan bukan untuk permukaan sensitif pada wajah, ya ladies!

3. Melakukan chemical peeling di rumah

foto: Chemical peeling/freepik.com
foto: Chemical peeling/freepik.com

Chemical peeling merupakan perawatan yang seharusnya dilakukan oleh ahli kulit, karena nantinya akan melibatkan pengelupasan kulit. Meskipun bagus untuk pembaruan kulit, tapi bukan berarti melakukannya sendiri di rumah dengan bahan seadanya dapat membuahkan hasil yang bagus.

Hal demikian terjadi disebabkan ketakutan akan produk yang kita miliki, bisa saja produk yang digunakan palsu atau kadarnya tidak tepat. Jika sudah seperti ini, prosedur pengelupasan kulit bisa-bisa menimbulkan masalah tersendiri di wajahmu.

4. Scrub wajah dengan kopi

Foto: Scrub kopi/freepik.com
Foto: Scrub kopi/freepik.com

 Beberapa orang sudah banyak yang mengikuti tren dengan menggunakan kopi asli sebagai bahan untuk scrub wajah. Namun siapa sangka, walaupun kulitmu memang tampak halus pada awalnya, ternyata ini dapat menyebabkan microtears yang menjadikan kulitmu menjadi kering, merah, atau bersisik.

Secara perlahan microtears ini akan melemahkan skin barrier atau kulit penghalangmu. Sehingga, kulit wajah menjadi lebih rentan mengalami kekeringan, kemerahan, jerawat, hingga masalah kulit yang lain. 

5. Mencerahkan wajah menggunakan lemon

foto: Lemon/pexels.com
foto: Lemon/pexels.com

Khasiat dari buah lemon yang dapat mencerahkan wajah memang sudah dipercaya. Namun, akan berbeda jika lemon yang akan kamu gunakan langsung diaplikasikan langsung ke kulit. Karenam kulit wajah kita memiliki besar pH alami 4 hingga 5, sedangkan lemon memiliki pH alami 2. Hal ini akan membuatmu kehilangan skin barrier.

Tak cukup disitu, sifat asam pada lemon juga dapat mengiritasi kulit. Jika diaplikasikan langsung, mungkin kamu akan menjalani kemerahan, kekeringan, atau bahkan pengelupasan. Efek ini bisa lebih buruk jika tipe kulitmu adalah sensitif. 

Nah, itulah beberapa tren kecantikan viral yang ternyata menyimpan bahaya untuk kulit kamu. So, hati-hati dan biasakan untuk cek terlebih dahulu, ladies! 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id